program kerja kkn manajemen sdm

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “program kerja kkn manajemen sdm” mari kita lanjutkan
Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.
tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.
setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.
Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “program kerja kkn manajemen sdm”

1. Program Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan
Tentunya semua program kerja yang disusun mahasiswa disesuaikan dengan kondisi tempat pengabdian masyarakat dilaksanakan. Meliputi program kerja manajemen sumber daya manusia di bidang pendidikan.

Setelah melakukan observasi, mahasiswa dapat dengan yakin menentukan permasalahan yang dihadapi masyarakat tempat pengabdian masyarakat berlangsung. Pada saat itu, program kerja dapat direncanakan.

Misalnya, bidang pendidikan merupakan bagian integral dari program pengabdian masyarakat. Dalam operasional SDM, siswa dapat merancang pelatihan pengembangan media pembelajaran untuk guru.

Siswa juga dapat berpartisipasi dalam kelas. Siswa dapat membuat RPP yang menyenangkan dengan menggunakan berbagai media dan alat pembelajaran. Melalui kesempatan ini, siswa dapat menawarkan pengalaman belajar yang berbeda kepada siswa mereka.

2. Program Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Kesehatan
Program kerja dinas kesehatan dapat dirancang sebagai respon terhadap permasalahan kesehatan yang terjadi di lokasi pelayanan masyarakat. Misalnya, masyarakat di kelompok masyarakat sasaran sering mengalami kasus demam berdarah.

Isu ini dapat dijadikan sebagai program kerja untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Penyuluhan yang diberikan dapat berupa ajakan pencegahan dengan gerakan 3M: Menguras air bak mandi dan bak mandi, menutup tempat penampungan air di rumah Anda, dan mengubur barang-barang bekas.

BACA JUGA:  berikut ini macam macam simpul pada makrame kecuali simpul

Selain Penyuluhan 3M untuk Pencegahan DBD, masih banyak program kerja lain yang bisa dikembangkan. Misalnya, pelatihan pro car membuat jamu untuk lokasi pengabdian masyarakat yang kaya akan sumber daya alam tanaman jamu.

Program pendidikan kesehatan masyarakat juga dapat dikembangkan. Pendidikan yang dipilih dapat berupa pelatihan tentang cara memberikan pertolongan pertama kepada orang sakit atau cedera. Hal ini sangat memudahkan masyarakat, apalagi jika lokasi desa jauh dari Puskesmas.

3. Program pengelolaan sumber daya manusia pertanian dan peternakan
Di semua desa dengan pengabdian masyarakat, kebanyakan orang bekerja sebagai petani atau peternak. Status komunitas ini tersedia sebagai salah satu program pengabdian masyarakat kami.

Mahasiswa pertanian dan peternakan dapat menggunakan kesempatan ini untuk menularkan ide dan ilmu yang telah mereka pelajari. Siswa dapat memberikan komunitas mereka berbagai pelatihan yang berkaitan dengan pertanian dan peternakan.

Bersama-sama, mahasiswa dapat mengajarkan kepada masyarakat metode dan teknik terbaru yang berkaitan dengan pertanian dan peternakan. Diharapkan dengan cara ini dapat membantu meringankan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

4. Program Manajemen Sumber Daya Manusia Ekonomi
Setelah bertani dan beternak, masyarakat tentunya berharap hasil jerih payahnya dapat menghasilkan sumber keuangan bagi keluarganya. Melalui pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa dapat memberikan tips-tips yang dapat dilakukan masyarakat untuk meningkatkan penjualan.

Apalagi di era industri sekarang ini dimana semuanya serba digital. Siswa dapat memberikan pelatihan tentang penjualan digital. Selain itu, siswa dapat menjadi pihak kedua yang menghubungkan komunitas dengan pembeli. Hal ini diharapkan mampu menghidupkan kembali perekonomian daerah.

5. Program Manajemen Sumber Daya Manusia Pariwisata
Semua lokasi KKN umumnya memiliki sumber daya alam yang berpotensi sebagai tempat wisata. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa dapat mengembangkan program kerja di bidang pariwisata.

BACA JUGA:  proker kkn ilmu komunikasi

Sebagai contoh, mahasiswa dapat bekerja dengan masyarakat untuk mengembangkan situs ekowisata di tempat pengabdian masyarakat. Memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Oleh karena itu, kegiatan ini juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Demikian penjelasan mengenai pertanyaan “program kerja kkn manajemen sdm”.  semoga dapat membantu.