Simak Contoh Kegiatan yang Cocok Diterapkan di Lokasi KKN

Simak Contoh Kegiatan yang Cocok Diterapkan di Lokasi KKN

Rumahteknologi.com – Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan program wajib bagi mahasiswa semester 6 atau 7. KKN ini dilakukan sebelum memasuki tahap akhir skripsi. Sebagai bagian dari program pemberdayaan, KKN merupakan kegiatan yang langsung mengimplementasikan ilmu di lapangan. Berikut Contoh kegiatan KKN yang cocok diterapkan di lokasi KKN.

Untuk itu, diperlukan referensi kegiatan yang bisa diterapkan agar kegiatan KKN menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Kegiatan KKN mahasiswa dapat dilakukan tergantung mata kuliah yang diambil. Misalnya, mahasiswa jurusan pendidikan melaksanakan KKN-PPL terpadu dan mahasiswa non-pendidikan memiliki KKN-PPL yang berbeda.

Berikut ini adalah contoh kegiatan KKN yang mungkin dapat diterapkan di lokasi KKN yang akan datang.

Edukasi anak-anak

Kegiatan ini dapat dilakukan oleh jurusan pendidikan yang ingin mengajar atau mendidik anak-anak kurang mampu di lokasi KKN. Program pendidikan seperti Al-Qur’an, belajar membaca, mendongeng dan ide-ide pendidikan menarik lainnya dapat menjadi kegiatan positif untuk dipilih.

Pelatihan masyarakat

Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan. Misalnya, pelatihan pengolahan barang bekas, budidaya ikan air tawar bisa menjadi ide yang menarik.

Sosialisasi kesehatan

Kesehatan akan selalu menjadi topik yang menarik bagi semua kelompok masyarakat. Kegiatan kemahasiswaan yang dapat dipraktikkan di lapangan dapat berhubungan dengan sosialisasi atau pendidikan kesehatan yang bermanfaat.

Pelatihan bahasa asing untu remaja

Jika ada seseorang yang mengambil jurusan sastra asing atau sastra Inggris di klub, pelatihan bahasa asing untuk klub pemuda dimungkinkan.

BACA JUGA:  menurutmu bagaimana cara membuat patung tersebut

Lomba prestasi dan kreasi anak

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan prestasi dan kreasi anak-anak di lokasi KKN. Lomba yang dapat diuat misalnya lomba mewarnai, bercerita, membuat karya,  dan lain-lain.

Sosialisasi gadget

Sosialisasi gawai dan IT ini dapat menajdi alternative kegiatan untuk lokasi KKN yang sudah terjangkau internet, misalnya.

Pelatihan Kriya

KKN merupakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di daerah setingat desa yang berupaya untuk memberikan pelatihan dan pendidikan lebih baik. Lewat kegiatan pelatihan kriya ini, mahasiswa dapat mengajak masyarakat untuk lebih kreatif dan mampu meningkatkan perekonomian daerah melalui hasil karya yang bernilai ekonomis.

Bakti Sosial

Bakti Sosial menjadi agenda wajib untuk membantu sesama atau orang-orang yang lebih membutuhkan di lokasi KKN tersebut.

Program Penghijauan

Kegiatan lain yang dapat dilaukan mahasiswa KKN untuk melestarikan lingkungan adalah program penghijauan atau pembagian bibit tanaman untuk lokasi KKN

Penyuluhan bersih lingkungan

Program ini dapat dilakukan mahasiswa agar masyarakat setempat lebih memahami mengenai pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih.

Itulah beberapa contoh kegiatan KKN yang dapat kamu aplikasikan di lokasi KKN dengan melihat kondisi dan situasi yang ada di sana. Buat rencana kegaitan yang sesuai dengan kondisi desa dan sesuai dengan disiplin ilmu yang telah dipelajari di kampus.

`