Susunan Acara Perpisahan KKN

Berikut Contoh Susunan Acara Perpisahan KKN dari Pembukaan Hingga Penutupan

RumahTeknologi.com – Ketika program kerja dan waktu KKN telah hampir selesai. Maka biasanya setiap kelompok mempersiapkan sebuah acara untuk perpisahan dengan para warga sekitar ataupun pihak perangkat desa. Untuk itu diperlukan sebuah susunan acara perpisahan KKN yang tepat dan sesuai dengan tema yang direncanakan. Selain itu juga agar acara berjalan dengan lancar mengingat akan dihadiri oleh banyak orang.

Misalnya dalam acara tersebut, Anda ingin memberikan kontes dengan hadiah menarik untuk warga sekitar dan lain-lain. Pasalnya, perpisahan tersebut kurang lebih sebagai tanda terima kasih kepada warga yang telah diterima dengan baik di wilayah desa tersebut. Selain berbagai bantuan dan indikasi yang diberikan kepada siswa. Berikut ini adalah contoh susunan program KKN yang dapat digunakan untuk acara perpisahan KKN:

Sebelum Pembacaan Susunan Acara

Sebelum memberikan penjelasan mengenai penyelenggaraan penutupan KKN atau acara lainnya, biasanya didahului dengan beberapa salam. Oleh presenter setelah menyapa hadirin. Kemudian dilanjutkan dengan menyapa para tamu kehormatan.

Kemudian di antara para tamu yang hadir dan menyapa ada Kepala Desa atau perwakilannya. Ada juga pengawas lapangan yang merupakan perwakilan kampus. Juga, ada tamu undangan yang hadir. Dan jangan lupa teman-teman dari Real Work College. Itu adalah contoh simbolis karena memang banyak nama orang yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

Salah satunya para warga yang menjadi tamu undangan pastinya ditindak hanya sekedar satu orang saja. Begitu juga yang terjadi pada para teman-teman KKN yang tinggal bersama. Baru setelah kalimat sapaan selesai diucapkan maka bisa dimulai dengan membacakan Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan berbagai macam rahmatNya. Serta juga penyampaian sholawat untuk baginda Nabi SAW.

BACA JUGA:  contoh bahasa iklan dengan kata kunci pesona wisata indonesia

Mulai Pembacaan Susunan Acara Perpisahan 

Apabila telah dibacakan beragam sapaan terhadap para tamu yang hadir dalam acara tersebut yang dilanjutkan dengan ucapan syukur serta sholawat. Maka bisa dimulai dengan penyampaian susunan acara perpisahan KKN mulai dari pembukaan sampai penutupan. Bagi yang ingin mengetahui apa saja yang menjadi susunannya berikut pembahasannya:

1. Pembukaan dan Doa

Acara pertama yang dilaksanakan sebagai susunan acara perpisahan KKN yaitu pembukaan. Kegiatan yang termasuk dalam pembukaan salah satunya adalah doa. Tidak lain supaya acara yang tengah digelar tersebut diberikan kelancaran hingga selesai oleh Allah SWT.

Jadi disini pembawa acara melakukan ajakan terhadap para tamu untuk berdoa secara bersama-sama. Dengan dipimpin oleh pimpinan agama di daerah tersebut.

2. Pembacaan Ayat Al Quran

Setelah itu dilanjutkan dengan menginjak acara berikutnya yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al Quran yang disampaikan oleh salah satu perwakilan dari mahasiswa KKN. Setelah proses pembacaan selesai, pembawa acara bisa menambahkan kalimat yang mengandung makna harapan. Misalnya dengan dibacakannya ayat-ayat Al Quran tadi.

Dapat memberikan tambahan rasa istiqomah serta kekhusyukan dalam menjalankan beragam hal-hal yang terpuji. Salah satunya adalah hal kegiatan akhirussanah yang dilaksanakan pada saat ini.

3. Sambutan Kepala Desa 

Ketika menginjak acara yang ketiga ini pembawa acara mempersilahkan bagi Kepala Desa untuk memberikan sepatah dua patah kata perihal acara yang berlangsung. Pada umumnya Kepala Desa memberikan ucapan terima kasih terhadap segenap para mahasiswa KKN yang telah menjatuhkan pilihan praktek untuk menunaikan tugas kuliah di desa tersebut.

Selain ditujukan kepada para mahasiswa, Kepala Desa juga turut mengucapkan terima kasihnya kepada warga sekitar. Yang sedikit banyak membantu mahasiswa saat melakukan berbagai kegiatan KKN. Kemudian yang terakhir disampaikan juga mengenai kesan serta pesan kepada semua mahasiswa yang mengikuti KKN dalam desa itu.

