www.rumahteknologi.com

kewajiban melaksanakan ibadah haji mulai disyariatkan pada tahun

kewajiban melaksanakan ibadah haji mulai disyariatkan pada tahun …. hijriah.

a.keenam

b.kelima

c.keempat

d.ketiga​

Ibadah haji sudah dijalankan pada masa Nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad. Namun kewajiban melaksanakan ibadah haji mulai disyariatkan pada masa Nabi Muhammad SAW pada tahun keenam hijriah.

 

Pembahasan:

Menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima setelah bersyahadat, melaksanakan solat, menunaikan puasa Ramadhan dan berzakat.

Pada Nabi Ibrahim, Allah memerintahkan untuk membangun Ka’bah dan kemudian diperintahkan untuk melaksanakan haji. Pada masa Nabi Muhammad SAW pelaksanaan haji baru disyariatkan atau diwajibkan pada tahun keenam hijriah atau kurang lebih enam tahun sejak beliau berhijrah dari Mekah ke Madinah. Namun Nabi Muhammad baru melaksanakan haji pada tahun kesembilan hijriah atau tiga tahun sebelum Beliau meninggal. Saat diawal yang melaksanakan haji hanya beberapa sahabat Rasulullah seperti Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Pada masa Rasulullah, pelaksanaan ibadah haji dilakukan secara lengkap dengan syarat, rukun, wajib haji seperti pelaksanaan thawaf, wukuf, sa’i, melontar jumrah, ihram, dan tahallul.

BACA JUGA:  mengapa pohon yang setiap tahun berbuah, sudah beberapa tahun tidak berbuah kembali