Berikut Rangkuman Manfaat Alkena dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut Rangkuman Manfaat Alkena dalam Kehidupan Sehari-hari

RumahTeknologi.com – Alkena pada dasarnya memiliki rumus untuk menghitung CnH2n, alkana memiliki rumus umum CnH2n + 2, dan alkuna memiliki rumus umum CnH2n-2. Dari ketiga rumus jumlah hidrokarbon, alkana, alkena, dan alkuna masing-masing memiliki manfaat atau kegunaan yang berbeda. dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam hal ini, alkena dalam aplikasi farmasi dan industri, misalnya, memiliki keunggulan mengubah struktur bahan baku organik, siap digunakan sebagai campuran dalam kimia industri.

Di sisi lain, alkana yang paling umum termasuk metana (gas alam), propana (bahan bakar pemanas dan memasak), butana (pemantik cair) dan oktana (bahan bakar otomotif).

Pengertian Alkena

Alkena adalah serangkaian jenis hidrokarbon homogen yang mengandung ikatan rangkap karbon-karbon, dalam hal ini alkena menjadi hidrokarbon tak jenuh. Artinya, ia mengandung ikatan rangkap, membuat ikatan ini lebih reaktif daripada alkana.

Alkena juga dapat dibedakan dari alkana dengan mengocok hidrokarbon dengan air bromin. Artinya, brom berwarna coklat kemerahan dan kehilangan warna pada alkena tetapi tidak pada alkana. Adisi brom pada ikatan rangkap alkena membentuk dibromo alkana yang tidak berwarna.

Penjelasan ini dapat dilihat pada contoh reaksi adisi. Reaksi adisi terjadi ketika dua atau lebih reaktan bergabung bersama untuk membentuk produk tunggal.

Manfaat Alkena

Alkena memiliki berbagai kegunaan dalam kehidupan kita sehari-hari, termasuk:

  • Alkena memainkan peran penting dalam kimia dan biologi modern. Misalnya, beta-karoten adalah bagian yang sangat penting dari makanan manusia sebagai sumber vitamin A.
  • Etilen dan propilena digunakan secara industri, dan etilena dan propilena, juga dikenal sebagai etilena dan propena, adalah dua bahan kimia organik yang paling banyak diproduksi secara industri.
    Keduanya biasa digunakan dalam produksi bahan baku, termasuk berbagai benda yang terbuat dari plastik.
  • Etena adalah bahan baku organik terpenting dalam industri kimia, dan etena dihasilkan dari berbagai jenis gas alam dan minyak mentah dan digunakan sebagai bahan baku untuk banyak produk kimia seperti polietilen, vinil klorida, stirena, etanol, asetaldehida, dll. .
  • Vinil asetat dari etilena (etena), vinil asetat dari etilena (etena) digunakan dalam pembuatan emulsi cat, perekat kayu lapis dan poli(vinil asetat) yang berguna dalam tekstil.
  • Propena adalah bahan baku terpenting kedua untuk produk organik dan diperkirakan menghasilkan 50 juta ton propena di seluruh dunia pada tahun 2000. Terutama digunakan dalam produksi polipropilen dan berbagai produk oksidasi .
  • polipropilena dibuat dari propilena atau propena, polipropilena dibuat dari propilena atau propena yang digunakan sebagai barang cetakan (misalnya peralatan dapur); Tekstil untuk karpet indoor dan outdoor.
  • Butadiena digunakan dalam produksi karet sintetis, dan produksi butadiena dunia pada tahun 1953 sekitar 8,5 juta ton, terutama digunakan untuk produksi berbagai karet sintetis. Yang paling penting adalah SBR (styrene-butadiene rubber atau styrene-butadiene rubber) dan BR (butadiene rubber atau butadiene rubber).
BACA JUGA:  ciri ciri rarakitan

Itu adalah penjelasan yang dapat dibuat oleh kelompok mana pun mengenai penggunaan alkena dalam kehidupan sehari-hari.