lintang negara paling utara

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “lintang negara paling utara”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “lintang negara paling utara”

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, atau ASEAN singkatnya, memiliki 10 negara anggota. Melihat peta ASEAN, negara manakah yang merupakan negara paling utara di ASEAN?

ASEAN didirikan di Bangkok, Thailand pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh lima negara pendiri ASEAN: Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Jumlah negara anggota ASEAN juga bertambah menjadi 10 dengan penambahan Laos, Myanmar, Vietnam, Brunei, dan Kamboja. Negara manakah yang merupakan negara paling utara di ASEAN?

Mengutip situs Sekretariat Nasional ASEAN Indonesia, jika luas total seluruh negara ASEAN mencapai 4,5 juta kilometer persegi. Luas total negara-negara ASEAN adalah 3% dari total luas daratan bumi yang dapat dilihat dari peta negara-negara ASEAN.

Indonesia adalah negara terbesar di ASEAN dengan luas 1,9 juta kilometer persegi. Singapura, sebaliknya, adalah negara terkecil di ASEAN dengan luas daratan hanya 721,5 kilometer persegi.

Dilihat dari peta ASEAN, beberapa negara ASEAN berbentuk pulau. Dua samudera yang mengelilingi ASEAN adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Luas laut ASEAN sekitar tiga kali luas daratannya.

Secara geografis, peta ASEAN terletak pada 28 derajat lintang utara – 11 derajat lintang selatan, 92 derajat bujur timur – 141 derajat bujur timur, dan batas wilayah negara-negara ASEAN dirinci di bawah ini.

Utara: Cina Daratan
Sebelah selatan: Samudra Hindia dan Timor Timur
Timur: Samudra Pasifik dan Papua Nugini
Barat: Samudera Pasifik dan Hindia

BACA JUGA:  perbedaan kkn tematik dan reguler

Selanjutnya, mari kita lihat kembali Myanmar, negara paling utara di ASEAN, dan fitur geografis Myanmar, negara paling utara di ASEAN.

Myanmar adalah negara paling utara di ASEAN

Berdasarkan situs Britannica, negara paling utara di ASEAN adalah Myanmar, terletak dari garis lintang 10°LU sampai sekitar 28°30’LU, seperti yang dapat dilihat dari peta ASEAN.

Negara paling utara ASEAN, Myanmar, bergabung dengan ASEAN pada 23 Juli 1997. Myanmar menjadi negara kesembilan yang bergabung dengan ASEAN, setelah Laos pada 23 Juli 1997 dan Kamboja pada 30 April 1999.

Myanmar, negara paling utara di ASEAN, juga merupakan negara paling utara di Asia Tenggara. Myanmar ibarat layang-layang berekor panjang yang membentang ke selatan hingga ke Semenanjung Melayu.

Negara-negara ASEAN ini berbatasan dengan China di utara dan timur laut, Laos di timur, Thailand di tenggara, Laut Andaman dan Teluk Benggala di selatan dan barat daya, Bangladesh di barat, dan India di barat laut.

Myanmar, negara paling utara di ASEAN, memiliki panjang sekitar 2.050 km dari utara ke selatan, dan lebar sekitar 930 km pada titik terlebarnya, melewati pusat negara dan dekat garis lintang Kota Mandalay. km dari timur ke barat.

Inilah jawaban atas pertanyaan tentang Myanmar, negara paling utara di ASEAN. Hal ini terlihat dari peta ASEAN dimana Myanmar merupakan wilayah paling utara ASEAN.

Profil lengkap 10 negara ASEAN mulai dari Indonesia hingga Kamboja
1. Bahasa Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara. Indonesia terletak di antara dua benua Asia dan Australia dan terletak di antara samudra Pasifik dan Hindia. Sejarah Indonesia telah didominasi oleh negara lain.

Kepulauan Indonesia menjadi daerah perdagangan penting sejak abad ke-7, dan pada masa pemerintahan Sriwijaya kerajaan Hindu dan Budha terkonsentrasi di Palembang. Indonesia adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa dan anggota Konferensi Afrika dan Asia, APEC, OKI, G-20 dan badan nasional OECD. Kepala negara Indonesia bergelar Presiden dan ibu kota Indonesia adalah Jakarta.

BACA JUGA:  perlengkapan pameran adalah

2. Malaysia

Malaysia sebagai federasi. Itu terdiri dari 13 negara bagiannya di Asia Tenggara dan 3 konfederasi regionalnya. Ibukotanya adalah Kuala Lumpur dan Putrajaya adalah pusat pemerintahan federal.

