jelaskan isi khutbah wada

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “jelaskan isi khutbah wada”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “jelaskan isi khutbah wada”

Isi khotbah pertama Wada mengingatkan umat Islam bahwa nyawa dan harta mereka sangat berharga dan tidak boleh diambil tanpa hak. Adalah ilegal bagi umat Islam untuk membunuh orang lain dan mencuri harta benda mereka. Pesan ini disampaikan agar umat Islam menghormati sesama umat Islam dan menghargai diri sendiri. Itu tidak akan diambil tanpa alasan. Kedua poinnya ini disampaikan bersamaan dengan peringatan bahwa membunuh atau mencuri adalah ilegal.

Penghapusan Adat Jahiliyah

Pesan keduanya yang disampaikan Nabi berkaitan dengan tradisi Jahiliyah yang sangat dekat dengan masyarakat Arab saat itu. Rasulullah memastikan bahwa tradisi-tradisi tersebut dihapuskan olehnya, mulai dari riba, pembunuhan anak perempuan, ziarah telanjang ke Mekkah, dan berbagai praktik jahiliyah lainnya. Semua praktik ini tidak berguna dan digantikan oleh hukum Islam. Hal ini juga ditunjukkan dengan hancurnya patung-patung yang mereka sembah di sekitar Ka’bah.

penentuan usia

Poin ketiga yang disampaikan oleh Nabi mengacu pada fakta bahwa sebelum kedatangan Islam, orang-orang Arab menghabiskan waktunya sesuka mereka. Ziarah gratis ke Mekkah terlepas dari cuaca. Pada kesempatan tersebut, Nabi menetapkan bahwa haji harus dilakukan pada bulan Jur Hijjah. Selain itu, Nabi juga bersabda bahwa akan ada empat bulan dalam satu tahunnya yang akan dihormati oleh semua golongan, baik Muslim maupun non-Muslim, dan bulan ini akan menjadi bulan perdamaian bagi bangsa-bangsa Arab, dimana pertempuran dilarang. . mengatakan itu akan. : Rajab, Zulkoda, Zulhija, Muharram.

BACA JUGA:  kesan dan pesan perpisahan kkn

menghormati wanita

Pesan ini merupakan respon terhadap mereka yang mengklaim bahwa Islam menjadikan wanita sebagai seks kelas dua bagi pria. Di sisi lain, Islam menjadikan perempuan setara, dan perempuan menjadi warisan dan komoditas, terutama seperti yang dilakukan bangsa Arab pada masa Jahiliyah.

2 Peraturan bagi umat Islam

Menjelang akhir khutbah, Nabi menasihati umat Islam untuk memperhatikan dua hal yang akan membawa mereka kepada Allah dan menjaga mereka dari kemusyrikan dan kesesatan. Kedua hal tersebut adalah Al-Quran dan Hadits.

hubungan antara pemimpin dan rakyat

Wada Futba terakhir yang beliau ucapkan menyangkut hubungan antara seorang pemimpin dengan rakyatnya berdasarkan ketaatan. Orang harus mendukung pemimpin mereka, bahkan jika mereka adalah budak atau orang tanpa status sosial, selama mereka mengundang kebaikan.

Setelah menyampaikan isi khotbah Wada yang sangat menyeluruh, Nabi menerima wahyu bahwa agama Allah telah disempurnakan pada hari itu. Teriak Abu Bakar saat mengetahui isi surat al-Maidah ayat 5. Dia mengerti bahwa ini adalah saat terakhir antara para nabi dan mereka. Sesuai dengan namanya, khutbah Wada merupakan khutbah penutup di hadapan umat Nabi. Beberapa bulan kemudian, Nabi mengeluh sakit kepala, dan sejak itu Nabi sakit sampai akhir, kurang dari empat bulan setelah khotbah Wada. Nabi benar-benar berpaling dari umatnya di dunia. Wallahu a’lam bishowab.
Khotbah Wada adalah khutbah Dzul Hijjah ke-10 tahun Hijriyah (hari Arafah) yang kesembilan yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW di Basnal Wadi (bagian bawah Gunung Arafah). Berikut khotbah Nabi besar Muhammad SAW:

“Di mana kita meminta pertolongan dan memohon ampunan dan tobat, segala puji bagi Allah yang kita puji) diberikan oleh Allah, tidak ada yang menipunya, dia tertipu oleh Allah tidak ada yang bisa memberinya petunjuk.

