bentang alam filipina

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “bentang alam filipina”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “bentang alam filipina”

Profil, Sejarah, Wilayah dan Perbatasan, Posisi Astronomi, Kondisi Bentang Alam, Iklim dan Perekonomian Penduduk Filipina

Di bawah ini adalah ikhtisar Filipina, ibu kota Filipina, sejarah Filipina, posisi astronomi Filipina, pemandangan Filipina, penduduk Filipina, kepala negara Filipina, situasi kependudukan Filipina, bahasa nasional Filipina, situasi ekonomi Filipina, dan perbatasan. Saya akan menjelaskan. Filipina. , iklim Filipina.

Profil negara Filipina

Nama internasional: Republik Filipina
Luas wilayah: ± 330.324 km2
Ibukota: Manila
Bentuk Pemerintahan : Republik
Hari Kemerdekaan: 12 Juni 1898
Kepala Negara : Presiden
Lagu Kebangsaan: Lupin Hiiran
Bahasa: Inggris dan Tagalog
Mata uang: Peso Filipina (PHP)
Agama mayoritas penduduk: Katolik (90%)
Bandara Internasional: Bandara Internasional Ninoy Aquino
Maskapai: Philippine Airlines (PAL)
Sejarah dan bentuk pemerintahan Filipina
Negara ini ditemukan oleh seorang Spanyol bernama Magellan pada tahun 1521, tetapi baru pada tahun 1565 pulau-pulau ini dijajah oleh Spanyol.

Filipina dinamai dari Raja Spanyol, Felipe II. Megel Khan meninggal di pulau-pulau ini.

Pada 12 Juni 1898, Emilio Aguinaldo mendeklarasikan kemerdekaan Filipina sementara Spanyol kalah perang melawan Amerika.

Namun sejak Amerika Serikat menguasai Filipina pada tahun 1902, ternyata jauh dari arti kemerdekaan yang sebenarnya.

Kediaman resmi Presiden Filipina adalah Malacanang (baca: Malacanyan). Filipina berada di bawah kendali AS dari tahun 1902 hingga memperoleh kembali kemerdekaannya pada 4 Juli 1946.

BACA JUGA:  Simak Persiapan dan Tips Sukses Menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Hari ini, Hari Kemerdekaan dirayakan setiap tahun pada tanggal 12 Juni dan 4 Juli sebagai Hari Persahabatan antara Filipina dan Amerika Serikat.

Filipina

1) lokasi, luas dan batas;
Filipina secara astronomis terletak antara 4’N-19’N dan 117’E-126’E lintang utara. Karena garis lintangnya, Filipina sering dilanda topan (baca: tropis).

Filipina terdiri dari 7.107 pulau. Hanya ada sekitar 1.000 pulau yang dihuni oleh manusia. Luas wilayahnya 400.440 km2.

Pulau-pulau utama adalah Luzon, Mindoro, Samar, Panay, Negros, Palawan, Leil, Mindanao, Masbate, Cebu dan Bohol.

Dua pulau terbesar adalah Luzon di ujung utara dan Mindanao di ujung selatan. Manila, ibu kota Filipina, terletak di pulau Luzon.

Berbatasan:
Sebelah Utara : berbatasan dengan Samudera Pasifik
Selatan : Berbatasan dengan Laut Sulawesi
Sebelah Barat : berbatasan dengan Laut Cina Selatan
Timur: berbatasan dengan Samudera Pasifik

2) Iklim
Filipina memiliki iklim muson tropis dengan suhu rata-rata 25°C. Dari November hingga Maret, Filipina bagian timur mengalami musim hujan. Hujan ini dibawa oleh monsun timur laut. Filipina memiliki musim kemarau dari Juni hingga Oktober.

3) Pemandangan
Filipina memiliki banyak gunung berapi, termasuk Gunung Mayon dan Gunung Pinatubo di Luzon, yang meletus hebat pada Juni 1991.

Sungai-sungai di Filipina terdapat di lembah-lembah yang berisi sungai-sungai besar seperti Sungai Agno di Luzon dan Sungai Agusan di Mindanao. Danau-danau yang ada di Filipina adalah Danau Laguna, Danau Teluk (terbesar) dan Danau Mainit di Mindanao.
Jumlah dan Status Penduduk Filipina
Pada tahun 2003, Filipina memiliki populasi 81,6 juta jiwa, dengan kepadatan penduduk 293 jiwa/km2 dan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 2,2%.

Tingkat kelahiran 33, tingkat kematian 7. Pendapatan per kapita (2004) adalah $4.770. Keanekaragaman suku bangsa Filipina adalah Mestis, Negrito, Cina, keturunan Amerika, Moro.

Bahasa resmi yang digunakan oleh masyarakat Filipina adalah Tagalog. Namun, karena Filipina adalah koloni Spanyol dan Amerika Serikat selama bertahun-tahun, bahasa Inggris dan Spanyol masih banyak digunakan dalam pemerintahan dan bisnis.
Berbagai agama hidup di antara orang-orang Filipina. Misalnya, 90% penduduk Filipina mempraktikkan Katolik Roma, sedangkan sisanya menganut agama Kristen dan Islam.

