Berikut Contoh Proker KKN Manajemen SDM di Berbagai Bidang
Berikut Contoh Proker KKN Manajemen SDM di Berbagai Bidang

Berikut Contoh Proker KKN Manajemen SDM di Berbagai Bidang

RumahTeknologi.com – Program Kuliah Kerja Nyata atau program pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, mahasiswa akan mengembangkan sejumlah program kerja atau program kerja. Salah satunya adalah program kerja pengelolaan SDM yang dapat diimplementasikan di berbagai bidang.

Tujuan dari program kerja ini adalah untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia di daerah-daerah dimana sosialisasi dilakukan. Siswa dapat berbagi ide, pengalaman, dan keterampilan mereka dalam proyek ini. Bagi mahasiswa yang masih bingung dengan program kerja yang akan mereka kerjakan selama pengabdian masyarakat saat ini, simak ulasannya berikut ini.

1. Proker Manajemen SDM di Bidang Pendidikan

Setiap program kerja yang disusun oleh mahasiswa tentunya menyesuaikan dengan kondisi lokasi tempat KKN dilaksanakan. Termasuk untuk program kerja pengelolaan sumber daya manusia di bidang pendidikan.

Setelah melakukan observasi, mahasiswa tentunya dapat mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat di lokasi dimana KKN berlangsung. Pada saat itu, rencana program kerja dapat dirancang.

Bidang pendidikan, misalnya, merupakan bidang yang tidak pernah absen dalam program pengabdian kepada masyarakat. Untuk proyek pengelolaan SDM, siswa dapat merancang pelatihan pengembangan media pembelajaran untuk guru.

Selain itu, siswa juga dapat berpartisipasi dalam mengajar. Siswa dapat merancang RPP yang menyenangkan dengan menggunakan berbagai media dan perangkat pembelajaran. Melalui kesempatan ini, siswa dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda kepada siswa.

BACA JUGA:  perintah yang digunakan untuk meninggikan baris adalah

2. Proker Manajemen SDM di Bidang Kesehatan

Program kerja di bidang kesehatan dapat dirancang sesuai dengan perkembangan masalah kesehatan di wilayah pengabdian masyarakat. Misalnya, masyarakat di lokasi sasaran KKN sering mengalami kasus DBD.

Isu ini hadir sebagai program kerja untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Penyuluhan yang diberikan dapat berupa ajakan pencegahan melalui Gerakan 3M. Tiriskan bak mandi atau bak mandi Anda, tutup tempat penyimpanan air di rumah Anda, dan kubur barang-barang bekas.

Selain penyuluhan 3M pencegahan DBD, banyak program kerja yang bisa dikembangkan. Misalnya, proker pelatihan membuat hub untuk lokasi pengabdian masyarakat dengan sumber daya alam tanaman herbal yang melimpah.

Program pendidikan kesehatan bagi masyarakat juga dapat dikembangkan. Pelatihan yang dipilih dapat berupa pelatihan tentang cara memberikan pertolongan pertama pada orang yang sakit atau terluka. Hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi jika lokasi desa jauh dari puskesmas.

3. Proker Manajemen SDM di Bidang Pertanian dan Peternakan

Di semua desa yang ada pengabdian masyarakat, sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani atau peternak. Status komunitas ini tersedia sebagai salah satu program pengabdian masyarakat.

Bagi mahasiswa pertanian dan peternakan, kesempatan ini dapat digunakan untuk menularkan ide dan pengetahuan yang telah mereka pelajari. Mahasiswa dapat membekali masyarakat dengan berbagai pendidikan terkait pertanian dan peternakan.

Bersama-sama, siswa dapat mengajarkan kepada masyarakat metode atau teknik terbaru yang berkaitan dengan pertanian dan peternakan. Cara ini diharapkan dapat membantu meringankan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

4. Proker Manajemen SDM di Bidang Ekonomi

Setelah bertani dan beternak, tentunya masyarakat berharap hasil jerih payahnya dapat menghasilkan pundi-pundi bagi keluarga. Pengabdian masyarakat memungkinkan mahasiswa untuk memberikan tips yang dapat dilakukan masyarakat untuk meningkatkan penjualan.

BACA JUGA:  surat yang tidak diketahui pengirimnya disebut

Apalagi di era industri sekarang ini, dimana semuanya serba digital. Mahasiswa dapat memberikan pelatihan dalam penjualan digital. Mahasiswa juga bisa menjadi pihak kedua yang menghubungkan masyarakat dan pembeli. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap vitalitas perekonomian daerah.

5. Proker Manajemen SDM di Bidang Pariwisata

Semua lokasi kkn umumnya memiliki sumber daya alam yang berpotensi sebagai tempat wisata. Penjangkauan masyarakat memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan program kerja di bidang pariwisata.

Sebagai salah satu contoh, mahasiswa dan masyarakat dapat mengembangkan kawasan ekowisata di kawasan pengabdian masyarakat. Mendidik masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Oleh karena itu, kegiatan ini juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan di masyarakat.

Lima program manajemen sumber daya manusia yang dapat dikembangkan di berbagai bidang. Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat. Pastikan kegiatan pengabdian masyarakat di satu wilayah dapat berkontribusi pada peningkatan sumber daya manusia.

 

Kata Kuncihttps://www rumahteknologi com/16193/berikut-contoh-proker-kkn-manajemen-sdm-di-berbagai-bidang html-