Koin Kripto: Fantom (FTM)

Penjelasan Koin Kripto: Fantom (FTM)

Fantom yang biasa kita kenal dengan kode FTM adalah platform kontrak pintar sumber terbuka dan terdesentralisasi untuk DApps dan aset digital yang dibuat sebagai alternatif untuk Ethereum. Namun, tidak seperti Ethereum dan Layer 1 lainnya, Fantom bukanlah blockchain biasa, ini adalah ‘grafik asiklik terarah’ (DAG).

Dalam blockchain, setiap blok berisi data dan karena merupakan rantai, setiap blok harus memiliki blok sebelum dan sesudahnya. Di sisi lain, DAG terdiri dari komputer yang berkomunikasi satu sama lain tentang transaksi yang mereka lakukan dengan komputer terdekat. Menggunakan obrolan bolak-balik ini, mereka menyetujui apa buku besar (riwayat transaksi yang terdokumentasi) dan data apa yang harus disimpan.

Mekanisme konsensus

Fantom menggunakan jenis mekanisme bukti pasak yang disebut Lachesis. Lachesis memiliki sekitar 50 validator. Untuk menjadi validator, Anda harus mempertaruhkan setidaknya 1 juta token.

Beberapa kelemahan utama dengan Lachesis dan DAGs

Masalah kritis dengan validasi tipe Lachesis berasal dari kelompok kecil validatornya. Memiliki sekitar 50 orang yang mengendalikan pasokan sebanyak itu tidak benar-benar meneriakkan desentralisasi.

Masalah mendasar kedua dengan ini adalah dalam kasus serangan terhadap jaringan, di mana peretas membuat transaksi palsu untuk mengganggu jaringan. Itu hanya akan mengharuskan mereka untuk mengontrol 33% dari jaringan. Ini dibandingkan dengan 51% pada Bitcoin. Sekali lagi, ini jauh lebih mudah dilakukan dengan hanya 50 orang yang memenuhi syarat untuk divalidasi.

Manfaat utama yang membuat FTM menjadi mata uang kripto yang terkenal di dunia

Tidak seperti metode tipikal untuk mempertaruhkan token di blockchain PoS, rata-rata orang tidak akan menghasilkan di FTM dengan mengumpulkan satu juta token dan menjadi validator. Sebagai gantinya, kami akan memberikan token kami kepada validator, dan mereka akan menggunakannya untuk berpartisipasi dalam DAG, dan kami akan diberi hadiah.

Periode staking sangat fleksibel. Seseorang dapat memulai dengan apa saja mulai dari 1 FTM+ dan mulai dari 1 hari hingga 1 tahun. Semakin lama Anda mempertaruhkan, semakin tinggi hadiahnya.

Kecepatan transaksinya juga sangat cepat, (sampai 4500 TPS). Ini bukan hanya transaksi peer-to-peer tetapi termasuk transaksi kontrak pintar. Finalitas adalah istilah teknis yang berarti konfirmasi transaksi. Jadi waktu pemrosesan dan konfirmasi sangat cepat.

Untuk referensi waktu finalitas, Bitcoin adalah 1 jam dan Ethereum adalah 15 menit. Fantom adalah 2 detik! sangat cepat bukan?

Akhirnya, FTM sangat hemat biaya, seperti proyek PoS lainnya. Pada saat penulisan ini, transaksi di bawah $0,01. Bandingkan dengan Ethereum, yang harganya sekitar $20 per transaksi.

Tokenomics dan kasus penggunaan FTM

FTM merupakan utilitas asli token PoS internal Fantom yang mendukung ekosistem Fantom sendiri melayani tujuan yang sama seperti ETH, BNB, SOL, ADA dan token utilitas lainnya. FTM membentuk tulang punggung transaksi dan semua fungsi utama lainnya dari jaringan Fantom.

Total pasokan token FTM berkisar di angka 3,175 miliar token, saat ini 2,134 Miliar FTM sudah dirilis. Sisanya akan beredar sesuai jadwal roadmap sampai tahun 2023.

Fitur keren lainnya dari Fantom Network adalah kemampuan untuk mengunci FTM untuk mendapatkan FUSD (stablecoin asli Fantom).

Penguncian ini tidak hanya mengurangi suplai yang bersirkulasi, (yang secara teori berdampak positif pada suplai) tetapi imbalan rasio 5:1 untuk melakukannya sangat tinggi.

Fantom dan Ethereum

Fantom adalah EMV-compatible EVM singkatan dari Ethereum virtual machine compatible. Ini berarti bahwa jika sesuatu dibangun di jaringan Ethereum, itu dapat disalin dan ditempelkan ke jaringan Fantom dengan mudah. Karena Ethereum adalah blockchain DeFi terkemuka di dunia, menjadi kompatibel dengan EVM berarti banyak aplikasi dapat dengan mudah dipindahkan ke Fantom. Jadi, ekosistem yang dinamis dapat diakses dengan mudah.

Bagaimana Fantom mendorong pengembangan?

Fantom saat ini menawarkan 370 Juta token (dengan nilai total $651 Juta), kepada pengembang yang sedang membangun proyek unik dan keren di jaringan Fantom.

Ini cerdas dan berbeda dengan proyek seperti Avalanche. Program hadiah Avalanche adalah untuk pengguna. Mereka memberikan token untuk membuat orang menggunakan Longsor. Sihir melakukan hal serupa. Fantom memberi insentif kepada para pengembang untuk membangun dan, pada gilirannya, mengharapkan pengguna untuk datang. Jadi, alih-alih membelanjakan dengan cara jenis iklan, mereka membelanjakan dalam jenis cara pengembangan produk.

Cara revolusioner untuk memerintah

Pada sebagian besar jaringan terdesentralisasi, tata kelola bekerja pada mekanik Ya/Tidak. Sebuah proposal datang kepada Anda, dan Anda memilih apakah Anda suka atau tidak. Jika mayoritas menjawab ya, ya, dan sebaliknya. Di Fantom, tim telah mengubah ini agar lebih substantif daripada Ya/Tidak. Ini adalah pemungutan suara pada skala 1 hingga 4. Ini menambahkan lebih banyak kedalaman pada pemungutan suara, dan pemungutan suara lebih berarti karena lebih mencerminkan perasaan seseorang. Diperlukan setidaknya 66% di kedua sisi agar pemungutan suara dapat lolos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.