apa fungsi pancasila bagi bangsa indonesia
apa fungsi pancasila bagi bangsa indonesia

apa fungsi pancasila bagi bangsa indonesia

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “apa fungsi pancasila bagi bangsa indonesia”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “apa fungsi pancasila bagi bangsa indonesia”

Ideologi dan nilai-nilai pancasila merupakan pedoman dan landasan bagi penyelenggaraan dan penghidupan bangsa dan kehidupan bangsa. Fungsi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dapat dijabarkan lebih lanjut dari berbagai aspek kehidupan bangsa Indonesia. semua?
Fungsi pancasila dalam kehidupan berbangsa adalah perannya dalam dasar negara, ideologi bangsa, pandangan hidup, jiwa bangsa, kepribadian nasional, konsensus luhur, sumber hukum , cita-cita dan tujuan bangsa, falsafah hidup. Bahasa Indonesia.

Fungsi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1. Pancasila sebagai visi hidup bangsa Indonesia
Nilai-nilai pancasila memandu kehidupan bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan lahir dan batin masyarakat yang majemuk. Pancasila juga mengatur cara pandang kebangsaan Indonesia sebagai pedoman hidup sehari-hari.

2. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia
Pancasila sebagai jiwa bangsa lahir bersamaan dengan lahirnya bangsa Indonesia. Meski baru disahkan pada masa kemerdekaan, nilai-nilai Pancasila dan butir-butir Pancasila sudah tertanam dalam diri masyarakat sebelum kemerdekaan menjadi cerminan jiwa bangsa.

3. Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia
Pancasila memberikan karakter dan corak bangsa Indonesia dari negara lain. Baik dari sikap spiritual maupun perilaku yang baik, mereka mewujudkan nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu Pancasila juga berfungsi sebagai identitas nasional yang perlu ditanamkan sebagai kepribadian pada setiap individu warga negara Indonesia.

4. Pancasila sebagai Akord Sublim
Para pendiri bangsa menetapkan Pancasila sebagai dasar negara yang harus dipertahankan. Pancasila merupakan warisan intelektual bangsa sekaligus kesepakatan luhur yang harus dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia.

BACA JUGA:  siapa sajakah tokoh yang mengusulkan calon rumusan dasar negara indonesia

5. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber Dharma
Peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia harus sesuai dengan Pancasila. Oleh karena itu, hukum yang berlaku tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Setiap sila pancasila menjadi nilai fundamental, sedangkan hukum berada pada nilai instrumental atau penjabaran dari sila pancasila.

6. Pancasila sebagai Cita-cita dan Tujuan Bangsa Indonesia
Pancasila sebagai cita-cita negara Indonesia ditandai dengan masuknya muatan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945. adalah tujuan dari

7. Pancasila sebagai Falsafah Hidup Etnis Indonesia
Pancasila diyakini mencerminkan falsafah Lima Sila yang dianut oleh masyarakat Indonesia sehingga cocok untuk diterapkan sebagai ideologi nasional. Muatan Pancasila mewujudkan nilai-nilai falsafah kebangsaan dan individualitas menurut norma-norma bangsa Indonesia, yang diyakini paling adil, adil, bijaksana dan tepat untuk mempersatukan rakyat Indonesia.

8. Pancasila sebagai dasar negara
Ideologi dan nilai-nilai pancasila merupakan pedoman dan landasan bagi penyelenggaraan dan penghidupan bangsa dan kehidupan bangsa. Sebagai dasar negara, Pancasila merupakan sumber norma hukum yang mengatur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan meliputi komponen-komponennya: pemerintah, wilayah, dan rakyat.

9. Pancasila sebagai Ideologi Nasional Indonesia

Pancasila adalah visi atau arah untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Yaitu, terwujudnya kehidupan yang menjunjung tinggi ketuhanan, nilai-nilai kemanusiaan, rasa persatuan, demokrasi dan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan. Ideologi pancasila diartikan sebagai ideologi nasional.

Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia dan memiliki beberapa fungsi. Salah satunya adalah visi kehidupan bangsa. Apa maksudmu?

Dalam buku Ronto Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara, berfungsinya Pancasila sebagai pedoman hidup atau way of life nasional berarti bahwa segala aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila Pancasila. cara .

Mulai dari hal-hal yang rukun dan sederhana di lingkungan rumah, di sekitar rumah dan di sekolah, hingga lingkup yang lebih luas seperti antar suku, antar pulau dan antar negara.

Pancasila sendiri lahir dari nilai-nilai yang sudah ada di Indonesia, sehingga setiap kegiatan harus disesuaikan. Nilai-nilai yang dimaksud adalah nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, kerakyatan, dan keadilan sosial.

