jurusan smk yang gajinya besar

Jurusan Smk yang Gajinya Besar Setelah Lulus, Apa Saja?

SMK memang menjadi salah satu lembaga pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan siap bekerja. Untuk itu tidak jarang beberapa jurusan di SMKI akan berkaitan dengan profesi langsung. Di indonesia sendiri terdapat beberapa jurusan smk yang gajinya besar setelah lulus nanti.

Kenapa SMK Sangat Menjanjikan ?

Mungkin banyak orang yang belum sadar, bila SMK memiliki beberapa keuntungan apabila bersekolah di sana. Peluang kerja anak yang lulus dari SMK lebih besar karena telah berbekal sebuah skill. Selain itu terdapat beberapa keunggulan lainnya dari SMK sebagai berikut :

1.      Sistem Pembelajaran yang Mengutamakan Praktek

SMK menerapkan sistem pembelajaran yang mengutamakan praktek ketimbang teori. Dengan sistem seperti ini para siswa akan lebih banyak melakukan pekerjaan langsung ketimbang hanya menghafal teori teori di buku saja.

Porsi praktek di SMK memang lebih besar dari materi, sehingga para guru akan lebih fokus memabangun kemapuan anak yang nantinnya bisa langsung siap mengarungi pekerjaan karena sudah terbiasa saat masih di bangku pendidikan ini.

2.      Memiliki Sistem Kerja Sama Dengan Beberapa Perusahaan

Selain menerapkan sistem pembelajaran dengan porsi praktek yang lebih banyak, SMK juga memiliki sistem kerja sama dengan beberapa perusahaan sehingga secara cepat lulusan SMK bisa memperoleh pekerjaan atau setidaknya magang.

Karena anak anak di sekolah kejuruan ini memiliki bekal yang cukup menjanjikan setelah mendapatkan tempaan selama 3 tahun. Pihak perusahaan pun tidak keberatan langsung menerima pekerja baru dari anak SMK apalagi yang memiliki nilai terbaik dalam berbagai praktek sekolahnya.

BACA JUGA:  ciri ciri jenis bahan dari kulit adalah

3.      Terdapat Program Praktek Kerja

Dalam sistem pembelajaran di indonesia tingkatan sekolah menengah akan melalui sekitar 3 tahun pembelajaran. Akan tetapi di SMK pada semester akhir para siswa akan melakukan PKL atau praktek kerja lapangan.

Sistem ini berlaku untuk memberikan pengalaman magang kepada calon lulusan. Sehingga setelah lulus nanti para siswa ini langsung siap menghadapi dunia pekerjaan dan memiliki bekal pengalaman PKL ketika masih jadi siswa.

4.      Punya 2 Opsi Masa Depan

Selain dapat langsung bekerja atau membuka usaha sendiri dengan bekal ilmu serta PKL yang telah siswa SMK lalui, para lulusan SMK juga bisa mengambil pendidikan lanjutan ke universitas untuk meningkatkan ilmunya.

Jadi bersekolah di SMK akan memberikan flexibilitas tinggi kepada para siswa, masa depan bisa memiliki lebih banyak opsi. Maka dari itu, bersekolah di SMK menjadi opsi terbaik untuk anak anak yang baru lulus sekolah menengah pertama.

Inilah 12 Daftar Jurusan Smk yang Gajinya Bisa Besar Setelah Lulus

Seperti penjelasan di paragraf awal, sekolah menengah kejuruan bisa menghasilkan berbagai siswa yang siap kerja. Hal ini pihak sekolah dukung dengan menghadirkan beberapa jurusan smk yang gajinya bisa besar dengan prospek tinggi. Penasaran apa saja ini dia alasannya :

1.      Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan pertama yang memiliki prospek pekerjaan dengan gaji besar adalah administrasi perkantoran. Jurusan ini memang sangat populer untuk para siswa SMK dan biasanya memiliki jumlah murid yang cukup banyak.

Prospek dari jurusan ini sangat luas dan bisa memasuki berbagai perusahaan tentunnya di posisi administrasi. Dengan kata lain prospek dan gajinya akan sangat kompetitif ketika berhasil menyelesaikan pendidikan di jurusan SMK satu ini.

BACA JUGA:  uraikan strategi jepang untuk menguasai pulau jawa

2.      Jurusan Akuntansi

Berikutnya jurusan di SMK yang bisa memberikan peluang bergaji besar adalah Akuntansi. Jurusan yang akan memberikan banyak sekali materi pembelajaran tentang perhitungan serta pembukaan ini memiliki prospek cerah.