BACA JUGA:  apa itu kkn dalam kuliah

Saya mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain satu-satunya Tuhan yang tidak memiliki pasangan. Saya mengakui bahwa Nabi Muhammad adalah hamba Allah dan Rasul-Nya.

Wahai hamba Allah, aku mengajakmu untuk takut dan taat kepada Allah.

Saya memulai pidato saya dengan kata-kata yang baik. Wahai manusia, darah dan hartamu, kamu najis (dilestarikan), sehingga kamu bertemu Tuhanmu dengan kehormatan hari ini dan kehormatan bulan ini.

Anda akan bertemu Tuhan Anda dan Dia akan mempertanyakan tindakan Anda. Saya mengambil alih tugas saya. Oleh karena itu, siapa pun yang memiliki surat kuasa harus menyerahkannya kepada seseorang yang masih kerabat.

Semua keausan telah dilepas. Hanya Anda yang dapat menerima modal Anda (modal). Jangan dianiaya, jangan dianiaya. Allah telah memutuskan bahwa tidak akan ada lagi lintah darat. Riva Abbas bin Abdul Muthalib telah sepenuhnya dibatalkan. Semua darah zaman Jahiriya juga telah dilenyapkan seluruhnya. Darah pertama yang saya ambil adalah Rabiah bin al-Harist. Ini adalah darah yang saya mulai dengan darah ketidaktahuan.

Sebaliknya, wahai manusia, setan telah kehilangan harapan untuk disembah oleh penduduk negerimu. Namun, jika Anda mematuhi selain itu, Anda akan puas dengan hal-hal sepele, jadi berhati-hatilah dengan iman Anda.

Wahai manusia, penundaan waktu (Nasir) menambah kekafiran dan menggunakannya untuk menghalalkan satu tahun bagi orang-orang yang tersesat dan kafir, melarang orang lain, menginjak-injak apa yang dihalalkan Allah, dan dihalalkan Allah. menghalalkan apa yang dikatakan halal dan mengharamkan apa yang dilarang oleh Allah.

Waktu telah berubah, seperti halnya hari Tuhan menciptakan langit dan bumi. Jumlah bulan di sisi Allah adalah 12 bulannya, empat bulan terlarang, diikuti tiga bulannya, dan yang keempat antara dua Jumada dan Sya’ban. Termasuk Rajab Mudlar.

BACA JUGA:  sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen persatuan di lingkungan keluarga

Sejak saat itu, Anda memiliki hak atas wanita dan mereka memiliki hak atas Anda. Sejauh menyangkut hak Anda, mereka tidak diizinkan menginjak tikar Anda yang tidak menyukai Anda, mereka tidak diizinkan melakukan kejahatan keji. Ketika Tuhan mengizinkan Anda meninggalkan mereka di tempat tidur dan memukuli mereka tanpa cedera.

Jika mereka berhenti, Anda wajib memberi mereka makanan dan pakaian yang baik. Wanita itu adalah penolong Anda, dan dia tidak bisa memberikan kekuatan apa pun pada dirinya sendiri, sehingga dia bisa berbuat lebih baik. mengarahkan Anda untuk memimpin

Karena dengan perintah Allah kamu telah membawa mereka, dan dengan firman Allah kamu telah halal anggota keturunan mereka. Karena saya melakukan tugas saya.

Saya telah meninggalkan Anda sesuatu yang sangat nyata yang jika Anda menyimpannya dengan hati-hati Anda tidak akan melewatkannya nanti. Itu adalah Kitab Allah dan Sunnah Nabi.

Wahai manusia, dengarkan kata-kataku ini dan pertimbangkan baik-baik. Ketahuilah bahwa semua Muslim adalah saudara bagi Muslim lainnya dan semua Muslim adalah saudara. Tidak boleh seorang muslim lebih tinggi dari saudaranya, kecuali dengan hati nurani yang baik.

Lalu Rasulullah SAW bertanya.
Dia memberi tahu orang banyak, “Oh, ya.
Maka Rasulullah bersabda, ‘Ya Allah, bersaksilah’.***

`