Berikut Contoh Field Note KKN yang Benar dan Wajib Diketahui Mahasiswa

Berikut Contoh Field Note KKN yang Benar dan Wajib Diketahui Mahasiswa

RumahTeknologi.com – Program pengabdian masyarakat di masing-masing kampus bertujuan agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmunya di masyarakat. Selama masa KKN, mahasiswa juga diminta untuk mencatat di lapangan. Pada pembahasan artikel ini akan dijelaskan contoh Field Note KKN yang dikoreksi sesuai dengan pedoman.

Apa Itu Field Note

Sebelum beralih ke contoh catatan lapangan KKN, Anda harus tahu dulu apa itu catatan lapangan. Secara sederhana, catatan lapangan dapat diartikan sebagai catatan kegiatan lapangan selama masa KKN. Setiap mahasiswa wajib melakukan hal ini agar mengetahui perkembangan kegiatannya saat terjun ke masyarakat.

Membuat catatan lapangan ini sesuai dengan apa yang dilakukan setiap siswa setiap hari. Misalnya, mahasiswa menjalani pengabdian masyarakat, akting, dan lainnya, sehingga mereka harus menulis kegiatan tersebut. Oleh karena itu, setiap siswa harus aktif mengikuti kegiatan di setiap desa agar dapat memperoleh banyak catatan kegiatan di lapangan.

Di sisi lain, jika siswa tidak aktif atau hanya tidur di kursi KKN, ia tidak akan menerima banyak catatan kegiatan. Tentu hal ini akan mempengaruhi kinerja teman sekelompok. Hal ini dikarenakan mahasiswa yang banyak berbaring dan tidak banyak berinteraksi dengan masyarakat akan kesulitan menyelesaikan setiap jadwal kerja.

 

Terkadang Anda para siswa harus mencari peluang ketika suasana hati Anda adalah untuk melakukan hal yang tidak terduga. Salah satunya adalah mulai mengerjakan tugas akhir Anda. Skripsi akan selesai lebih cepat, banyak persiapan untuk pekerjaan itu. Banyak teman dan rekan baru saat melakukan KKN di masyarakat. Tentu saja, dia membuka banyak pidato dan ide-ide baru. Tulis ide untuk bahan referensi awal kepada dosen pembimbing, bisa juga menjadi panduan bagi pembimbing akademik, tanyakan apakah ide anda bagus untuk dijadikan topik skripsi anda. Terdapat kendala dalam konsultasi dengan jasa konsultasi pengolahan data untuk aplikasi Eviews Amos Stata Lisrel SPSS Python RSstudio SmartPLS Minitab MatLab Mplus, metode SEM CFO CFS CFA dalam analisis data. Atau jika membutuhkan data berupa peta digital Arcgis Qgis.

Contoh Pembuatan Field Note KKN

Setelah membaca catatan lapangan, pembahasan selanjutnya adalah contoh catatan lapangan KKN yang baik dan benar. Contoh catatan lapangan pengabdian masyarakat yang disertakan sesuai dengan pengalaman observasi selama masa KKN. Untuk itu langsung saja kita simak contoh pembuatan field note bersama-sama.

