contoh komunitas

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “contoh komunitas”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “contoh komunitas”

Dalam suatu kelompok masyarakat pasti ada yang namanya komunitas, walaupun tidak semua orang benar-benar mengerti apa itu komunitas. Komunitas muncul dalam kelompok-kelompok tertentu, biasanya atas nama, dan mewakili suatu bidang, tokoh, dll berdasarkan keinginan kelompok tersebut.

Secara umum komunitas adalah suatu kelompok sosial dalam masyarakat yang terdiri dari beberapa individu, dimana individu-individu tersebut saling berinteraksi dalam suatu lingkungan tertentu. Mereka biasanya memiliki minat dan latar belakang yang sama, meskipun komunitas yang muncul atau muncul memiliki arti tersendiri tergantung konteksnya.

Pengertian Komunitas

Menurut KBBI
Komunitas adalah kelompok organisme (orang dan sebagainya) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu. KBBI juga menyebutkan jika komunitas dapat diartikan sebagai kelompok masyarakat atau sebuah paguyuban.

Secara Umum
Komunitas secara umum diartikan sebagai kumpulan beberapa populasi yang menghuni atau menempati wilayah tertentu secara bersama-sama. Tak hanya hidup bersama tetapi juga saling berinteraksi antara satu dengan yang lainnya.

Christensson dan Robinson
Adalah orang-orang yang tinggal di suatu daerah terbatas secara geografis, memiliki komunikasi satu dengan yang lainnya dan memiliki ikatan antara orang-orang yang tinggal di daerah yang ditinggali oleh mereka.

BACA JUGA:  semua orang ingin cerdas fathanah bagaimana caranya supaya cerdas jelaskan

Menurut McMillan dan Chavis
Merupakan sebuah kumpulan dari para anggota yang memiliki rasa saling memiliki, terikat antara satu dengan lainnya dan mempercayai bahwa kebutuhan para anggota akan terpenuhi selama anggota mempunyai komitmen bersama-sama.

Menurut Kertajaya Hermawan
Apa itu komunitas menurut Kertajaya Hermawan adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain atau lebih dari itu, dimana di dalamnya muncul relasi pribadi yang erat dari para anggota komunitas tersebut, dikarenakan adanya kesamaan.

Menurut Koentjaraningrat
Koentjaraningrat menjelaskan komunitas sebagai suatu kesatuan hidup manusia yang menempati suatu wilayah nyata dan berinteraksi menurut suatu sistem adat-istiadat, terikat oleh suatu identitas dalam komunitas.

Jenis komunitas
Berdasarkan minat
Munculnya interaksi antar unit orang yang berbeda terbentuk karena adanya kesamaan kepentingan atau kepentingan anggota. Biasanya komunitas yang terbentuk berkat minat ini memiliki jumlah anggota yang sangat banyak, sehingga bisa bertambah dan terus berkembang.

Berdasarkan lokasi
Komunitas dengan lingkungan disebut komunitas yang berdiri atau muncul berdasarkan lokasi, adanya kesamaan lokasi atau letak geografis. Mereka umumnya terbentuk atas keinginan untuk saling mengenal, sehingga tercipta interaksi yang dapat membantu perkembangan lingkungan.

Berdasarkan Komuni
Komunitas ini terbentuk karena keinginan dan kepentingan masyarakat biasa, seperti organisasi sosial. Keberadaan suatu komunitas di suatu tempat dapat timbul karena adanya kepentingan suatu organisasi sosial yang ada di tempat tersebut.

Manfaat bagi masyarakat
Alat informasi
Informasi dapat menyebar dengan cepat di suatu komunitas, seperti di komunitas pecinta motor jadul. Setiap informasi yang berbau tidak sedap atau ada kaitannya dengan motor klasik akan sangat cepat beredar di masyarakat.

Buat hubungan
Manusia adalah makhluk sosial, jelas pernyataan ini menggarisbawahi bahwa seorang manusia membutuhkan manusia lainnya. Adanya komunitas di antara para anggotanya, maka akan terjalin pula hubungan yang baik di dalam komunitas tersebut.

BACA JUGA:  ciri ciri boneka beruang

Saling mendukung
Anggota masyarakat dapat saling mendukung karena adanya minat atau kepentingan yang sama, rasa saling mendukung ini dapat membantu orang lain di luar masyarakat. Tentunya hal ini memberikan manfaat yang sangat besar, terutama sebagai upaya pemberdayaan masyarakat

Contoh Komunitas.

Terdapat banyak contoh-contoh komunitas yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan beberapa contoh komunitas berdasarkan minat dan bidangnya.

– Komunitas pedagang

– Komunitas petani

– Komunitas seni

– Komunitas film

– Komunitas guru

– Komunitas gamers

– Komunitas fotografi***

`