kategori dalam pencak silat adalah

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “kategori dalam pencak silat adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “kategori dalam pencak silat adalah”

Pertandingan Pencak Silat Antarabangsa dilakukan berdasarkan rasa persaudaraan dan jiwa kesatria dengan menggunakan unsur-unsur beladiri , seni dan olahraga Pencak Silat dan menjunjung tinggi IKRAR PERSILAT.

Pertandingan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan kategori yang diatur dalam peraturan pertandingan dan dipimpin oleh pelaksana teknis pertandingan bersertifikat yang sah dan masih berlaku.

Kategori pertandingan Pencak Silat terdiri dari :

  1. Kategori TANDING
  2. Kategori TUNGGAL
  3. Kategori GANDA
  4. Kategori REGU

Untuk dapat melaksanakan pertandingan Pencak Silat dengan sebaik-baiknya sesuai dengan maksud dan tujuannya , ditetapkanlah Peraturan Pertandingan sebagai berikut :

BAB I

PERATURAN PERTANDINGAN

Pasal 1

Pengertian setiap kategori

  1. Kategori TANDING adalah :Kategori yang menampilkan 2 ( dua ) orang Pesilat dari sudut yang berbeda . Keduanya saling berhadapan menggunakan unsur pembelaan dan serangan yaitu menangkis / mengelak / mengena / menyerang pada sasaran dan menjatuhkan lawan ; menggunakan taktik dan teknik bertanding, ketahanan stamina dan semangat juang , menggunakan kaidah dengan memanfaatkan kekayaan teknik dan jurus .
  2. Kategori TUNGGAL adalah :Kategori yang menampilkan seorang Pesilat memperagakan kemahirannya dalam Jurus Tunggal Baku secara benar , tepat dan mantap , penuh penjiwaan , dengan tangan kosong dan bersenjata serta tunduk kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku untuk kategori Tunggal .
  3. Kategori GANDA adalah :Kategori yang menampilkan 2 (dua) orang Pesilat dari tim yang sama , memperagakan kemahiran dan kekayaan teknik jurus serang bela yang dimiliki . Gerakan serang bela ditampilkan secara terencana, efektif, estetis, mantap dan logis dalam sejumlah rangkaian seri yang teratur , yang dimulai dari tangan kosong dan dilanjutkan dengan bersenjata , serta tunduk kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku untuk kategori Ganda .
  4. KategoriREGU adalah :Kategori yang menampilkan 3 ( tiga ) orang Pesilat dari tim yang sama memperagakan kemahirannya dalam Jurus Regu Baku secara benar, tepat, mantap, penuh penjiwaan dan kompak dengan tangan kosong serta tunduk kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku untuk kategori Regu .
BACA JUGA:  proker kkn bidang pendidikan

Pasal 2

Penggolongan Pertandingan dan Ketentuan Tentang Umur, Jenis kelamin dan Berat Badan

  1. Penggolongan pertandingan Pencak Silat menurut umur, jenis kelamin dan berat badan untuk semua kategori terdiri atas:
    1. Pertandingan Golongan USIA DINI untuk Putra dan Putri, berumur lebih dari 10 tahun sampai 12 tahun.
    2. Pertandingan Golongan PRA REMAJA untuk Putra dan Putri, berumur lebih dari 12 tahun sampai 14 tahun.
    3. Pertandingan Golongan REMAJA untuk Putra dan Putri, berumur lebih dari 14 tahun sampai 17tahun.
    4. Pertandingan Golongan DEWASA untuk Putra dan Putri, berumur lebih dari 17 tahun sampai 35 tahun.
    5. Pertandingan Golongan MASTER-I untuk Putra dan Putri, berumur lebih dari 35 tahun sampai 45 tahun (acara tersendiri).
    6. Pertandingan Golongan MASTER-II untuk Putra dan Putri, berumur lebih dari 45 tahun keatas (acara tersendiri)
  2. Kebenaran tentang umurpesilat yang mengikutipertandingan dibuktikan dengan Akta Kelahiran / Ijazah / Paspor yang asli atau dengan fotocopy yang sudah dilegalisir.
  3. Umur pesilat harus sesuai dengan penggolongan umur peserta (Usia Dini, Pra Remaja, Remaja, Dewasa, Master-I dan Master-II) dengan berpedoman kepada umur yang bersangkutan pada hari pertama pertandingan dimulai (berlaku untuk semua kategori).
  4. Pembagian kelas menurut berat badan hanya berlaku untuk kategori TANDING yang dilakukan dengan penimbangan badan.
    1. Tidak ada toleransi berat badan
    2. Penimbangan dilakukan15 ( lima belas) menit sebelum pesilat yang bersangkutan mengikuti pertandingan sesuai dengan jadual yang ditentukan.
    3. Untuk penimbangan, pesilat harus berpakaian Pencak Silat yang digunakan untuk bertanding, kering, tanpa sabuk, tanpa pelindung kemaluan atau segala jenis pelindung sendi.
    4. Pesilat yang tidak dapat memenuhi ketentuan berat badan dalam penimbangan menurut kelas yang diikutinya, dikenakan sanksi diskualifikasi.
    5. Setiap kali atlit bertanding, harus dilakukan penimbangan (hanya dilakukan satu kali naik di penimbangan) dan wajib disaksikan oleh kedua official teknik dan seorang wasit-juri yang bertugas ( ditunjuk oleh Dewan Wasit Juri ).
    6. Petugas penimbangan dan kedua official timwajib menandatangani format hasil penimbangan, yang telah disediakan oleh Panitia Pelaksana. Apabila salah satu tim official tidak menanda-tangani maka penimbangan dinyatakan tetap sah.
    7. Petugas penimbangan ditunjuk dan ditugaskan oleh panitia.
  5. Pemeriksaan Keterangan Kesehatan.
    1. Setiap peserta harus membawa surat keterangan sehat yang sah yaitu surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh dokter dari instansi Rumah Sakit yang berwenang, maksimal 1 bulan sebelum hari pertama pertandingan dimulai berlaku untuk semua kategori.
    2. Apabila sebelum penimbangan dimulai pesilat tidak dapat menunjukkan surat keterangan kesehatan akan dikenakan diskualifikasi.Panitia dapat merekomendasikan dokter/ rumah sakit tertentu untuk dilakukan check kesehatan di Daerah tersebut dengan biaya di tanggung tim yang bersangkutan.
BACA JUGA:  contoh rencana program kerja kkn