visual merchandising

Visual Merchandising; Pengertian, dan Cara Melakukannya

Beberapa langkah dan cara orang lakukan untuk membuat sebuah produk bisa laris terjual di p. Hal ini membuat beberapa metode pun lahir seperti visual merchandising. Teknik satu ini terbukti efektif meningkatkan pemasaran sebuah produk.

Apa yang Dimaksud Dengan Visual Merchandising ?

Untuk yang masih asing dengan istilah, visual merchandising merupakan sebuah taktik dalam pe atau marketing yang bisa membuat para calon costumer tertarik untuk membeli sebuah produk dengan memperindah dan mempercantik suatu produk di dalam toko.

Tim marketing dalam sebuah perusahaan biasanya akan mengambil tanggung jawab penuh untuk membuat sebuah visual ini. Karena memiliki peran penting, tidak jarang beberapa perusahaan membentuk tim khusus untuk menghandle urusan ini.

Saat ini juga terdapat beberapa layanan atau jasa yang secara khusus menjual layanan untuk mempercantik sebuah produk ini. Maka dari itu, pekerjaan untuk merancak mulai dari tata letak serta sudut pandang peletakan sebuah produk di toko tidak bisa Anda anggap remeh.

Tugas Serta Tanggung Jawab Seorang Visual Merchandiser

Seorang desainer mau apapun itu tentu memiliki tanggung jawab yang sama yakni menciptakan sebuah karya yang dapat membuat orang takjub. Begitu juga seorang visual Merchandiser, berikut https://www.rumahteknologi.com menjelaskan beberapa tugas pentingnya :

BACA JUGA:  Berikut Koleksi 9 Tanaman Hias Daun Terpopuler untuk Memperindah Rumah

1.      Meletakan Produk Dengan Tata Letak yang Membuat Orang Tertarik

Tugas utama dari Visual merchandiser adalah menempatkan produk dalam sebuah toko dengan visualisasi yang indah. Dalam melakukan hal ini biasanya tim akan melihat dari beberapa aspek yang kemudian akan mengambil keputusan.

Aspek aspek ini berupa, kategori produk, jenis, gramasi, hingga dimensi hingga akhirnya saat produk sudah berada di tempatnya akan menampilkan sebuah visual yang indah dengan informasi jelas mulai dari harga urutan sehingga memudahkan para pembeli memilih produk.

2.      Memiliki Tugas Memahami Karakteristik Pelanggan

Selain harus bisa menampilkan visualisasi peletakan produk dengan indah. Visual merchandiser juga harus bisa memahami karakteristik calon pembeli dan elemen yang ada pada toko. Hal ini penting untuk membuat calon pelanggan memiliki keinginan untuk membeli produk.

Biasanya tim visual merchandiser ini akan melihat informasi persona dan demografi dari calon customer. Dengan memperhatikan 2 aspek ini maka dia akan dengan mudah mengatur kembali serta display tata letak dari produk sehingga pelanggan bisa cepat menemukan yang dia inginkan.

Tujuan Dan Manfaat Melakukan Teknik Visual Tata Letak Ini.

Melakukan tata letak dengan visual yang indah pada produk atau merchandise ini sangat penting. Hal ini memiliki tujuan untuk memberikan pandangan dan nilai lebih dari estetika pada toko sehingga terlihat lebih mempesona untuk orang hampiri.

Selain fungsi ergonomis akan terlihat bila melakukan ini, sehingga para calon pembeli akan mendapatkan rasa keinginan untuk membeli sebuah produk yang punya visual serta daya tarik yang mempesona dari sudut pandang estetika peletakan.

Teknik ini juga merupakan salah satu daya tarik secara soft selling sebuah produk, sehingga akan memberikan peningkatan pada penjualan sebuah barang. Dampak dari pengaturan visual tata letak ini bisa Anda rasakan dalam waktu yang cukup singkat.

BACA JUGA:  Hp Termahal di Dunia, Harganya Fantastis Lho!

Langkah Langkah Memilih Orang Untuk jadi Pelaku Visual Merchandising

Mengingat tugas dan tanggung jawab yang penting dari seorang visual merchandiser, maka memilih orang untuk melakukan hal ini juga sangat penting agar dapat seseorang yang tepat dalam menjalankan tanggung jawab ini. Berikut beberapa tips :

1.      Memperhatikan Kepekaan Kandidat

Kepekaan tinggi seseorang akan sangat cocok untuk pekerjaan ini. Karena tugas utama visual Merchandiser adalah memahami tingkah laku pelanggan. Untuk itu melihat sudut sensitivitas calon kandidat sangat penting.

