negara apa yang terletak paling selatan di asean

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan membahas “negara apa yang terletak paling selatan di asean”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “negara apa yang terletak paling selatan di asean”

A. Pengertian ASEAN

Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara Indonesia (PERBARA). ASEAN adalah organisasi regional yang terdiri dari sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara.

Kesepuluh negara yang saat ini menjadi anggota ASEAN adalah:

  • Brunei Darussalam
  • Filipina
  • Indonesia
  • Kamboja
  • Laos
  • Malaysia
  • Myanmar
  • Singapura
  • Thailand
  • Vietnam

B. Lokasi ASEAN

Sebagian besar negara ASEAN terletak di belahan bumi utara.

Negara paling utara di ASEAN, Myanmar adalah perbatasannya dengan kawasan ASEAN dan Cina daratan.

Indonesia sendiri merupakan negara paling selatan di ASEAN karena terletak di belahan bumi selatan. Mari kita simak pembahasan berikut untuk pemahaman yang lebih dalam.

C. Sejarah Berdirinya ASEAN

ASEAN secara resmi berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967. Lima negara pendiri ASEAN adalah Indonesia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Malaysia. Seiring waktu, negara tetangga bergabung dengan kronologi sebagai berikut:

Brunei Darussalam (7 Januari 1984)
Vietnam (28 Juli 1995)
Laos (23 Juli 1997)
Brunei (23 Juli 1997)
Kamboja (30 April 1999)

Persatuan negara-negara di atas memperluas wilayah ASEAN menjadi 4.817.000 kilometer persegi.

D. Negara paling utara di ASEAN

Secara astronomis, negara paling utara di ASEAN adalah Myanmar, Vietnam, dan Laos. Jadi, untuk informasi lebih lanjut, lihat profil 3 negara kami.

Negara yang baru saja bergabung dengan ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997 ini terletak antara 9°N dan 29°LU dan antara 92°BT dan 102°BT, serta berbatasan langsung dengan Tiongkok, Laos, Thailand, India, dan Bangladesh. meningkatkan.

Myanmar adalah negara paling utara di ASEAN dan negara paling barat di ASEAN.

BACA JUGA:  Berikut Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Biologi, Lengkap Penjelasan dan Contohnya

Laos adalah negara yang terkurung daratan, disebut juga negara terkurung daratan, yang juga menjadi penghambat roda perekonomian negara tersebut.

Laos bergabung dengan ASEAN pada saat yang sama ia bergabung dengan Myanmar pada 23 Juli 1997.

Negara ini berbatasan dengan Kamboja di tenggara, Thailand di barat, Vietnam di timur, serta China dan Myanmar di barat laut.

Selanjutnya, salah satu negara paling utara di ASEAN adalah Vietnam. Posisi astronomisnya berada di antara 8 derajat lintang utara dan 24 derajat lintang utara dan antara 102 derajat bujur timur dan 110 derajat bujur timur.

Di utara, Myanmar berbatasan dengan Cina. Sedangkan di sebelah barat, Vietnam berbatasan dengan Kamboja dan Laos.

Negara anggota ketujuh ASEAN itu juga memiliki laut yang berbatasan dengan Laut Natuna di utara hingga selatan.

Sebagian besar negara-negara ASEAN Timur dan Selatan

Secara astronomis, Indonesia terletak antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141°BT. Positioning ini menempatkan Indonesia sebagai negara paling timur dan paling selatan di ASEAN.

Kaya akan sumber daya alam, negara ini mendorong masyarakatnya untuk terlibat dalam pertanian.

Sebelum merdeka, Indonesia berulang kali dijajah oleh negara-negara Barat seperti Belanda, Spanyol, Inggris, dan Portugal. Negara Asia lainnya juga pernah menjajah Indonesia, terutama Jepang.

Profil anggota ASEAN lainnya

Seperti disebutkan di atas, ASEAN terdiri dari 10 negara di kawasan Asia Tenggara. Empat anggota ASEAN disebutkan dalam diskusi di atas.

Jadi saat ini, itu hanya mengangkat profil enam anggota ASEAN yang tersisa, dan jika Anda tidak tahu, sepertinya tidak lengkap. Berikut pembahasannya:

Negara yang relatif kecil ini telah lama mengandalkan minyak dan gas alam sebagai tulang punggung ekonominya untuk membantu rakyatnya mempertahankan standar hidup yang tinggi.

Budaya yang tercermin di negeri kaya ini adalah budaya melayu dari segi arsitektur, bahasa dan adat istiadat.

Kamboja adalah pengekspor pakaian. Bentang alam Kamboja yang indah telah berkontribusi pada keberhasilan industri pariwisata. Dengan demikian, Kamboja adalah salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Asia Tenggara.

Kamboja berbatasan dengan Vietnam, salah satu negara paling utara di ASEAN.

Negara ini adalah monarki federal dengan total 13 negara bagian, dengan raja sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.

BACA JUGA:  timur laut dari indonesia samudra

Sebelum kemerdekaan, Filipina berada di bawah kekuasaan kolonial Spanyol. Pada tahun 1898, perang pecah antara Amerika Serikat dan Spanyol, dan Filipina berada di bawah kendali Amerika.

