berikut ini yang bukan ciri-ciri teks anekdot adalah

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “berikut ini yang bukan ciri-ciri teks anekdot adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “berikut ini yang bukan ciri-ciri teks anekdot adalah”

Pengertian teks anekdot
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang teks naratif, Anda perlu mengetahui makna teks naratif. Teks dongeng adalah cerita atau cerita yang bersifat humor. Meskipun teks nonfiksi berisi cerita lucu, teks nonfiksi juga dapat memiliki banyak tujuan yang biasanya digunakan untuk menyampaikan kritik. Banyak orang mengira bahwa teks dongeng adalah cerita yang berisi rangkaian beberapa ungkapan lucu. Namun, standar teks dongeng tersebut tidak hanya lucu, tetapi juga dapat menyampaikan maksud pengarangnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks nonfiksi dapat diartikan sebagai cerita pendek yang menarik karena lucu dan mengesankan. Selain itu, teks fiksi biasanya membahas orang-orang penting atau terkenal dan tentunya berdasarkan kejadian nyata. Hal inilah yang pada dasarnya membuat teks dongeng menjadi cerita lucu yang ditulis dan dibuat berdasarkan apa yang terjadi di dunia nyata.

Dalam bukunya Text in Structure and Linguistic Studies, Tawfiq Rahman mengatakan bahwa teks naratif adalah teks yang sering mengangkat topik yang berkaitan dengan politik, lingkungan, sosial, pelayanan publik, dan kebiasaan orang banyak. Buku tersebut juga menyebutkan bahwa teks naratif adalah teks yang berbentuk dialog singkat antara dua tokoh.

BACA JUGA:  5 Kata-Kata Perpisahan KKN yang Memotivasi untuk Terus Berkarya dan Berbuat Baik

Walaupun terlihat seperti teks lucu, teks cerita banyak mengandung pesan moral atau pesan dan fakta yang diyakini banyak orang. Hal inilah yang membuat teks nonfiksi dimaksudkan untuk menghibur seseorang agar mereka bisa tertawa dan bahagia, meskipun mentolerir kritik.

Dalam teks nonfiksi, penulis seringkali tidak memberikan cerita yang mendetail dan mendetail. Hal ini membuat cerita yang ditampilkan hanya memiliki efek jangka pendek. Teks dongengnya sendiri lucu, menarik dan tentunya disesuaikan dengan apa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

B. Ciri-Ciri Teks Anekdot

Setelah Kamu mengetahui pengertian teks anekdot, pada bagian ini akan dijelaskan tentang beberapa ciri-ciri dari teks anekdot yang perlu kamu tahu. Berikut ini adalah ciri-ciri dari teks anekdot, diantaranya yaitu:

1. Bisa jadi mengenai orang penting, karena tidak aturan yang ketat untuk membuat teks anekdot, hal ini menjadikan teks ini biasa digunakan untuk membahas orang-orang penting.

2. Mampu menghibur dan membuat tertawa, hal ini berarti teks anekdot memuat beragam kisah lucu atau humor.

3. Memiliki sifat menyindir, dalam beberapa kisah teks anekdot ditemukan banyak yang dipakai sebagai media untuk menyindir sesuatu, baik itu orang maupun kelompok. Oleh karena itu, teks anekdot bisa juga dibilang sebagai media untuk mengkritik suatu peristiwa yang sedang terjadi.

4. Memiliki tujuan tertentu, tidak seperti teks yang lain, teks anekdot lebih fleksibel untuk dibentuk sesuai keinginan dari penulis. Dengan begitu, penulis memiliki sudut pandang yang lebih luas dan bisa menghasilkan teks anekdot dengan maksimal.

5. Kisah cerita yang disajikan hampir menyerupai dongeng, orang yang hendak menulis membuat sebuah cerita lain yang sebenarnya berhubungan dengan kehidupan saat ini.

BACA JUGA:  contoh program kerja kkn di kelurahan

6. Memiliki sifat menggelitik, hal ini berarti teks anekdot dapat membuat setiap orang yang membacanya akan merasa terhibur dengan kisah lucu yang terdapat di dalam teks. Setiap cerita lucu itu bisa membuat pembaca merasa terhibur.

7. Menceritakan tentang karakter hewan dan manusia sering terhubung secara umum dan realistis.***

`