Pengertian, Sasaran, Tujuan dan Manfaat dari KKN beserta Penjelasannya

Pengertian, Sasaran, Tujuan dan Manfaat dari KKN beserta Penjelasannya

RumahTeknologi.com – Apa itu KKN? Pengertian, Tujuan, Jenis dan Waktu – Anda mungkin sudah sering mendengar kata KKN. Apakah Anda tahu apa artinya itu? Berbicara tentang KKN berarti dua hal. Ada KKN yang merupakan singkatan dari Korupsi, Konspirasi dan Salep. Ada juga KKN yang berarti kuliah kerja praktek.

Nah, pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang korupsi, kolusi dan nepotisme. Sebagai gantinya, kami membahas kuliah kerja nyata.

Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan yang erat kaitannya dengan praktik mahasiswa. Menjelang akhir semester, mahasiswa melakukan KKN. Jadi di sana Anda akan belajar, melayani, mengajar dan berbaur dengan masyarakat. Biasanya, lokasi KKN berada di daerah terpencil.

Oleh karena itu, KKN bukanlah mata kuliah yang sebenarnya, melainkan suatu bentuk terpadu dari pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tentunya kami mengirimkan mahasiswa karena dinilai memiliki pendekatan interdisipliner dan wawasan yang luas. Berikut tiga hal penting yang perlu diketahui tentang dunia KKN, yang pasti berbeda dengan KKN di Kampung Penari.

Pengertian KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Pengertian KKN dapat diartikan sebagai proses kerja yang sebenarnya. Semua mahasiswa yang mendekati akhir semester wajib mengikuti kegiatan KKN. KKN khusus untuk mahasiswa S1. KKN harus diikuti sebagai syarat kelulusan.

Tahukah Anda bahwa kuliah pengangguran ini merupakan sarana untuk mengamalkan Tiga Hukum Perguruan Tinggi? Tentunya mahasiswa peserta juga akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru melalui program KKN. Bagi perguruan tinggi, mereka melakukan KKN untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang studi yang mereka ambil.

BACA JUGA:  Berikut Contoh Proker KKN Manajemen SDM di Berbagai Bidang

Banyak mahasiswa pascasarjana yang lulus dengan nilai bagus akan menjadi kompeten. Sayangnya, mendapatkan nilai dan gelar terbaik di kampus tidak menjamin kesadaran lingkungan atau keterampilan komunikasi.

Kuliah kerja yang sebenarnya tentu sudah tidak asing lagi di telinga mahasiswa. Secara umum, KKN merupakan salah satu syarat kelulusan mahasiswa. Namun, esensi KKN bukan sekadar persyaratan kelulusan.

Sasaran Program KK

Sebenrnya, KKN ini bukan hanya untuk mahasiswa saja. Namun, program tersebut menyasar tiga elemen kemasyarakatan yang menjadi sasaran. Yang pertama adalah mahasiswa, masyarakat (mitra dan pemerintah), dan universitas.

Mahasiswa

  1. Memperdalam pemahaman, apresiasi, dan pengalaman siswa tentang:
    a) Cara berpikir dan bekerja interdisipliner dan interdisipliner.
    b) Hasil pendidikan dan penelitian bermanfaat bagi pembangunan pada umumnya dan bagi pembangunan pedesaan pada khususnya.
    c) Konteks keseluruhan dari tantangan yang dihadapi masyarakat dalam proses pembangunan dan isu-isu pembangunan lokal.
  2. Mengembangkan cara berpikir yang menganalisis dan memecahkan masalah yang ada di masyarakat secara ilmiah dan praktis.
  3. Membentuk sikap dan perasaan cinta terhadap perkembangan sosial, kepedulian sosial, dan tanggung jawab siswa.
  4. Memberikan mahasiswa dengan keterampilan untuk melakukan program pengembangan dan pengembangan.
  5. Mendidik mahasiswa menjadi inovator, motivator, dan pemecah masalah.
  6. Sebagai eksekutif pengembangan, kami memberikan mahasiswa kami pengalaman dan keterampilan.

Dengan mengikuti kegiatan KKN, mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman hidup bermasyarakat dan mengembangkan serta menerapkan ilmu akademik.

Keberhasilan program kegiatan diukur dari sejauh mana mahasiswa memahami permasalahan yang ada di masyarakat, mencari alternatif solusi, bersosialisasi, berkomunikasi, dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan solusi yang dipilihnya.

Masyarakat (Mitra dan Pemerintah

  • Mendapatkan ide dan dukungan energi untuk perencanaan dan pelaksanaan 2. Pengembangan masyarakat.
  • Meningkatkan kemampuan Anda untuk berpikir, bertindak dan bertindak dalam pemecahan masalah.
  • Dapatkan reformasi yang diperlukan untuk memberdayakan otoritas lokal.
  • Pembentukan kader pemberdayaan masyarakat.
BACA JUGA:  Simak Persiapan dan Tips Sukses Menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Perguruan Tinggi

  • Perguruan Tinggi lebih terarah dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan, dengan adanya umpan balik sebagai hasil integrasi mahasiswa dengan masyarakat. Dengan demikian, kurikulum perguruan tinggi akan dapat disesuaikan dengan dinamika masyarakat.
  • Perguruan Tinggi dapat menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah atau lembaga lainnya dalam pengembangan IPTEKS.
  • Perguruan Tinggi dapat mengembangkan IPTEKS yang lebih bermanfaat dalam pengelolaan dan penyelesaian berbagai masalah di masyarakat.

Tujuan dan Manfaat KKN (Kuliah Kerja Nyata

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan KKN, Anda juga perlu mengetahui tujuan KKN. Sangat disayangkan jika Anda pergi ke lapangan dan bepergian ke sana-sini untuk mempersiapkan program, tetapi Anda tidak tahu tujuan sebenarnya. Secara sederhana, KKN adalah program pengabdian masyarakat mahasiswa yang bertujuan untuk:

  1. Mendapatkan pengalaman untuk bekal setelah lulus, sekaligus melibatkan diri secara langsung belajar interaksi sosial, merumuskan masalah, menjadi problem solving terhadap lokasi tempat KKN berada dsb.
  2. Berbagi ilmu berdasarkan kemampuan jurusan yang selama ini sudah dipelajari, tentu saja ini bentuk dari kaderisasi pembangunan dari kawula muda untuk Indonesia.
  3. Sebagai sarana untuk mentransformasikan ilmu diperguruan tinggi ke masyarakat di tempat mereka tinggali dan membantu masyarakat sekitar untuk memecahkan masalah secara komprehensif, lintas sektoral, pragmatis dsb.