Pengaruh kolonial Amerika dan Spanyol berkontribusi pada agama, bahasa, dan gaya pemerintahan di Filipina saat ini.

Secara geografis, Singapura kalah karena kekurangan sumber daya alam. Namun, Singapura maju dalam bidang perdagangan karena terletak di jalur lintas laut negara-negara Asia Timur.

Tak heran, perkembangan negara kecil ini sangat pesat dan sangat maju.

Negara ini disebut Negeri Seribu Menara karena terdapat banyak pagoda yang tersebar di seluruh penjuru Thailand. Pagoda itu sendiri merupakan tempat ibadah bagi umat Buddha.

Thailand juga punya nama lain, Tanah Gajah Putih. Tidak ada gajah putih di Thailand. Tidak ada gajah putih di bumi.

Di Thailand, gajah adalah lambang Kerajaan Thailand. Selain itu, Thailand adalah negara yang tidak pernah dijajah oleh negara lain mana pun.

ASEAN memiliki tujuan yang sama yaitu menjalin kerjasama di bidang ekonomi, budaya dan lainnya. ASEAN terletak antara 9 derajat lintang utara dan 11 derajat lintang selatan dan antara 92 derajat bujur timur dan 141 derajat bujur timur, dan merupakan negara paling utara di ASEAN dengan Myanmar dan Indonesia di ujung paling selatan.

Pembahasan 10 negara paling selatan di dunia memang menarik. Saat ini ada ratusan negara berpenghuni di Bumi. Di antara ratusan negara, beberapa dikatakan berada di belahan bumi paling selatan.

Secara geografis, Antartika merupakan benua paling selatan pada garis lintang 90°00′ LS. Hampir 98% Antartika, yang meliputi area seluas 14,2 juta kilometer persegi, tertutup es.

Nah, beberapa negara yang terletak di dekat Antartika dianggap sebagai negara paling selatan.

Paraguay

Pulau Yasilita di Paraguay adalah 27 derajat 43 menit lintang selatan dan dikatakan sebagai titik paling selatan negara itu. Pulau Yasireta sendiri adalah Pulau Itapua yang terletak di tepi Sungai Paraná dan dipisahkan oleh Bendungan Yasireta. Sekitar 400 orang tinggal di pulau itu, dan mata pencaharian utamanya adalah nelayan.

Namibia

Titik paling selatan Namibia berada di garis lintang 28°58′, dekat Onseepucanth. Onseepkans sendiri adalah pemukiman kecil di tepi Sungai Orange di Provinsi Northern Cape Afrika Selatan.

BACA JUGA:  aplikasi love love diatas kepala

Suhu di sini tidak main-main. Di musim panas, suhu bisa mencapai 50 derajat Celcius. Di sisi lain, di musim dingin suhu bisa turun di bawah 30 derajat.

Lesotho

Quthing dikenal sebagai kota perkemahan dengan banyak situs prasejarah dan terletak di ujung paling selatan Lesotho. Quthing terletak di 30 derajat 40 menit lintang selatan.

Brazil

Rio Grande do Sul terletak di 33°45′ lintang selatan dan merupakan titik paling selatan Brasil. Wilayah ini memiliki iklim yang dominan subtropis, yang cenderung lembab.

Hujan lebat dan angin barat daya yang sejuk sering terjadi di Rio Grande do Sul dari bulan Juni hingga September. Fenomena ini adalah Minuano, di mana suhu bisa turun di bawah titik beku, cukup untuk menurunkan salju di pegunungan.

Uruguay

Titik paling selatan Uruguay adalah Isla de Lobos di 35°02′ lintang selatan. Isla de Lobos adalah bagian dari Cagar Alam Punta del Este. Cagar ini melindungi koloni singa laut dan anjing laut asli Amerika Selatan.

Afrika Selatan

Ujung selatan Afrika Selatan adalah Pulau Marion, Kepulauan Prince Edward di 46°59’LS dan Tanjung Agulhas di 34°50’LS.

Kepulauan Prince Edward sendiri merupakan bagian dari kepulauan Samudra Hindia, yang mencakup banyak pulau kecil di sub-Antartika.

Selandia Baru

Berbatasan dengan Indonesia, Selandia Baru memiliki ujung paling selatan Pulau Jacquemart pada 52°37’LS dan South Island Slope Point pada 46°40’LS. Pulau kecil ini mengelilingi Pulau Campbell.

Australia

Pulau Bishop dan Clark telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1997. Kawasan ini merupakan titik paling selatan Australia pada garis lintang 55°03′ Tanjung Tenggara (Tasmania) pada garis lintang 43°38′ selatan dan titik 39° selatan. 08 menit lintang selatan.

Argentina

Isla Grande de Tierra del Fuego adalah titik paling selatan garis lintang Argentina.

Montedinero terletak pada garis lintang 55°04’S dan garis lintang 52°24’S.

Chili

Tule Selatan adalah ujung paling selatan Chili, yang terdiri dari tiga pulau, dan Showaan Tule terletak di garis lintang 59°S dan 42°S.***