bentang alam benua asia

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “bentang alam benua asia”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “bentang alam benua asia”

Benua Asia adalah benua terluas di dunia. Luasnya yang mencapai 44,5 juta kilometer persegi menjadikan hampir sepertiga wilayah daratan di dunia merupakan kawasan benua Asia.
Wilayahnya yang sangat luas membuat benua Asia memiliki bentang alam yang sangat bervariasi. Sebelum melihat lebih jauh, ketahui letak geografis benua Asia terlebih dahulu.
Dikutip dari buku Pasti Ilmu Pengetahuan Sosial terbitan tim Ganesha Operation (2017: 10), benua Asia terletak di antara 11°LS – 77° LU dan 26° BT – 170°. Sebagian besar wilayahnya terletak di kawasan belahan bumi utara dengan dibatasi daerah-daerah sebagai berikut:
  • Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Selat Bering.
  • Sebelah barat berbatasan dengan benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, dan Laut Merah.
Benua Asia terbagi atas sejumlah kawasan, yaitu Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Barat, dan Asia Tengah. Lantas, apa saja kenampakan alam yang membentang di sepanjang wilayah ini?
Merangkum dalam buku milik Nana Supriatna dkk yang berjudul IPS Terpadu: Geografi, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi) Kelas IX (2012: 203), berikut uraiannya.

Bentang Alam di Benua Asia

Bentang alam yang terdapat di benua Asia secara umum terbagi menjadi empat bagian, yaitu:
1. Dataran Rendah Bagian Utara
Daerahnya mencakup sebagian besar wilayah Siberia, yang terdiri dari tiga lembah sungai besar, yaitu Sungai Ob, Sungai Yenisai, dan Sungai Lena yang bermuara ke Laut Es Utara.
Akibat pengaruh suhu udara yang sangat rendah dari daerah kutub, ketika musim dingin tiba, muara sungai dataran rendah bagian utara secara otomatis akan membeku.
2. Daerah Lipatan Pegunungan Muda
Wilayahnya terletak di bagian tengah Asia dan termasuk rangkaian pegunungan lipatan muda Mediterania. Daerah lipatan pegunungan muda membentuk dua simpul, yaitu simpul Armenia di barat daya Asia dan simpul Pamir di bagian selatan Asia.
Di simpul Armenia tersebar beberapa rangkaian pegunungan, seperti Pontic, Taurus, Elburz, dan Zagros. Sedangkan di simpul Pamir, terdapat pegunungan Hindustan, Kaukasus, Sulaiman, Himalaya, Karakoram, Kunlun, dan Tien Shan.
Tak ketinggalan, di antara rangkaian pegunungan tersebut terdapat beberapa plato, ledok, dan gurun yang dipagari oleh pegunungan, yaitu:
  • Plato Turki, dipagari Pegunungan Pontic dan Taurus.
  • Plato Iran, dipagari Pegunungan Zagros, Sulaiman, dan Elburz.
  • Plato Tibet, dipagari Pegunungan Himalaya dan Kunlun.
  • Ledok Tarim, dipagari Pegunungan Altyn Tagh dan Tien Shan.
  • Gurun Gobi, dipagari Pegunungan Nan Shan, Tien Shan, dan Altai.
3. Plato-Plato Tua
Terletak di bagian selatan benua Asia, daerah ini terdiri atas batuan kristalin yang tua dan keras seperi granit. Daerahnya mencakup:
  • Plato Arabia yang memiliki lereng curam ke arah laut Merah, serta melandai ke arah timur sampai berakhir di lembah Sungai Tigris.
  • Plato Dekan terdapat di Semenanjung India. Lerengnya yang curam ke arah barat, sehingga membentuk pegunungan barat.
  • Plato Yunan membentang mulai dari Shan States di Myanmar menuju ke arah timur (Vietnam) dan selatan (Malaysia).
4. Lembah dan Sungai Besar
Daerah ini didominasi oleh batuan dan tanah alluvial yang relatif subur. Adapun wilayahnya yang meliputi:
  • Dataran rendah Mesopotamia di lembah sungai Tigris dan Euphrat.
  • Dataran rendah Hindustan di lembah sungai Indus, Gangga, dan Brahmaputra.
  • Lembah sungai Irawadi.
  • Lembah sungai Yangtze.
  • Lembah sungai Mekhong dan sebelah sungai Hoang Ho.

Di antara 6 benua di bumi, benua Asia jadi yang terluas di dunia. Apalagi benua ini juga dikelilingi berbagai samudera terluas di bagian utara, timur dan selatan.