BACA JUGA:  pada awal kemerdekaan ri dalam hal kewarganegaraan.penduduk indonesia keturunan eropa diberlakukan

ekonomi filipina

1) Bidang Pertanian
Produk pertanian Filipina termasuk beras, jagung, tebu, tembakau, dan kelapa.

2) Sektor pertambangan
Kegiatan penambangan meliputi ekstraksi kromium, tembaga, emas, perak, bijih besi, dan minyak bumi.

3) Sektor industri
Industri di Filipina juga tidak berkembang pesat. Zona industri yang terkenal adalah Bataan. Distrik Bataan merupakan kawasan industri yang mengolah produk setengah jadi.

4) Sektor komersial
Ekspor utama Filipina adalah kopra, serat manila, tebu (gula), elektronik, buah-buahan, sayuran, hasil hutan, dan produk mineral.

Impor termasuk minyak mentah, mesin dan biji-bijian. Mitra dagang utama kami adalah Amerika Serikat, Jepang, dan Malaysia.

5) Sektor kehutanan
Secara keseluruhan, 40% wilayah negara ditutupi oleh hutan, sebagian besar bergunung-gunung. Vegetasinya mirip dengan Kalimantan seperti mahoni, pinus, dan ada juga kelapa dan bakau di daerah pesisir.

6) Bidang Transportasi
Jalan raya telah dibangun di Luzon dan Mindanao untuk menghubungkan kota-kota. Transportasi laut sedang dikembangkan untuk transportasi antar pulau.

Pelabuhan utama adalah Manila, Luzon, Cebu, Cebu, dan Davao, Mindanao. Pelabuhan internasionalnya berada di Manila, Luzon.

7) Sektor Pariwisata
Tempat wisata terkenal di Filipina antara lain Intramuros (Spanish Heritage City), Caves, Coral Gardens, Historic Town of Magellan, Barter His Market di Zamboanga, Taal Lake, dan wisata gunung Baguio yang indah.

Hubungan Bilateral dengan Filipina dan Indonesia
Hubungan bilateral antara Filipina dan Indonesia meliputi hubungan diplomatik dan perdagangan. Di sisi lain, hubungan antara Filipina dan Indonesia berskala regional

Indonesia dan Filipina adalah negara anggota ASEAN-nya, yang keduanya memiliki ikatan politik, ekonomi, dan sosial budaya.
Baik Indonesia maupun Filipina terlibat aktif dalam kegiatan SEA Games-nya.
Kerjasama Internasional antara Filipina dan Indonesia Filipina dan Indonesia telah bekerja sama melalui Forum PBB. Sebelumnya, Filipina juga pernah mengikuti Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang digelar di Bandung.

BACA JUGA:  iringan musik yang cepat biasanya digunakan untuk senam

Lokasi, wilayah dan perbatasan Filipina
Filipina secara astronomis terletak antara garis lintang 4°N dan 19°LU dan garis bujur 117°BT dan garis bujur 126°BT. Karena garis lintangnya, Filipina sering dilanda topan (baca: tropis). Filipina terdiri dari 7.107 pulau. Hanya ada sekitar 1.000 pulau yang dihuni oleh manusia. Luas wilayahnya adalah 400.440 km².

Pulau-pulau utama adalah Luzon, Mindoro, Samar, Panay, Negros, Palawan, Leil, Mindanao, Masbate, Cebu dan Bohol. Dua pulau terbesar adalah Luzon di ujung utara dan Mindanao di ujung selatan. Manila, ibu kota Filipina, terletak di pulau Luzon.

perbatasan filipina
Sebelah Utara : berbatasan dengan Samudera Pasifik
Selatan : Berbatasan dengan Laut Sulawesi
Sebelah Barat : berbatasan dengan Laut Cina Selatan
Timur: berbatasan dengan Samudera Pasifik

Iklim Filipina
Filipina memiliki iklim muson tropis dengan suhu rata-rata 25⁰C. Dari November hingga Maret, Filipina bagian timur mengalami musim hujan. Hujan ini dibawa oleh monsun timur laut. Filipina memiliki musim kemarau dari Juni hingga Oktober.

Filipina adalah negara kepulauan dengan banyak gunung berapi, termasuk rangkaian pegunungan Circum di Samudera Pasifik. Kondisi tanah yang subur sangat mendukung kegiatan pertanian, antara lain pertanian (berupa padi, jagung, abaka atau serat manila), perikanan dan kehutanan (hampir separuh luas negara adalah hutan). Selain itu, sungai-sungai itu pendek, berarus deras dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.

lanskap filipina
Filipina memiliki banyak gunung berapi, termasuk Gunung Mayon dan Gunung Pinatubo di Luzon, yang meletus hebat pada Juni 1991. Sungai Agusan di Mindanao. Danau-danau yang ada di Filipina adalah Danau Laguna, Danau Teluk (terbesar) dan Danau Mainit di Mindanao.***