sebutkan empat gerakan menggiring bola dengan kaki bagian luar

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “sebutkan empat gerakan menggiring bola dengan kaki bagian luar”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “sebutkan empat gerakan menggiring bola dengan kaki bagian luar”

Gerakan menggiring bola dalam permainan sepak bola dilakukan jika pemain belum memiliki kesempatan untuk melakukan passing. Ini bisa dilakukan agar bola tetap berada dalam penguasaan tim.

Dribbling merupakan salah satu teknik dasar dalam sepak bola. Teknik ini juga menjadi hal yang perlu dikuasai oleh para pemain sebelum memutuskan untuk bertanding di lapangan.

Ada berbagai macam tujuan dalam menggiring bola. Beberapa di antaranya adalah mengoper lawan dan menahan bola sebelum pemain melepaskan umpan ke pemain lain. Dribbling juga memudahkan pemain untuk memindahkan bola dari satu titik ke titik lainnya.

Beberapa pemain dunia seperti Ronaldinho, Neymar dan Lionel Messi merupakan pemain yang memiliki kemampuan menggiring bola dengan baik. Simak informasi berikut ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai gerakan dribbling dalam permainan sepak bola.
Gerakan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola
Menggiring bola merupakan salah satu skill yang sangat berguna saat berada di lapangan. Pemain yang bisa menguasai teknik dribbling dengan baik tentunya akan mendapatkan banyak keuntungan saat berada di lapangan.

BACA JUGA:  langkah yang paling awal dalam menggambar adalah

Lebih dari itu, pemain yang mahir menggiring bola juga biasanya menjadi sorotan. Alasannya tentu saja karena permainannya menghibur dan gerakannya terlihat sangat indah sehingga memaksa penonton untuk menikmatinya.

Namun, dribbling harus dilakukan dengan teknik yang benar. Kualitas teknik yang baik bisa membuat bola yang dikuasai terkesan menempel di kaki pemain dan sulit direbut pemain lawan.

Ada beberapa teknik dribbling yang perlu dikuasai oleh seorang pemain. Dikutip dari Buku Teks Dasar Sepak Bola, berikut adalah tiga jenis dribbling yang biasa digunakan dalam sepak bola:

1. Dribble dengan Kaki Luar
Teknik dribbling ini biasa digunakan ketika mencoba untuk mengalahkan pemain lawan. Selain itu, dribbling dengan kaki bagian luar juga bisa digunakan pemain untuk bermanuver saat ingin mengubah sudut penguasaan bola. Metodenya adalah:
Posisi tubuh berdiri tegak dan fokus. Pandangan ke arah posisi dimana bola akan digulirkan,
Lengan dibuat sedikit lebih lebar,
Putar kaki Anda ke dalam lalu kunci. Sedangkan saat dalam posisi dribbling, gulingkan bola ke arah luar sesuai keinginan,
Posisi kaki saat menggiring bola sedikit terangkat dari permukaan dan kaki sebagai tumpuan juga digerakkan,
Usahakan menggiring bola tidak jauh dari kaki

2. Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
Dribbling dengan kaki bagian dalam biasanya digunakan untuk mempertahankan bola dari ancaman lawan. Cara melakukannya adalah:

Posisi badan berdiri dan pandangan terfokus ke depan,
Kedua tangan berada di samping tubuh,
Putar kaki 90 derajat ke luar dan kunci,
Arahkan bola menggunakan kaki bagian dalam dan kaki penyangga juga digerakkan.

3. Dribble dengan punggung kaki
Teknik dribbling ini biasanya digunakan ketika ingin menggiring bola dengan cepat. Langkah-langkahnya adalah:

BACA JUGA:  arti kkn dalam kuliah

Tatapan difokuskan ke depan,
Kedua lengan berada di samping badan dengan posisi sedikit terentang,
Kaki diputar ke bawah lalu dikunci,
Saat menggiring bola, gunakan punggung kaki dan sedikit terangkat dari tanah.
Itulah informasi mengenai gerakan menggiring bola dalam permainan sepak bola.***