Hampir semua perusahaan besar atau kecil memerlukan seorang akuntan. Dengan kemampuan dan skill berkas bersekolah di jurusan ini, tentu siswa sudah dapat membuat laporan keuangan dengan sangat rapi. Membuat pembukuaan juga akan menjadi lebih mudah.

jurusan smk yang gajinya besar

3.      Jurusan Animasi dan Multimedia

Dunia digital memang menjadi salah satu industri yang bergerak dengan sangat cepat. Hal ini terlihat begitu banyak perusahaan animasi dan multimedia berkembang sangat pesat. Dengan memilih jurusan ini ketika masuk SMK, maka Anda bisa mendapatkan prospek pekerjaan bergaji tinggi.

Apalagi bila Anda termasuk orang yang memiliki kreativitas tinggi, memilih jurusan ini bisa menjadi opsi terbaik untuk mendapatkan pengalaman dan bekal sebelum memasuki dunia pekerjaan yang sesungguhnya.

4.      Jurusan Broadcasting

Dunia televisi juga jadi salah satu industri yang terus mengalami perkembangan dan tak pernah surut. Bila Anda ingin mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi mengambil jurusan Broadcasting ketika duduk di bangku SMK bisa jadi opsi menarik.

Terdapat banyak sekali dan praktek yang bisa memberikan bekal bekerja yang kompetitif saat lulu nanti. Untuk gaji dari pekerjaan yang ada di industri pertelevisian tidak perlu Anda tanya lagi. Bayarannya cukup tinggi bahkan hanya untuk tukang atur lampu siaran saja.

jurusan smk yang gajinya besar

5.      Jurusan Farmasi

Bila Anda mencari pekerjaan yang berkutat di dunia pengobatan dan memiliki gaji yang besar, maka jurusan farmasi akan jadi pilihan terbaik. Prospek profesi yang bisa siswa raih setelah menyelesaikan pembelajaran jurusan ini salah satunya menjadi apoteker.

Dunia obat dan pengobatan terus mengalami perkembangan. Bahkan profesi apoteker ini sudah eksis dari zaman dahulu yang orang kenal sebagai sebutan Tabib. Jadi industri ini tidak akan mati hingga beberapa dekade pun. Maka prospek memilih jurusan ini cukup baik.

BACA JUGA:  contoh program kerja kkn

6.      Jurusan Mesin

Apabila Anda seorang anak laki laki dan ingin mendapatkan pekerjaan yang berkutat dengan bongkar pasang mesin dapat memilih jurusan mesin. Selain populer prospek untuk mendapatkan gaji besar setelah lulus juga cukup besar.

Industri otomotif tidak akan pernah mengalami penurunan, karena produsen motor sendiri terus membuat produk produk baru. Hal ini sejalan dengan keperluan tenaga ahli mesin. Maka prospek pekerjaan saat mengambil jurusan ini cukup baik.

jurusan smk yang gajinya besar

7.      Jurusan Teknik Komputer Jaringan

Mungkin Anda telah menyaksikan sekarang penggunaan website sebagai salah satu media informasi dan promosi sangat masif. Pemasangan jaringan internet setiap rumah dan kantor juga semakin tinggi. Dengan memilih jurusan ini tentu masa depan bisa jadi cemerlang.

Menjadi ahli jaringan dapat Anda mulai dengan mengambil jurusan ini saat masuk di bangku SMK. Selain itu masa depan siswa yang pandai jaringan komputer sangat luas bisa masuk ke industri apa saja yang saat ini memerlukan jaringan komputer.

8.      Jurusan Manajemen Pemasaran

Jurusan SMK terakhir yang memiliki peluang mendapatkan pekerjaan dengan gaji selangit adalah manajemen pemasaran. Perusahaan mana yang tidak memerlukan tenaga marketing atau pemasaran ini. Hampir semua memerlukan tenaga ini.

Untuk meningkatkan penjualan produk memiliki manajemen pemasaran yang baik dapat membantu perusahaan dengan baik. Ilmu ini bisa Anda dapatkan saat menempuh pelajaran di jurusan manajemen pemasaran ini.

jurusan smk yang gajinya besar

Demikian informasi dari rumahteknologi.com mengenai jurusan smk yang gajinya besar. Dengan mempelajari dan mendalami tentang beberapa jurusan di SMK, mungkin Anda mulai tertarik meneruskan masa depan di sekolah kejuruan ini. Maka ini bisa jadi opsi terbaik untuk meraih masa depan yang indah.