bekantan berkembang biak dengan cara

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “bekantan berkembang biak dengan cara”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “bekantan berkembang biak dengan cara”

Reproduksi/reproduksi seksual atau biasa disebut reproduksi seksual, terjadi ketika gamet (sperma) jantan bertemu dengan gamet (telur) betina. Reproduksi seksual dapat dibagi menjadi tiga jenis: ovipar, vivipar, dan ovipar.

Jenis/cara reproduksi hewan

1. Ovipar
Ovipar adalah jenis/cara perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur. Reproduksi ini biasanya dilakukan oleh burung dan reptil. Setelah pembuahan, embrio yang dihasilkan tumbuh dan berkembang di dalam cangkang telur. Janin menerima nutrisi dan cadangan nutrisi dari sel telur yang dikeluarkan dari tubuh ibu.

Ciri-ciri hewan ovipar
Seperti disebutkan sebelumnya, gaya pemuliaan yang berbeda juga menyebabkan karakteristik yang berbeda dari hewan yang sama. Layaknya hewan yang bertelur, mereka memiliki ciri yang berbeda dengan hewan lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membedakan hewan yang bertelur dengan jenis hewan lainnya.

A. tidak ada telinga
Orang yang sulit membedakan antara hewan ovovivipar dapat melihatnya di telinga mereka. Ciri pertama dari hewan ovipar atau ovipar adalah tidak adanya telinga. Oleh karena itu, sangat mudah untuk membedakan hewan ovovivipar saat melihatnya secara langsung.

BACA JUGA:  Cerita Fiksi, Jenis-jenis Genre dan Contoh Ringkasan nya

B. Dia tidak memiliki kelenjar susu
Kita bisa belajar tentang spesies yang bereproduksi selama proses keperawatan. Ciri hewan ovipar adalah tidak menyusui anaknya karena tidak memiliki kelenjar susu.

c. Sang induk mengerami telur-telur tersebut hingga menetas
Ketika Anda melihat induk bertelur di sarang atau kandang, Anda bisa melihat induknya sedang duduk untuk menetaskan telurnya. Ini dilakukan agar telur tetap hangat dan hidup.

d. Telur berada di luar tubuh induknya
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ciri-ciri hewan ovipar adalah telurnya dikeluarkan di luar perut induknya, berkembang dan menetas.

2. vivipar
Viviparous adalah reproduksi melalui kelahiran, dan setelah pembuahan janin tumbuh dan berkembang di dalam rahim. Di dalam kandungan, janin menerima nutrisi dari makanan yang dicerna ibu melalui plasenta.

Ciri-ciri hewan viviparatau dilahirkan
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kelompok hewan mana yang bereproduksi dalam embrio, Anda dapat menemukan ciri-ciri berikut.

  • memiliki kelenjar susu.
  • Dia punya telinga.
  • Tubuhnya ditutupi bulu dan rambut.
  • Mamalia menyusui atau menyusui pada umumnya.
  • Janin tumbuh di tubuh ibu sebelum lahir.

3. Ovovivipar
Dalam kasus telur setelah pembuahan, embrio yang dihasilkan tumbuh dan berkembang di dalam telur. Sepintas terlihat seperti oval. Namun pada saat melahirkan, telur tersebut tidak dikeluarkan dari tubuh induknya, melainkan tetap berada di dalam tubuh induknya hingga menetas.

Jenis/Cara Perkembangbiakan Vegetatif

Perkembangbiakan atau perkembangbiakan hewan berikut ini adalah secara vegetatif atau aseksual. Reproduksi ini berlangsung tanpa kawin. Umumnya, reproduksi aseksual terjadi pada hewan tingkat rendah. Hewan bermasalah memiliki struktur tubuh yang tidak sempurna. Ada tiga jenis perbanyakan vegetatif, yaitu tunas, fragmentasi dan pembelahan.

1. Tunas
Tunas muncul di tubuh hewan induk. Ketika mereka cukup dewasa, keturunannya terpisah dari tubuh induknya dan membentuk individu baru. Contoh hewan yang berkembang biak dengan bertunas adalah spons dan hydra yang membusuk.

BACA JUGA:  plastik botol kertas dan kardus merupakan contoh limbah jenis

2. Fragmentasi
Fragmentasi adalah metode di mana hewan berkembang biak dengan memotong atau memisahkan bagian tubuhnya. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara ini adalah beberapa planaria dan cacing.

3. Membelah diri

Reproduksi dengan pembagian adalah dengan membagi tubuh menjadi dua bagian yang sama. Contohnya adalah amoeba, yang sangat kecil sehingga hanya bisa dilihat dengan mikroskop.

Kesimpulan dari pertanyaan bekantan berkembang biak dengan cara apa? Jadi Bekantan berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar) dan habitatnya adalah hutan tropis Kalimantan.

`