Berikut Penjelasan Perbedaan Antara Tugas Akhir Mahasiswa Dengan Skripsi

3 Cara Membuat Kartu Pelajar SMK Melalui Aplikasi

Bagi para pelajar kartu pelajar mempunyai fungsi cukup penting. Maka dari itu setiap sekolah membuatkan kartu pelajar untuk setiap setiap peserta didik, misalnya saja di SMK. Biasanya untuk membuat kartu pelajar SMK biasa menggunakan aplikasi khusus.

3 Daftar Aplikasi Kartu Pelajar dan Cara Menggunakannya

Saat ini untuk membuat kartu pelajar mudah sekali, karena bisa memanfaatkan berbagai aplikasi. Bahkan, gunakan aplikasi tersebut tidak perlu lagi membuat desain, karena tersedia template. Nah, untuk mengetahui apa saja aplikasi tersebut berikut penjelasannya.

1.      Kartu Pelajar Desain Keren 3 Warna

Aplikasi yang pertama ini banyak sekali peminatnya Karena untuk menggunakannya terbilang mudah. Bahkan, aplikasi ini terkenal menyediakan berbagai desain keren. Sedangkan untuk menggunakan aplikasinya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama download aplikasinya.
  • Buka aplikasinya.
  • Pada halaman pertama pilih tombol profil.

kartu pelajar SMK

  • Langkah selanjutnya ganti nama sekolah dan kepala sekolah.
  • Setelah itu pilih menu edit data.
  • Jika sudah, edit data siswa dengan benar.
  • Pilih tombol edit foto untuk menambahkan foto.

kartu pelajar SMK

  • Setelah itu pilih change picture.

kartu pelajar SMK

  • Selanjutnya pilih tombol kembali.
  • Klik tombol edit stempel.

kartu pelajar

  • Ganti nama sekolah, kecamatan dan kabupaten.
  • Selanjutnya upload gambar dengan ukuran 3×4.
  • Langkah terakhir pilih tombol cetak kartu.

2.      Aplikasi Kartu Pelajar Lengkap dengan Barcode dan Stempel

Cara selanjutnya untuk membuat kartu pelajar bisa memanfaatkan aplikasi Kartu Pelajar Lengkap. Jadi, dengan menggunakan aplikasi ini bisa mencetak kartu belajar dalam waktu singkat. Sedangkan untuk menerapkan cara-caranya ikuti langkah-langkah berikut.

  • Langkah pertama download aplikasinya terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka aplikasi.
  • Pada menu pertama Pilih master data.
BACA JUGA:  contoh surat undangan kkn untuk warga

  • Lengkapi semua data siswa.

kartu pelajar SMK

  • Selanjutnya pilih menu profil.

  • Isi identitas sekolah dengan benar.
  • Jika sudah, pilih tombol edit stempel.
  • Selanjutnya ganti Informasi seperti nama sekolah.
  • Setelah itu pilih cetak kartu.

3.      Aplikasi Kartu Pelajar Excel

Rekomendasi aplikasi membuat kartu pelajar yang selanjutnya ini juga cukup populer. Bahkan, untuk membuat kartu pelajar tersedia berbagai desain khusus. Jika tertarik menggunakan aplikasi ini, siapkan informasi atau data yang dibutuhkan di kartu pelajar.

Sebenarnya untuk menggunakan aplikasi ini tidak perlu download aplikasi tambahan. Namun, hanya perlu membuka aplikasi Microsoft Excel yang ada di komputer maupun PC. Jadi nantinya untuk bisa mengedit kartu pelajar melalui aplikasi ini, nanti secara otomatis akan dibagikan dalam bentuk file Excel.

Manfaat dan Kegunaan Kartu Pelajar SMK

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat kartu pelajar SMK secara online melalui aplikasi, ini saatnya mengetahui apa saja kegunaan dari kartu pelajar itu sendiri. Lebih jelasnya mengenai apa saja manfaatnya, berikut rumahteknologi.com akan menjelaskannya.

1.      Tanda Siswa Aktif

Salah satu kegunaan dan manfaat dari kartu pelajar yaitu menjadi tanda atau bukti jika siswa tersebut aktif. Maksudnya, dari kartu pelajar inilah bisa mengetahui apakah siswa tersebut masih termasuk dari bagian sekolah atau tidak.

Jadi, biasanya setiap siswa yang mempunyai kartu pelajar bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas tertentu dari sekolah. Misalnya saja bisa meminjam buku di perpustakaan. Selain itu, dari kartu pelajar inilah siswa juga bisa mendapatkan fasilitas dari swasta atau negara.

2.      Memudahkan Urusan Kedinasan

Kartu pelajar ternyata juga berguna agar setiap siswa mudah dalam melakukan urusan kedinasan. Misalnya saja jika berkeinginan untuk pindah sekolah. Bahkan, saat ini untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya juga membutuhkan kartu pelajar.