BACA JUGA:  kkn di desa terpencil

  CONTOH FIELD NOTE KKN DALAM BENTUK TABEL

No Hari dan Tanggal Tempat Tokoh Catatan/Materi Refleksi Pertanyaan Lanjutan
1 Rabu, 12 Juli 2017 Sumber Air Warga Dusun Turi Membersihkan sumber air gotong royong membersihkan sumber air bersama masyarakat sekitar siapakah yang menjadi penggerak di depan ?
Masjid Warga jama’ah dusun Turi Jama’ah menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan bagaimana cara untuk mengistiqomahkan ?
2 Sabtu, 15 Juli 2017 Masjid Bpk. Muslan Koordinasi turut mengajar di TPQ berdedikasi untuk mencerdaskan santriwan santriwati di dusun Turi dan Nglorog apa output dan outcome dari pembinaan santriwan dan santriwati ?
3 Minggu, 16 Juli 2017 Posko anggota kelompok 1 Membersihkan MCK posko menanamkan nilai-nilai estetika untuk kebaikan posko mengapa kita perlu berestetika ?
Masjid Warga jama’ah dusun Turi Jama’ah menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan bagaimana cara untuk mengistiqomahkan ?
4 Senin, 17 Juli 2017 SDN 2 Tenggarejo Bpk. Sumarsup Koordinasi turut mengajar di SDN 2 Tenggarejo berdedikasi untuk mencerdaskan siswa siswi di dusun Turi dan Nglorog apa output dan outcome dari pembinaan siswa dan siswi ?
5 Selasa, 18 Juli 2017 Posko anggota kelompok 1 bimbingan belajar meningkatkan kemampuan anak-anak dusun Turi dan Nglorog bagaimana tata cara meningkatkan belajar anak secara baik ?
6 Rabu, 19 Juli 2017 Balaidesa perangkat desa dan tokoh masyarakat Diskusi persiapan kegiatan PHBN berpartisipasi penuh untuk mensukseskan acara PHBN Mengapa kita perlu berpartisipasi di dalam diskusi PHBN ?
7 Kamis, 20 Juli 2017 Lapangan voly Karang taruna Kerja bakti membersihkan lapangan voly Gotong royong dengan masyarakat sekitar siapakah yang menjadi penggerak di depan ?
8 Jum’at, 21 Juli 2017 Masjid NU Bpk. Lamingan Bimbingan kesenian rebana menyiapkan berbagai agenda kesenian rebana yang akan ditampilkan Mengapa perlu adanya bimbingan kesenian rebana ?
9 Sabtu, 22 Juli 2017 SDN 2 Tegalrejo Ibu Tutut Melatih LBB di SDN 2 Tenggarejo Membina dan mendidik murid-murid agar mendapatkan juara Mengapa pembinaan terhadap dunia pendidikan penting ?
10 Minggu, 23 Juli 2017 Posko anggota kelompok 1 Membuat pupuk kompos Produksi pupuk sendiri siapakah yang menjadi penggerak di depan ?
11 Senin, 24 Juli 2017 SDN 2 Tegalrejo Para guru dan murid Halal bihalal Memperkokoh ukhuwah islamiyah terhadap sesama muslim Mengapa ukhuwah islamiyah sangat penting untuk mempersatukan umat ?
12 Sabtu, 5 Agustus 2017 SDN 2 Tegalrejo Anggota BOW dan peserta KKN Hari membaca acara BOW (Books On Will) Meningkatkan keefektifan pembelajaran anak Bagaimana cara mengefektifkan acara BOW dengan baik ?
13 Minggu, 6 Agustus 2017 Goa Tenggara Karang taruna Membersihkan Goa Tenggar gotong royong membersihkan Goa Tenggar bersama masyarakat sekitar siapakah yang menjadi penggerak di depan ?
14 Selasa, 15 Agustus 2017 Balaidesa Ibu-ibu PKK Pembuatan nugget ketela Memberikan latihan bagi ibu-ibu PKK untuk membuat olahan inovasi dari ketela Bagaimana cara mengelola ketela menjadi jenis pangan lain yang bernilai jual tinggi ?
15 Rabu, 16 Agustus 2017 Balaidesa Masyarakat Desa Tenggarejo dan semua anggota KKN Tirakatan Meningkatkan ukhuwah islamiyah dan memperkokoh iman dan takwa Bagaimana cara untuk memperkokoh iman dan takwa ?
BACA JUGA:  contoh program kerja kkn bidang pendidikan

 

Tujuan Pembuatan Field Note KKN

Setiap mahasiswa entah itu dari kampus negeri maupun swasta pastinya akan merasakan kehidupan masyarakat desa terpencil melalui program KKN. Banyak sekali tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh para mahasiswa saat berada di lapangan. Salah satunya adalah membuat field note atau catatan kegiatan. Lantas apa tujuan dari pembuatan field note tersebut? Berikut ulasannya:

1. Mengingat Kegiatan

Salah satu tujuan membuat field note bagi mahasiswa adalah untuk mengingat apa saja kegiatan yang telah dilakukan. Pencatatan kegiatan tersebut dilakukan saat pagi hari dan menjelang petang. Oleh karena itu bagi mahasiswa yang kurang beraktivitas tidak akan bisa membuat field note.

2. Kenangan

Tujuan dari pembuatan field note adalah sebagai media untuk mengenang setiap kegiatan yang dilakukan baik itu individu maupun berkelompok. Kegiatan tersebut bisa berupa membantu masyarakat, melakukan bimbingan belajar dan semacamnya. Tentunya kegiatan yang ditulis sesuai dengan apa yang dilakukan sehingga akan lebih berkesan.

3. Syarat Lulus KKN

Pihak kampus bisanya memberlakukan pembuatan field note bagi setiap mahasiswa KKN karena sebagai syarat lulus KKN. Bagi ketua kelompok harus selalu mengingatkan kepada anggotanya untuk menulis setiap kegiatan yang telah dilakukan. Menulis kegiatan bisa menggunakan buku maupun langsung ditulis di komputer.

