Software Perpustakaan

10 Rekomendasi Software Perpustakaan Berbayar dan Gratis

Teknologi canggih seperti saat ini memungkinkan apapun bisa dilakukan secara online, begitu juga untuk meminjam buku. Mengingat saat ini banyak software perpustakaan yang tentunya bisa diakses secara online. Bahkan, perpustakaan digital seperti ini memberikan banyak keuntungan.

7 Software Perpustakaan Gratis

Salah satu keuntungan jika menggunakan software atau aplikasi perpustakaan yaitu bisa mendapatkannya secara gratis. Selain itu tersedia juga berbagai fitur menarik. Selengkapnya mengenai apa saja rekomendasi software atau aplikasi perpustakaan, berikut ini penjelasannya di rumah teknologi.

1.      Biblio

Rekomendasi pertama aplikasi perpustakaan bernama Biblio. Dari desainnya, aplikasi ini hadir dengan keunikan tersendiri karena cenderung simpel dan sederhana. Meskipun demikian, tapi nyatanya aplikasi ini hadir dengan fitur yang cukup lengkap.

Bahkan, untuk menggunakan aplikasi ini bisa secara gratis. Adapun beberapa fitur yang tersedia pada Biblio seperti penerbit, judul buku, nomor katalog, penulis, koleksi, ISBN, nomor indeks, tahun cetak dan lain sebagainya.

2.      iPusnas

Software ini sebenarnya diluncurkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Peluncuran software ini juga bekerjasama dengan developer Aksamaraya. Meskipun termasuk software perpustakaan tapi mempunyai fitur sosial media.

Jadi, saat menggunakan software ini pengguna bisa melakukan interaksi dengan anggota perpustakaan lainnya. Bahkan, fitur yang tersedia pada software ini tidak perlu membayar alias gratis. Sedangkan untuk download bisa melalui Apps Store maupun Google Play Store.

3.      BiblioteQ

Rekomendasi lain software perpustakaan bernama BiblioteQ. Meskipun sebenarnya jika software ini mempunyai nama hampir sama dengan rekomendasi pertama, tapi tetap saja mempunyai keunggulan dan kelebihan tersendiri.

BACA JUGA:  proker kkn teknik mesin

Bahkan software ini tidak hanya menyediakan layanan perpustakaan secara online. Namun, bagi pengguna juga bisa menggunakannya untuk pengelolaan jurnal, majalah, buku, DVD, CD dan game. Semua fitur yang tersedia pada software tersebut bisa dinikmati secara gratis.

4.      iJakarta

Software ini hadir dengan berbagai keunggulan diantaranya pengguna bisa melakukan diskusi masalah buku dengan anggota lain. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai jenis buku sesuai dengan kebutuhan.

Bahkan, pengguna juga mendapatkan kesempatan untuk menyimpan buku secara elektronik Melalui aplikasi ini. Jadi, nantinya saat membutuhkan buku tersebut hanya perlu membuka aplikasi dan membacanya.

5.      Learning Management System (LMS)

Jika dibandingkan dengan software lainnya, LMS ini mempunyai desain tampilan yang lebih menarik. Hal ini karena saat dilihat secara langsung tampilannya jauh lebih modern. Meskipun demikian, mengenai fitur dan fungsi pada software ini terbilang bagus.

Fitur unggulan dari software ini seperti menyediakan peluang untuk melakukan pengelolaan perpustakaan agar lebih nyaman. Jadi, melalui software ini pengguna bisa membuat perpustakaan desa, perpustakaan pribadi hingga perpustakaan sekolah. Bahkan, fitur laporan software ini cukup lengkap.

6.      iSantri

Rekomendasi software perpustakaan yang selanjutnya bernama iSantri. Sesuai dengan namanya sebenarnya software ini memang khusus untuk para santri, karena merupakan milik Kementerian Agama Republik Indonesia.

Salah satu tujuan dari software ini agar para santri bisa membaca buku tanpa adanya kendala. Berbeda dengan software lainnya, iSantri lebih banyak menyediakan buku-buku mengenai keagamaan yang sangat dibutuhkan santri.

7.      Handy Library

Software ini memberikan kemudahan kepada pengguna untuk pemindaian ISBN. Jadi, siapapun yang meminjam buku melalui software ini bisa melihat secara detail mengenai buku tersebut. Maka dari itu dengan kelebihan ini cocok untuk membantu menyelesaikan tugas seperti skripsi atau jurnal.