BACA JUGA:  diberikan sebuah rangkaian listrik arus searah terdiri dari 3 lampu

Maka dari itu sudah seharusnya Jika setiap ke sekolah menyediakan kartu pelajar. Apalagi saat ini untuk membuat kartu pelajar terbilang mudah. Mengingat hanya perlu menggunakan berbagai aplikasi atau membuatnya secara online.

3.      Kartu Pelajar SMK Memudahkan Pendaftaran Berbagai Perlombaan

Manfaat lain yang didapatkan jika setiap siswa mempunyai kartu pelajar yaitu lebih mudah untuk mendaftar ke berbagai perlombaan. Mengingat saat ini berbagai ajang perlombaan memberikan persyaratan untuk menyetorkan kartu pelajar setiap peserta.

Jadi, biasanya untuk mengikuti lomba harus melampirkan fotokopi dari kartu pelajar tersebut. Tentu dengan manfaat inilah nantinya tidak perlu lagi repot-repot untuk meminta surat keterangan saat mengikuti perlombaan.

4.      Membantu di Saat Darurat

Kartu pelajar juga berguna untuk membantu di kondisi darurat. Misalnya saja saat melakukan darmawisata dan berpisah dengan rombongan, jadi dengan adanya kartu pelajar ini memungkinkan bisa membantu. Mengingat adanya kartu pelajar ini bisa memudahkan meminta bantuan kepada orang lain.

Setidaknya dengan mempunyai kartu pelajar ini bisa dipercaya orang lain. Bahkan, jika kehilangan barang tertentu, orang yang menemukannya akan mengetahui alamat yang tertera pada kartu pelajar tersebut untuk mengembalikannya.

5.      Mendapatkan Harga Khusus

Tanpa disadari ternyata mempunyai kartu pelajar juga memberikan keuntungan tersendiri saat membeli sesuatu. Hal ini terjadi karena ada beberapa toko atau merchant yang memberikan promo khusus bagi setiap siswa yang mempunyai kartu pelajar.

Tentunya dengan mempunyai kartu pelajar ini bisa lebih menghemat pengeluaran. Begitu juga untuk membeli kebutuhan sekolah lainnya, biasanya saat menunjukkan kartu pelajar seperti ini bisa mendapatkan harga promo.

Bahan-Bahan Pembuatan Kartu Pelajar SMK

Setelah mempertimbangkan apa saja aplikasi dan juga manfaat dari kartu pelajar, kini saatnya mengetahui bahan-bahan dalam pembuatannya. Maksudnya nantinya bahan tersebut berguna untuk mencetak kartu pelajar. Lebih jelasnya berikut ini beberapa rekomendasinya.

BACA JUGA:  Simak Contoh Bilangan Kuantum Berdasarkan Jenisnya

1.      Bahan PVC

Rekomendasi pertama Bahan yang cocok untuk membuat kartu pelajar yaitu PVC. Pastinya sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini, mempunyai kelebihan tersendiri. Salah satu alasan banyak orang menggunakan bahan ini karena terbuat dari kertas dan plastik.

Jadi, saat digunakan untuk mencetak kartu pelajar teksturnya terasa licin dan keras. Keunggulan dari bahan ini nantinya bisa di laminating dengan type glossy. Jadi kartu pelajar menggunakan bahan ini bisa lebih awet dan tahan air.

2.      Laminating Glossy

Bahan untuk membuat kartu pelajar yang selanjutnya yaitu laminating glossy. Sesuai dengan namanya bahan ini cocok untuk kartu pelajar karena terlihat mengkilap. Bahkan, bisa memantulkan cahaya saat terkena lampu.

Tentunya jika kartu pelajar dari bahan ini terlihat lebih modern dan meriah. Selain itu, kan ini juga mempunyai beberapa kelebihan seperti bisa tahan lebih lama. Bahkan, sekalipun terkena air tetap tahan lama.

3.      Laminating Doff

Rekomendasi selanjutnya merupakan bahan laminating doff yang seringkali menjadi bahan utama dalam pembuatan kartu pelajar. Sesuai dengan namanya bahan ini mempunyai keunggulan tersendiri yaitu tidak bisa memantulkan cahaya alias tidak mengkilap.

Meskipun demikian, tetap saja kartu pelajar yang menggunakan bahan ini terlihat lebih elegan dan klasik. Bahkan, biasanya bahan ini tidak hanya untuk kartu pelajar, juga untuk membuat kartu member atau kartu identitas lainnya.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai tiga cara membuat kartu pelajar SMK Melalui aplikasi. Selain itu, belum memutuskan untuk mencetak kartu pelajar pastikan mempertimbangkan beberapa bahan yang tepat.

Kata Kuncihttps://www rumahteknologi com/16417/kartu-pelajar-smk html-