Negara Malaysia terdiri dari dua wilayahnya di Kepulauan Natuna, Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Kepulauan Natuna sendiri merupakan pulau-pulau yang menjadi bagian dari wilayah Indonesia di Laut Cina Selatan. Kepala negara Malaysia adalah Raja yang bergelar Sultan.
3. Singapura

Profil negara-negara ASEAN di Singapura dapat dilihat di website resminya. Ini digambarkan sebagai negara kepulauan di ujung selatan Semenanjung Melayu, di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Singapura adalah pusat keuangan terbesar ketiga di dunia dan negara dengan kota dunia kosmopolitan.

Singapura memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Singapura adalah republik parlementer. Kekuasaan eksekutif pertama Singapura dipegang oleh Perdana Menteri Singapura.

4. Thailand

Thailand adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di sebelah timur, Malaysia dan Teluk Thailand di sebelah selatan, serta Myanmar dan Laut Andaman di sebelah barat. Kerajaan Thailand disebut Siam hingga 11 Mei 1949.

Pemerintah konstitusional Thailand di bawah monarki konstitusional, dengan perdana menteri sebagai kepala negara dan raja pengganti sebagai kepala negara. Raja Thailand memiliki kekuasaan langsung di bawah Konstitusi, berada di bawah perlindungan Buddhisme Kerajaan Thailand, dan merupakan simbol identitas dan persatuan nasional.

5. Filipina

Filipina adalah sebuah republik di Asia Tenggara. Negara ini merupakan negara kepulauan di Samudera Pasifik bagian barat. Orang-orang di negaranya telah mengembangkan metode menanam padi.

Sistem politik Filipina mengikuti Amerika Serikat. Presiden menjabat sebagai kepala negara, kepala pemerintahan, dan panglima tertinggi angkatan bersenjata. Presiden dipilih dan masa jabatannya adalah enam tahun.

6.Brunei Darussalam

Brunei Darussalam sebagai negara berdaulat di Asia Tenggara. Terletak di sisi utara Pulau Kalimantan. Brunei Her Darussalam memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kedua di Asia Tenggara.
Singapura. Bruny juga tergolong negara maju.

BACA JUGA:  Simak Contoh Kegiatan yang Cocok Diterapkan di Lokasi KKN

7. Vietnam

Vietnam adalah negara terpadat ke-13 di dunia. Negara ini terletak di Semenanjung Indocina di Asia Tenggara, berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok, Laos, Kamboja, dan Laut Cina Selatan. Kepala pemerintahan di Vietnam adalah Perdana Menteri. Di Vietnam, perdana menteri mengepalai kabinet yang terdiri dari tiga wakil perdana menteri dan 26 menteri dan eksekutifnya.

Kata kunci terkait: Negara paling utara di ASEAN yaitu negara paling utara di ASEAN yaitu negara paling utara di ASEAN yaitu negara paling utara di ASEAN negara paling utara di ASEAN negara paling utara di ASEAN negara paling utara negara, negara paling utara di ASEAN, negara paling utara di ASEAN, negara-negara ASEAN, negara-negara pendiri ASEAN, 5 negara pendiri ASEAN Peta negara, negara-negara ASEAN, negara-negara ASEAN menunjukkan negara anggota ASEAN, menunjukkan negara mana yang termasuk sebagai negara anggota ASEAN, menunjukkan anggota ASEAN negara-negara, 10 negara ASEAN menunjukkan apa kekuatan sumber daya negara-negara ASEAN, bendera nasional negara-negara ASEAN ‘ASEAN, lima negara pendiri ASEAN, negara-negara anggota ASEAN

8.Laos

Laos adalah republik yang terletak di bagian utara Semenanjung Indochina. Kepala negara Laos adalah presiden yang ditunjuk oleh parlemen untuk masa jabatan lima tahun. Kepala pemerintahan di Laos adalah perdana menteri, yang dipilih oleh presiden dengan persetujuan parlemen.

9. Myanmar

Myanmar berbatasan dengan India, Bangladesh, Thailand, dan Laos. Myanmar adalah negara yang kaya akan batu giok, batu permata, minyak, gas alam, dan mineral lainnya. Myanmar adalah negara paling utara di ASEAN.

Myanmar, yang diperintah oleh rezim militer sejak kudeta tahun 1988, adalah negara berkembang dengan populasi lebih dari 51 juta.

10. Kamboja

Kamboja adalah monarki konstitusional di Asia Tenggara. Kamboja berbatasan dengan Thailand, Laos, Vietnam, dan Teluk Thailand. Kebanyakan orang Kamboja menganut agama Buddha. Kamboja adalah rumah bagi atraksi budaya seperti Festival Bon Omtuk. Kepala negara Kamboja adalah Perdana Menteri Kamboja.***