BACA JUGA:  rumus fiil mudhari adalah

Fitur-fitur lain yang tersedia pada software ini seperti memudahkan untuk mencari buku sesuai kebutuhan. Bahkan, pengguna bisa mengakses dengan mudah buku-buku koleksi. Meskipun demikian, tapi untuk menggunakan software ini tidak perlu membayar.

3 Software Perpustakaan Berbayar

Mengetahui rekomendasi mengenai software perpustakaan yang gratis. Ketahui juga software berbayar yang hadir dengan fitur lebih lengkap. Selengkapnya mengenai beberapa software tersebut berikut ini penjelasannya.

1.      ePerpus

Software ini merupakan milik Gramedia Digital Nusantara yang termasuk retail buku terbesar di Indonesia. Jadi, jika ingin meminjam buku di tempat ini harus membayar. Hal tersebut wajar terjadi karena setiap anggota perpustakaan bisa meminjam majalah, buku, koran dan membaca secara online.

Semua fitur tersebut bisa dinikmati secara online alias hanya melalui aplikasi saja. Keunggulan lain dari software ini yaitu mempunyai buku dengan penerbit dan penulis kelas atas di Indonesia seperti Mizan, Elex Media Komputindo, John C dan lainnya.

2.      AnyBooks

Sebenarnya AnyBooks merupakan sebuah aplikasi perpustakaan Android yang di dalamnya terdapat banyak sekali buku. Bahkan, untuk mengakses software ini bisa melalui website dan Android. Begitu juga tersedia berbagai tema buku.

Misalnya saja seperti romance, horror, fantasy, buku pelajaran dan lain sebagainya. Begitu juga software ini hadir dengan berbagai fitur seperti kamus bahasa Inggris, bisa memberikan review pada buku dan lain sebagainya.

3.      T Perpus

Rekomendasi terakhir software perpustakaan yang berbayar bernama T Perpus. Jadi, software ini hanya untuk penggunaan Android saja. Meskipun demikian, tapi software ini hadir dengan berbagai fitur menarik.

Beberapa fitur yang tersedia seperti bisa mengakses semua buku, tersedia berbagai judul buku dan aplikasi cukup ringan. Bahkan, untuk menggunakan aplikasi ini terbilang mudah karena cukup ringan. Namun, untuk bisa menikmati semua fitur tersebut harus membayar.

BACA JUGA:  Belajar Software Hp Untuk Pemula, Berikut Penjelasannya

Manfaat Menggunakan Software Perpustakaan

Salah satu alasan kenapa saat ini banyak orang menggunakan software atau aplikasi perpustakaan karena banyak memberikan manfaat. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1.      Mendapatkan Informasi Lebih Mudah

Manfaat pertama jika menggunakan software perpustakaan yaitu bisa mendapatkan informasi lebih cepat dan mudah. Hal ini karena hal ini terjadi karena untuk mencari buku saat ini hanya perlu mengaksesnya melalui aplikasi.

Bahkan, untuk mengetahui informasi lebih jelasnya mengenai buku tersebut tertera jelas di aplikasi perpustakaan. Terutama bagi para mahasiswa yang membutuhkan buku dalam waktu cepat, adanya aplikasi ini sangat membantu.

2.      Koleksi Buku Lebih Banyak

Mungkin saat berkunjung ke perpustakaan umum meminjam buku, terkadang yang menjadi masalah yaitu tidak menemukan buku yang dibutuhkan. Namun, saat ini dengan adanya software perpustakaan mungkin kan menemukan buku sesuai keinginan.

Mengingat pada aplikasi atau software perpustakaan seperti ini tersedia banyak sekali buku. Bahkan, untuk membaca buku di perpustakaan online seperti ini bisa kapanpun dan di manapun sesuai dengan kebutuhan.

3.      Terhindar dari Kerusakan Buku

Salah satu resiko saat meminjam buku di perpustakaan offline yaitu kerusakan buku secara fisik. Namun, saat ini jika menggunakan perpustakaan online tidak akan mengalami hal tersebut, karena bentuk buku secara digital.

Begitu juga penyimpanan buku terdapat di server, sehingga kapanpun bisa meminjamnya dengan mudah. Namun, Meskipun demikian untuk meminjam buku di perpustakaan online seperti ini penting memperhatikan syarat dan ketentuannya.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai beberapa software perpustakaan yang saat ini cukup populer. Dapatkan berbagai keuntungan dan manfaat jika menggunakan software perpustakaan.

Kata Kuncihttps://www rumahteknologi com/16376/software-perpustakaan html-