perusahaan transportasi yang terdaftar

Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2022

Emiten di sektor transportasi dan logistik masih mempunyai prospek yang menarik sampai saat ini. Dengan begitu, sehingga layak untuk diikuti dan dicermati pada perkembangan harga sahamnya. Maka dari itu, penting bagi Anda mengetahui daftar apa saja perusahaan transportasi yang terdaftar di BEI.

10 Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2022

Beberapa pengamat pun percaya jika emiten di bidang transportasi akan membaik seiring dengan membaiknya mobilitas pada masyarakat. Terutama saat ini pemerintah juga telah melonggarkan syarat untuk bepergian. Berikut ini daftar perusahaan transportasi terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2022.

1.      Kode Emiten GIAA – PT Garuda Indonesia Persero

perusahaan transportasi yang terdaftar

PT Garuda Indonesia Persero Tbk bergerak di bidang layanan jasa angkutan udara. Perusahaan ini telah masuk ke daftar Bursa Efek Indonesia di tanggal 11 Februari 2011. Selain itu perseroan ini mempunyai anak perusahaan seperti PT Sabre Travel, PT Citilink Indonesia dan PT Aerowisata.

Sebagai perusahaan perniagaraan udara di Indonesia paling besar tentu PT Garuda Indonesia Persero pun sangat menarik perhatian dari banyak investor. Per tanggal 28 Juni tahun 2022 GIIA masih dalam notasi khusus dari BEI yakni mengalami suspend. Harga saham emiten ini ialah Rp 222 per lembar.

BACA JUGA:  Negara Tanpa Laut di Amerika Selatan yang Jarang Orang Ketahui

2.      Kode Emiten ASSA – PT Adi Sarana Armada Tbk

Perusahaan dengan kode emiten ASSA sebagai merek dagang utamanya. Tujuannya yakni untuk menggantikan ADIRA rent yang menjadi salah satu perusahaan layanan transportasi paling besar di Indonesia. Menyediakan solusi layanan transporttasi seperti sewa kendaraan dan jasa logistik.

Selain itu juga menawarkan layanan jual beli kendaraan bekas dan juga juru mudi. Per tanggal 18 Juni 2022 kemarin, ASSA telah ditutup pada harga 1.910 rupiah. Sementara harga satu lot memiliki nilai Rp 1.910 dikali 100 lembar menjadi 191 ratus ribu rupiah. Emiten ini mencatat laba bersih hingga 160 M.

3.      Kode Emiten BIRD – PT Blue Bird Tbk

perusahaan transportasi yang terdaftar

Perusahaan dengan kode emiten BIRD ini memulai kegiatan komersil dengan bergabung ke dalam kelompok blue bird di tahun 2001. Saat ini perseroan satu ini sudah berkembang sebagai grup usaha besar beranggotakan 15 entitas anak perusahaan memfokuskan diri pada aktivitas usaha transportasi.

Usaha di bidang transportasi penumpang ini mencakup sewa kendaraan, sewa bus hingga jasa penyediaan taksi baik eksekutif maupun reguler. Per tanggal 28 Juni 2022 kemarin, BIRD ditutup di harga 1.710 ribu rupiah sehingga harga satu lot untuk 100 lembarnya adalah 171 ratus ribu rupiah.

4.      Kode Emiten IATA – PT MNC Energy Investments Tbk

Perusahaan dengan kote emiten IATA ini bergerak di bidang transportasi udara atau leasing pesawat. Selain itu juga melayani perbaikan dan pemeliharaan pesawat terbang sekaligus perdagangan alat teknik. Perusahaan ini sebenarnya termasuk ke dalam grup perusahaan PT Bhakti Investama Tbk.

Per tanggal 28 Juni 2022, IATA ditutup di harga 153 rupiah sehingga harga untuk satu lot adalah Rp 15.300. Di tahun 2021, PT MNC Enery Investments Tbk telah mencatatkan kerugian bersih dengan nilai Rp 7M dari total pendapatan yakni sebesar Rp 245 M.

BACA JUGA:  10 Brand Termahal di Dunia yang Konsisten Dengan Produknya

5.      Kode Emiten CMPP – PT Air Asia Indonesia Tbk

perusahaan transportasi yang terdaftar

Lewat anak perusahaan dari PT Indonesia Air Asia atau IAA, PT Air Asia Indonesia Tbk memiliki fokus industri angkutan udara niaga dengan jadwal tertentu. Sebagai salah satu perusahaan penerbangan, perseroan ini juga mempunyai satu kantor pusat dan telah mengoperasikan 16 kantor pelayanan.

