Simak Penjelasan Hukum Bacaan Mim Sukun yang Bertemu dengan Huruf Hijaiyah

Simak Penjelasan Hukum Bacaan Mim Sukun yang Bertemu dengan Huruf Hijaiyah

RumahTeknologi.com – Hukum membaca Al-Qur’an memang harus selalu diperhatikan, itulah pentingnya mempelajari ilmu tajwid, karena tentunya dalam semua Bahasa mempunyai cara pengucapannya sendiri bukan? Begitu pula untuk Bahasa yang terdapat di Al-Qur’an. Kali ini kita akan belajar salah satu ilmu tajwid, yaitu hukumnya dari mim sukun.

Mim mati adalah huruf mim yang tidak memiliki tanda baris atau harakat (مْ). Mim mati terjadi apabila bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah. Dalam ilmu tajwid, hukum mim mati terbagi menjadi 3 yaitu: izhar syafawi, ikhfa’ syafawi, dan idgham mutammasilain.

Ikhfa’ Syafawi

Sebelumnya, apa itu ikhfa’? Arti Ikhfa tidak jelas, menyembunyikan suara Nun atau mim sukun atau Tanwin, (berdengung, bersenandung).

Ikhfa’ syafawi adalah Saat mim sukun bertemu ba'(ب). maka cara membacanya harus dibunyikan samar-samar di bibir dan dibaca berdengung.

Contoh bacaan ikhfa’ syafawi:

لَكُمْ بَهِيْمَةُ

وَاٰمَنْتُمْ بِرُسُلِيْ

يُعَذِّبُكُمْ بِذُنُوْبِكُمْ

فَإِذَا هُم بِٱلسَّاهِرَةِ

وَمَا صَاحِبُكُم بِمَجْنُونٍ

Idgham Mitsly

Idgham terbagi menjadi dua: Idgham BilaGhunnah (tidak berdengung) dan Idgham BiGhunnah (berdengung) Idgham berarti meleburnya bunyi nun sukun menjadi bunyi huruf sesudahnya.

Sedangkan untuk idgham mitsly adalah jika mim sukun (م) bertemu dengan mim (م), cara membacanya harus tasydid dan harus dibaca dengan berdengung. Idgham mitsly disebut juga idgham mislain atau mutamatsilain.

Contoh bacaan idgham mitsly

لَهُمْ مَايَتَقُوْنَ

هُمْ مَااِنْفَقُوْا

لَكُمْ مَا سَاَلْتُمْ

كُنْتُمْ مُسْلِمِيْنَ

Izhar Syafawi

Izhar artinya adalah jelas, maksudnya dengan jelas adalah suara jernih Nun sukun atau mim sukun atau Tanwin. maka cara membaca dengan jelas pada bibir dan mulut tertutup.

Izhar syafawi adalah kebalikan dari ikhfa’ syafawi. Dimana jika ikhfa’ syafawi adalah hukum mim sukun bertemu dengan huruf ba'(ب), maka izhar syafawi adalah hukum dimana mim sukun (م) bertemu dengan huruf hijaiyah selain mim (م) dan ba'(ب).

BACA JUGA:  Pengertian dari kata cememew adalah

Contoh bacaan izhar syafawi:

هُمْ نَائِمُوْنَ

قُلْ نَعَمْ وَاَنْتُمْ

 اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