BACA JUGA:  Pengertian dari kata cememew adalah

Mengutip Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Rabu (23/2/2022) di sebelah barat benua Asia berbatasan dengan benua Eropa, Laut Merah, Laut Tengah dan Terusan Suez.

Sedangkan di bagian selatan benua Asia berbatasan dengan Australia, termasuk adanya Indonesia yang berbatasan dengan Papua Nugini yang merupakan bagian dari benua Australia.

Letak dan Luas Wilayah Benua Asia

Sebagai benua terluas di bumi, Asia mempunyai luas sekitar 43.998.920 kilometer persegi. Asia terletak di 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT.

Secara geografis Asia terletak antara Benua Eropa dan Benua Australia serta di antara Samudera Hindia, Pasifik, dan Arktic.

Secara geologis Asia menyatu dengan Benua Eropa yang sering disebut Eurasia.

Batas benua Asia, yakni sebelah utara ada Laut Arktik, sebelah selatan ada Samudra Hindia, sebelah timur ada Samudra Pasifik dan Selat Bering, dan sebelah barat ada Laut Merah, Laut Tengah, Pegunungan Ural.

Kondisi Iklim Benua Asia

Kondisi iklim di Benua Asia adalah sebagai berikut :

1. Asia Utara : Continental Kutub, terutama wilayah Siberia Utara;

2. Asia Tengah : Continental Kering, terutama Gurun Gobi.

3. Asia Barat : Darat atau gurun, terutama Jazirah Arab dan Plato Iran Iklim Mediterania, terutama Jazirah Anatolia.

4. Asia selatan dan Tenggara : Tropis Basah.

5. Jepang dan Semenanjung Korea : Sub Tropis

Bentang Alam Benua Asia

1. gunung

Benua Asia memiliki berbagai pegunungan seperti pegunungan Himalaya, Hindu Kush, Karakoram, Asia Tengah, Pasifik, dan Mediterania.

Kemudian, di daratan sekitar Korea terdapat Gunung Geumrim dan Gunung Gwanryun.

2. dataran tinggi

Ada juga beberapa wilayah di benua Asia yang merupakan dataran tinggi, antara lain Dataran Tinggi Dean yang terletak di bagian tengah Semenanjung India.

BACA JUGA:  pidarta bahasa bali

Sepanjang pantai barat adalah dataran tinggi Ghats Barat dan di sebelah timur adalah Ghats Timur.

Sri Lanka Tengah juga merupakan rumah bagi pegunungan Adams dan Pidurutalagala, yang termasuk yang tertua karena terbentuk dari karbon.

3. Daerah cekungan

Ada beberapa cekungan di wilayah benua Asia, dan cekungan ini terisi air dan menjadi lautan seperti Laut Kaspia, Danau Baikal, Danau Barkash, Danau Ormia, dan Laut Mati.

4. Lembah Sungai Besar

Daratan Asia juga memiliki lembah sungai dan delta sungai. Delta sungai adalah tanah yang terbentuk di sekitar hilir sungai yang dibentuk oleh lumpur dan material lain yang dibawa oleh air sungai.

Delta sungai yang terkenal termasuk Delta Gangga India, Sungai Yangtze, Sungai Obs, Sungai Kuning, Sungai Amur, Sungai Mekong, Sungai Lena, Sungai Yenesh, dan Sungai Indus.

5. Daerah gurun dan hutan hujan

Gurun di wilayah Asia sangat luas dan terletak di India, Cina, dan Timur Tengah. Di sisi lain, kawasan hutan hujan juga sangat luas di Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Mengingat benua Asia terletak pada rentang koordinat yang luas dengan iklim yang sangat beragam, maka spesies dan jenis flora dan fauna di kawasan ini juga sangat beragam.

Kelimpahan flora dan fauna menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta dan peneliti hewan dan tumbuhan.

Tundra adalah spesies tanaman yang dominan di daerah utara yang lebih dingin. Jenis tanaman tundra termasuk lumut, rerumputan, dan tumbuhan runjung.

Di sisi lain, hewan perwakilan dari wilayah ini termasuk beruang Siberia, anjing laut, rusa kutub, dan rubah.

Sebaliknya, di kawasan Asia Tengah, stepa dan sabana biasanya terlihat, mengingat kurangnya curah hujan.

BACA JUGA:  Penelitian Dosen di Perguruan Tinggi, Menciptakan Ilmu dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Tidak seperti Asia Selatan yang mendapat banyak curah hujan, ia memiliki hutan hujan tropis yang lebat.

Tidak hanya hutan hujan yang lebat, tetapi juga merupakan rumah bagi berbagai macam flora dan fauna.***