Solusi terbaik dalam melakukan tata letak produk dan mempertemukannya dengan kehendak calon pelanggan jadi sangat penting. Maka dari itu kepekaan yang sangat tinggi dari seseorang dapat membantu pembuatan visual merchandiser ini menjadi sempurna.

visual merchandising

2.      Memperhatikan Tingkat Kreativitasnya

Karena visual merchandiser akan berurusan dengan tata letak dan desain tentu saja memperhatikan tingkat kreativitas seorang kandidat akan menjadi hal yang cukup penting. Hal ini akan membantu dalam membuat visualisasi yang menakjubkan.

Selain menghadirkan informasi yang jelas, kandidat yang memiliki tingkat kreativitas tinggi dapat menciptakan visual merchandise yang mungkin tidak akan Anda pikirkan sebelumnya. Jadi unsur ini sangat vital dalam menentukan orang yang bertugas dalam misi ini.

3.      Melihat Sisi Leadership nya ?

Untuk melakukan dan menciptakan tata letak yang indah di sebuah department store tentu Anda memerlukan banyak orang. Untuk mendapatkan pekerjaan yang efektif dan efisien perlu seseorang yang bisa memimpin serta mengkoordinasi seluruh anggota dengan baik.

Karena visual merchandiser punya tugas dan tujuan yang sudah mendesak, maka memerlukan sebuah kerjasama tim bagus untuk merealisasikannya. Untuk itu perlu seorang berjiwa pemimpin dalam mengambil tanggung jawab.

visual merchandising

Beberapa hal Penting perlu Diperhatikan Saat Hendak Visual Merchandising

Setelah Anda sudah mengetahui tanggung jawab, tugas, tujuan dan memilih anggota dalam misi ini. Kini saatnya memahami beberapa hal sebelum merealisasikannya. Berikut hal hal penting sebelum membangung visual marchandise di sebuah toko :

BACA JUGA:  Negara Tanpa Laut di Amerika Selatan yang Jarang Orang Ketahui

1.      Cobalah Menjadi Seorang Pelanggan

Merancang visual merchandising dari sudut creator atau karyawan toko saja tidak cukup. Agar bisa mencapai target pasar besar dan mendapatkan sebanyak mungkin pelanggan melihat dari sisi pelanggan juga sangat penting.

Posisikan diri Anda sebagai salah satu customer yang hendak melakukan transaksi belanja pada sebuah toko, kemudian lakukan observasi kira kira apa saja yang akan pelanggan lihat dan lakukan saat masuk ke dalam toko tersebut. Pastikan posisi benar benar sebagai calon pembeli.

2.      Konsisten Terhadap Penampilan Produk

Hal penting yang perlu selalu Anda ingat saat ingin membangun visual merchandiser ini juga adalah dengan mempertahankan konsep. Karena rancangan dan tata letak produk yang berubah ubah dapat membuat pelanggan bingung. Sebisa mungkin hindari hal yang bisa merugikan ini.

Untuk itulah penting untuk mempertahankan konsep yang baku. Jadi perancangan ini harus sudah sudah matang pada operasi awal sehingga bisa memberikan gambaran dan terpatri di pikiran calon pembeli ketika memasuki sebuah toko dengan visual merchandisenya.

3.      Jangan Lupa Untuk mencocokan Desain Ruangan dan Tampilan Produk

Hal penting saat membangun sebuah visual merchandise adalah sebisa mungkin mendesain rancangan ruangan yang mencolok dan menarik bagi pelanggan. Dengan mencocokan desain ruangan dan tampilan produk hal ini bisa terwujud.

Hampir semua produk punya sudut pandangnya sendiri. Maka dari itu Anda harus memperhatikan sudut pandang mana yang terbaik untuk sebuah produk dan barulah membail tata letak yang senada dengan ruangan pada toko tersebut.

Demikian informasi mengenai visual merchandising. Jika Anda memiliki sebuah toko dan masih punya tata letak produk yang kacau, mempelajari langkah langkah dan penataan ini sangat penting untuk meningkatkan penjual yang lebih tinggi.