kegagalan servis dalam pertandingan bola voli sangat merugikan karena

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “kegagalan servis dalam pertandingan bola voli sangat merugikan karena”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “kegagalan servis dalam pertandingan bola voli sangat merugikan karena”

Pengertian bola voli

Bola voli adalah contoh olahraga bola yang bagus. Bisa dikatakan, permainan ini termasuk dalam kategori pertandingan karena melibatkan dua tim yang saling bertarung untuk mencapai hasil pertandingan.

Cara bermain bola voli adalah dengan memukul bola hingga melewati net di tengah lapangan. Untuk mendapatkan skor, pemain satu tim harus mengarahkan bola ke area lawan, sehingga bola mendarat di backcourt lawan.

Penciptanya adalah William G. Morgan, seorang guru pendidikan jasmani di Amerika Serikat. Ia sangat terinspirasi dengan permainan bola basket. Inspirasi ini ia dapatkan setelah bertemu dengan James Naismith, pencipta bola basket.

Awalnya, game ini ditujukan untuk orang tua. Namun, Morgan ingin menyesuaikan olahraga tersebut dengan kemampuan fisik orang tuanya. Pasalnya, lansia tidak mungkin mengandalkan kekuatan fisik dalam waktu lama, seperti lari.

Dan sekitar empat tahun setelah pertemuan itu, terciptalah olahraga yang merupakan gabungan dari bola basket, bulu tangkis, dan baseball. Awalnya, game ini bernama Mintonette. Seiring berjalannya waktu, olahraga ini mulai dikenal dan digandrungi oleh berbagai kalangan usia. Perubahan nama menjadi Volleyball (bola voli) terjadi pada tahun 1896, bersamaan dengan diadakannya event internasional pertama di sekolah pelatihan Young Men’s Christian Association (YMCA).

BACA JUGA:  kkn adalah singkatan dari

Bola Voli di Indonesia

Permainan ini dibawa oleh Belanda pada masa penjajahan ke Indonesia. Pada awal masuk ke Indonesia, bola voli hanya dimainkan oleh kalangan dalam yaitu para bangsawan dan rakyat Belanda. Sehingga olahraga ini tidak begitu terkenal.

Itu adalah guru fisika Belanda yang mengajar dan memperkenalkannya. Kemudian olahraga ini mulai dimainkan oleh tentara Belanda di lapangan terbuka. Alhasil, banyak orang yang menyaksikan pertandingan bola voli ini, termasuk masyarakat Indonesia.

Organisasi yang menaungi.

Untuk memiliki manajemen yang baik, setiap cabang olahraga memiliki organisasi yang mengawasi perkembangannya, tidak terkecuali bola voli. Dalam skala internasional, permainan ini berada di bawah naungan Federation Internationale de Volleyball (FIVB). Sebelumnya, lembaga ini didirikan di Perancis. Namun saat ini FIVB berbasis di Swiss.

Sementara itu, secara nasional, permainan bola voli berada di bawah naungan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) yang berkantor pusat di Jakarta. Kompetisi bola voli nasional disebut Kompetisi Proliga yang diadakan setiap tahun.

Peraturan Permainan Bola Voli

Berikut ini adalah peraturan dalam permainan bola voli:

  • Permainan dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan.
  • Setiap tim dimainkan oleh enam orang pemain yang menempati posisi sebagai spiker, defender, libero, dan tosser.
  • Pemain dengan posisi libero menggunakan seragam yang berbeda dari anggota tim lainnya.
  • Libero tidak diperbolehkan servis, pergantian posisi, dan melakukan pukulan bola.
  • Minimal, dalam satu tim dimainkan oleh empat orang pemain.
  • Permainan dimulai dengan servis pertama yang dilakukan oleh tim pemenang undian lempar koin.
  • Servis dilakukan dari luar garis lapangan. Dan bola harus melewati atas net, tidak boleh menyentuh net sedikitpun.
  • Bola dinyatakan keluar jika keluar garis lapangan.
  • Pemain hanya boleh melakukan segala macam teknik di areanya sendiri. Pemain tidak diijinkan masuk ke area lawan.
  • Bola dianggap masuk apabila menyentuh lantai lapangan dan masih berada dalam garis lapangan.
  • Semua anggota tubuh dapat digunakan untuk memantulkan atau memukul bola. Meskipun demikian, yang paling dominan adalah menggunakan tangan.
  • Pemain tidak boleh menangkap dan melempar bola.
  • Permainan bola voli berlangsung 2 sampai 3 set. Jika suatu tim memenangkan dua set secara beruntun, maka langsung keluar sebagai pemenang. Namun jika skor imbang 1-1, maka permainan dilanjutkan hingga tiga set.
  • Satu set dimenangkan oleh tim yang mencapai skor 25 lebih dulu.
  • Jika dalam satu set skor imbang 24-24, maka pemenang ditentukan bukan siapa yang mencapai skor 25 lebih dulu, melainkan tim mana yang unggul dua poin lebih dulu.
  • Pergantian pemain boleh dilakukan selama pertandingan masih berlangsung.
BACA JUGA:  berikut yang bukan merupakan contoh dari konjungsi temporal adalah

Kesimpulan

Kegagalan servis dalam pertandingan bola voli sangat merugikan, karena memberikan poin gratis kepada lawan.***