4. Supaya Mau Beraktivitas

Menjalani kehidupan KKN memang menjadikan mahasiswa leluasa melakukan setiap aktivitas. Tentu saja aktivitas yang dimaksud adalah berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan dibuatkannya field note, maka akan terlihat mana saja anggota yang aktif dan tidak. Dengan begitu pemberian nilai bisa disesuaikan melalui catatan field note masing-masing mahasiswa.

Manfaat Pembuatan Field Note KKN

Pembuatan field note kkn ini memang diwajibkan bagi setiap mahasiswa yang mengikuti program KKN atau kuliah kerja nyata. Bagi ketua kelompok harus bisa mengingatkan atau mengkoordinir para anggotanya untuk membuat catatan kegiatan lapangan. Lantas apa manfaat  dari pembuatan field note itu? simak penjelasan berikut:

1. Melatih Disiplin

Mahasiswa yang menjalani masa KKN memang ditugaskan untuk mengabdi di masyarakat. Layanan kemahasiswaan ini beragam, seperti membantu membersihkan lingkungan, mengajari anak-anak mengaji dan kegiatan lainnya. Tentunya keberadaan mahasiswa KKN ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa.

Setiap kegiatan kemahasiswaan masyarakat merupakan sarana pembinaan kedisiplinan selama berada di lingkungan desa. Yang dimaksud dengan disiplin di sini adalah selalu ada ketika orang membutuhkannya. Untuk itu, mencatat kegiatan di lapangan sangat berguna untuk melatih kedisiplinan mahasiswa dalam menjalankan program kerjanya masing-masing.

BACA JUGA:  Pasti Sukses, Simak 5 Program Kerja KKN di Kelurahan untuk Semua Jurusan

 

2. Melatih Tanggung Jawab

Manfaat selanjutnya yang Anda dapatkan saat mencatat di lapangan untuk KKN adalah dapat melatih sifat akuntabilitas di dalam. Karena kebiasaan yang dikembangkan selama KKN akan menjadikan seorang mahasiswa lebih dewasa setelah mengabdi di lingkungan masing-masing. Tentu saja catatan lapangan yang telah ditulis menjadi pedoman.

Sifat tanggung jawab ini dapat diartikan sebagai sikap yang membawa segala sesuatu membuahkan hasil. Di masyarakat sendiri banyak permasalahan yang perlu diselesaikan, seperti kebutuhan akan imam yang melaksanakan salat, gerakan pemuda, dll. referensi yang akan dilakukan.

 

3. Melatih Menggunakan Waktu Dengan Baik

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di suatu desa jelas menuntut mahasiswa untuk menyusun suatu program kegiatan. Dari bangun tidur hingga tidur, semuanya harus dipikirkan dengan matang. Inilah manfaat dari catatan lapangan selama kegiatan pengabdian masyarakat yang berguna untuk membuat siswa menggunakan waktu mereka dengan baik.

Pemanfaatan waktu yang baik ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Contohnya membantu bakti sosial, membersihkan masjid dan lain sebagainya. Ketika kegiatan yang telah dikonseptualisasikan dilakukan dengan cara yang koheren, mereka akan dimasukkan ke dalam siswa untuk menerapkannya dalam pengaturan komunitas apa pun.

 

4. Rutinitas Menjadi Teratur

Kebiasaan seorang siswa dalam melakukan kegiatan selama KKN akan membuatnya lebih mampu mengatur rutinitas sehari-harinya sendiri. Rutinitas yang dilakukan mahasiswa KKN biasanya mengajar anak-anak, mengikuti jama’ah dan sejenisnya. Tentunya kegiatan seperti ini akan dicatat secara akurat dalam buku catatan berupa catatan lapangan untuk dijadikan acuan dalam kegiatan sehari-hari.

Membiasakan hidup bermasyarakat dari KKN akan berdampak positif bagi mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang aktif berinteraksi dari pagi hingga malam. Interaksi ini merupakan bentuk keakraban dengan masyarakat agar mahasiswa dapat diterima masuk ke dalam program kerjanya masing-masing.

 

5. Kehidupan Lebih Baik

Setelah menjalankan program KKN dari kampus, tentunya mahasiswa akan kembali ke daerahnya masing-masing. Kembalinya mahasiswa ini akan memberikan kesan terbaik untuk diceritakan kepada teman, keluarga dan masyarakat luas. Hal ini akan memberikan informasi tentang kehidupan di desa yang mungkin belum banyak orang ketahui.

Selama masa KKN, tentunya mahasiswa banyak belajar dari masyarakat desa. Baik itu disiplin, sopan santun, saling menghormati dan sebagainya. Melalui pembelajaran ini, diharapkan catatan kegiatan atau field note juga dapat diterapkan di lingkungan rumah mereka. Dengan begitu siswa tidak akan merasa kaku atau gugup saat berhadapan dengan masyarakat di lingkungan rumahnya.