Kantor cabang tersebut berada di 12 kota besar di seluruh Indonesia. Per tanggal 28 Juni 2022 kemarin, penutupan harga oleh CMPP pada harga Rp 228. Dengan begitu, harga satu lot untuk total 100 lembar adalah senilai Rp 22.800.

6.      Kode Emiten WEHA – PT Weha Transportasi Indonesia

Perusahaan dengan kode emiten WEHA ini telah berdiri dengan fokus industri pada pilar transportasi. PT Weha Indonesia Tbk menyediakan banyak layanan kendaraan. Misalnya seperti sewa bus, sewa kendaraan, angkutan antar kota, jas taksi dan juga daily sightseeing tour.

Anak perusahaannya yakni PT Panorama Mitra Sarana, PT Day Trans, PT Andalan Sekawan Transcab dan PT Canary Transport. Seluruh perusahaan tersebut bergerak di bidang layanan transportasi. Per tanggal 28 Juni 2022 kemarin, penutupan harga WEHA pada harga Rp 157 tiap lembarnya.

7.      Kode Emiten TRJA – PT Transkon Jaya Tbk

Perusahaan dengan kode emiten TRJA ini bergerak di bidang sewa kendaraan dan menyediakan layanan jaringan internet. Sebagian besar pelanggan emiten ini adalah perusahaan tambang batu bara. Selain itu, TRJA juga terus mengalami perkembangan bisnis secara signifikan.

Mulai dari menambah unit dengan latar belakang meningkatkan jumlah customer hingga ekspansi wilayah jangkauan operasional hampir seluruh wilaha Indonesia. Per tanggal 28 Juni 2022, penutupan harga TRJA terjadi pada harga Rp 222 sehingga untuk harga satu lotnya yakni Rp 22.200.

BACA JUGA:  Berikut Rekomendasi Drama Korea tentang Kehidupan Konglomerat

8.      Kode Emiten BPTR – PT Batavia Prosperindo Trans Tbk

perusahaan transportasi yang terdaftar

Perusahaan dengan kode emiten BPTR adalah perusahaan layanan jasa di bidang transportasi. Kegiatan utamanya yakni menawarkan sewa kendaraan jangka pendek maupun panjang, layanan logistik dan juga manajemen armada.

Perusahaan ini juga menjadi bagian di dalam Batavia Group yang memulai bisnis pada industri jasa keuangan di Indonesia di awal tahun 2000. Per tanggal 28 Juni 2022, penutupan harga BPTR pada Rp 202 sehingga harga untuk satu lot senilai 20.200 ribu rupiah.

9.      Kode Emiten TAXI – PT Express Transindo Utama Tbk

Perusahaan dengan kode emiten TAXI adalah perusahaan di bidang jasa transportasi yang menawarkan sewa armada jangka pendek dan panjang. Selain itu juga menyediakan layanan transportasi darat seperti taksi reguler, premium hingga bisnis transportasi VATB.

Daerah operasional dari lini traksi reguler mencakup tujuh anak perusahaan mulai dari Jadetabek, Semarang, Medan dan Surabaya. Per tanggal 28 Juni 2022, penutupan harga TAXI di angka Rp 50 untuk satu lot bernilai Rp 5.000.

10.  Kode Emiten LRNA – PT Eka Sari Lorena Transport Tbk

perusahaan transportasi yang terdaftar

Perusahaan dengan kode emiten LRNA ini berada di bawah naungan grup Lorena. Berdiri pada tanggal 26 Februari 2002 silam. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa transportasi darat seperti angkutan umum antar daerah.

Layanan rutenya yakni meliputi Jawa, Madura, Bali hingga Sumatera. Selain itu Busway Transjakarta Lorena Group juga hanya berfokus di bidang segmen transportasi. Per tanggal 28 Juni 2022 kemarin, penutupan harga pada angka 198 rupiah.

Itulah tadi penjelasan dari rumahteknologi mengenai daftar perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Emiten ini pun memiliki daya tarik sungguh kuat bagi banyak investor. Tidak heran apabila orang-orang pun juga ber