BACA JUGA:  serat yang berasal dari domba cocok digunakan pada cuaca

4. Sambutan Sekretaris Desa 

Tidak terlewatkan salah satu anggota perangkat desa lainnya yang juga cukup penting kehadirannya selain kepala desa adalah sekretaris desa itu sendiri. Setelah Kepala Desa selesai melakukan sambutan dan turun dari panggung, maka pembawa acara bisa melanjutkan dengan susunan acara perpisahan KKN berikutnya yaitu sambutan dari pihak sekretaris desa.

Lalu dalam sambutan yang diutarakan sedikit banyak menyinggung perihal pesan untuk para mahasiswa. Tentunya diantara pesan tersebut seperti nantinya supaya para mahasiswa tidak lupa akan daerah tersebut. Serta warga masyarakat yang turut membantu para anggota KKN ketika melakukan berbagai macam kegiatan. Baik menyangkut urusan yang berkaitan dengan program kerja maupun tugas lainnya.

5. Sambutan DPL 

Keberadaan Dosen Pembimbing Lapangan agaknya menjadi tombak penghubung antara para mahasiswa yang melakukan KKN dengan para perangkat desa yang ada. Tentunya kedatangan DPL di saat acara perpisahan memang cukup penting. Dikarenakan selain berperan sebagai pembimbing, dosen tersebut juga menjadi perwakilan dari pihak perguruan tinggi.

Untaian kata yang diutarakan dalam acara sambutan biasanya berisi ucapan terima kasih yang ditujukan kepada segenap warga masyarakat sekitar tempat KKN. Pasalnya mahasiswa bimbingannya telah diterima dengan baik dan kini akan dibawa kembali ke kampus untuk melanjutkan proses pendidikan yang selanjutnya.

6. Sambutan Ketua Kelompok KKN 

Seluruh mahasiswa anggota KKN yang diwakilkan oleh sang ketua tidak lupa juga untuk memberikan sambutannya. Dengan disertai ucapan rasa syukur yang teramat dikarenakan kegiatan pengabdian di desa tersebut dapat selesai tepat pada waktu yang telah ditetapkan. Lalu dalam pesan yang disampaikan oleh ketua kelompok lebih kurang berisi mengenai ucapan terima kasih kepada banyak pihak.

Contohnya seperti pihak dari perangkat desa yang sebelumnya juga menyampaikan sambutan yang diwakilkan oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa. Semua itu dikarenakan telah diberikan kesempatan untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh pihak kampus di desa tersebut. Tidak ketinggalan ketua kelompok KKN juga memberikan kesannya selama tinggal dan berbaur dengan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:  beda kkl dan kkn

7. Penyerahan Kenang-Kenangan

Menginjak acara yang ketujuh ini pembawa acara menyampaikan bahwa saatnya untuk menyerahkan Kenang-kenangan kepada pimpinan desa. Cukup dilakukan secara simbolis dengan diwakili oleh pihak terkait. Maksud dari penyerahan ini tidak lain untuk ucapan terima kasih dari kelompok KKN.

8. Penutupan dan Doa

Pembawa acara menyampaikan bahwa telah memasuki akhir dari acara perpisahan. Ketika suatu kegiatan diawali dengan berdoa maka ketika ditutup pun sebaiknya juga dilakukan dengan berdoa. Hal ini karena telah diberikan kelancaran jalannya acara perpisahan yang digelar bersama-sama ini dengan baik. Doa dibacakan oleh pimpinan agama dari desa tersebut.

9. Hiburan

Cukup banyak peserta yang datang ke acara tersebut sangat menantikan sesi ini. Karena setiap orang bebas mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Biasanya hiburan dalam acara perpisahan KKN terdiri dari bernyanyi bersama diiringi permainan seru. Ikut baik aparat desa, warga sekitar dan juga mahasiswa KKN.

Permainan dapat diikuti oleh anak-anak dan orang dewasa. Jangan lupa juga untuk meramalkan hadiah bagi yang berhasil menang di pertandingan-pertandingan yang telah diikuti. Sebagian besar kompetisi ini tidak jauh berbeda dengan pertandingan Hari Kemerdekaan. Yakni seperti lomba kerupuk, lomba karung dan lainnya.

Demikian ulasan susunan acara penutupan KKN dari pembukaan hingga penutupan dengan doa dan dilanjutkan dengan sesi hiburan. Dalam sesi ini, banyak warga yang merasa senang entah ikut lomba atau hanya sekedar menonton. Pembahasan di atas hanya sebagai contoh saja, sehingga penataannya sendiri bisa disesuaikan dengan tema dan acara yang akan dibuat.

 

`