BACA JUGA:  keadaan alam malaysia

Makna Pancasila sebagai Visi Kehidupan Berbangsa

Dikutip dari situs resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), fungsi Pancasila sebagai pedoman hidup berarti:

1) Percaya pada Keunikan atau Hanya Tuhan
Dalam pelajaran pertama ini, fungsi Pancasila memberikan pemahaman kepada kita bahwa sebagai warga negara Indonesia kita patut beriman dan bertakwa kepada Tuhan menurut agama dan kepercayaan kita masing-masing. Fungsi ini memberikan pengertian bahwa seluruh warga negara Indonesia harus saling menghormati antar umat beragama agar tercipta kehidupan yang rukun dan damai.

2) Kemanusiaan yang adil dan beradab
Fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup terkandung dalam sila kedua yang memberikan makna bahwa sebagai warga negara kita harus memahami bahwa semua manusia memiliki derajat yang sama dan saling berempati. Itu dapat dicapai dengan melindungi dan membantu orang lain, membela kebenaran dan keadilan, dan bekerja sama untuk perdamaian nasional.

3) Satuan Indonesia
Sebagai bangsa yang beraneka ragam pulau, suku dan budaya, fungsi pancasila adalah sila ketiga, memberikan pandangan hidup yang mengutamakan persatuan, kesatuan bangsa dan keuntungan di atas perseorangan. Seluruh warga negara Indonesia harus memiliki karakter rela berkorban demi kepentingan bangsa Indonesia, mencintai bangsa Indonesia dan tanah airnya, serta bangga terhadap negara ini.

4) Kebijaksanaan dan Demokrasi yang Dipimpin Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
Pokok bahasan sila ke-4 menegaskan bahwa fungsi pancasila sebagai pedoman hidup mendorong setiap warga negara untuk tidak memaksakan kehendaknya kepada orang lain dan mengutamakan kepentingan nasional. Pendapat dan perspektif berbeda, tetapi pelajaran keempat menekankan pentingnya musyawarah dan diskusi.

5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Fungsi Pancasila sebagai pedoman hidup bernegara tercermin dalam sila ini, yang dimaksudkan untuk mengembangkan akhlak mulia secara kekeluargaan dan gotong royong. Tidak hanya itu, seluruh warga negara harus memahami hak dan kewajibannya agar dapat selalu bersikap adil dan menghormati hak-hak sesama warga negara Indonesia lainnya.

Makna Pancasila

BACA JUGA:  mengapa wayang ditetapkan sebagai mahakarya dunia

1. Pancasila sebagai Dasar Negara Fungsi Pancasila sebagai dasar negara adalah:

・Sebagai norma dasar (basic) bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Pancasila menempati urutan pertama dalam tatanan hukum Indonesia. Pancasila merupakan cita hukum (staatside) baik dalam hukum tertulis (UUD) maupun hukum tidak tertulis (konvensi). – Menjadi sumber dari segala sumber hukum di Indonesia. Segala peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia tidak boleh bertentangan dengan Pancasila. – Sebagai pedoman utama penyelenggaraan sistem pemerintahan nasional Indonesia, menentukan arah pembangunan, dan menyelesaikan masalah-masalah seperti politik, ekonomi, ideologi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan. – Itu adalah jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia. Artinya nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila hanyalah nilai-nilai luhur yang digali dari kehidupan asli bangsa Indonesia dan tidak dianut oleh negara lain. – Merangkul seluruh elemen masyarakat dan budaya secara Pancasila dan sosial budaya, tidak pernah bertentangan secara moral dengan nilai-nilai agama yang dianut di Indonesia.

2. Pancasila sebagai ideologi nasional

Pancasila sebagai ideologi nasional mengandung nilai-nilai luhur yang disarikan dari nilai-nilai adat, agama, dan budaya asli bangsa Indonesia. Materi yang melahirkan nilai-nilai Pancasila tidak lain adalah pandangan hidup bangsa Indonesia. Sebagai ideologi nasional, Pancasila bekerja sebagai berikut. – Memperkuat persatuan dan keunikan multinasional Indonesia. – Menjadi pedoman utama bagi bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita bangsa dan negara dengan menggerakkan dan memimpin seluruh elemen bangsa untuk mewujudkan pembangunan. – Memelihara dan mengembangkan jati diri bangsa sekaligus mendorong pembentukan karakter bangsa Indonesia. -Menjadi standar nilai ketika mengkritik negara dan negara bagian.

3. Pancasila sebagai visi hidup

Pancasila sebagai visi hidup bangsa mengandung arti bahwa Pancasila merupakan pedoman hidup masyarakat. Semua tindakan dan tindakan seluruh rakyat Indonesia harus mencerminkan semua sila pancasila. Sebagai gaya hidup, Pancasila bekerja seperti ini: – Menguatkan, memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan. – Pimpin dan pimpin negara menuju tujuannya. – Menyoroti realitas yang ada dan mengkritisi upaya mewujudkan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila.***

 

`