sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman adalah

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman adalah”

Pengertian Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Persatuan dan kesatuan bangsa memiliki konsep yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum memahami maknanya. Konsep dasar kesepian dan kesepian adalah; Persatuan, integritas, kebangsaan, integrasi, nasionalisme dan patriotisme.

Sederhananya, persatuan berarti menggabungkan, menghubungkan dan merakit beberapa bagian menjadi satu kesatuan yang utuh. Dengan kata lain, kesatuan adalah penyatuan berbagai gaya menjadi satu wadah sehingga menjadi satu. Persatuan bangsa Indonesia digerakkan oleh keinginan sadar untuk mewujudkan bangsa yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur. Oleh karena itu, kita harus terus memperkokoh persatuan bangsa.

Dalam persatuan dan kesatuan bangsa, kita harus selalu bersatu. Sejarah mengajarkan betapa pentingnya persatuan dan kesepian. Dulu, penjajah berhasil menjajah Indonesia selama ratusan tahun. Ini karena kita bangsa Indonesia tidak bisa bersatu, dan masyarakat tidak memahami persatuan dan kesatuan bangsa. Tentu saja para penjajah memanfaatkan kelalaian ini untuk semakin memecah belah Indonesia.

Konsep persatuan bangsa Indonesia meliputi kesatuan teritorial dan kesatuan sosial. Satuan wilayah negara Indonesia meliputi satuan darat, laut, dan udara. Berdasarkan konsep melihat kepulauan sebagai kebijakan daerah, Indonesia adalah negara kepulauan, negara yang sebagian besar terdiri dari lautan dan dikelilingi oleh pulau-pulau besar dan kecil. Perairan teritorial telah menjadi kawasan utama, bukan sekadar pelengkap. Laut menjadi bagian yang menyatu dengan daratan, dan bukan menjadi pemisah antara satu pulau dengan pulau lainnya.

BACA JUGA:  ringkasan hikayat si miskin

Kesatuan bangsa dalam aspek sosial diwujudkan dalam banyak aspek kehidupan, yaitu kesatuan politik, ekonomi, sosial dan budaya. Perwujudan konsep persatuan bangsa dalam kesatuan politik berarti mengakui bahwa kesatuan wilayah nasional dan segala kekayaannya adalah satu kesatuan geografis, satu kesatuan seluruh bangsa yang dimiliki bersama. Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dan bahasa, menganut agama yang berbeda-beda, dan membentuk satu kesatuan bangsa.

Persatuan dalam bidang politik berarti secara psikologis bangsa Indonesia harus merasakan nasib yang sama dan bertekad untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Selain mengakui bahwa Pancasila adalah falsafah dan ideologi yang menjadi landasan dan pedoman bangsa untuk mencapai tujuannya. Memahami bahwa bangsa Indonesia harus hidup berdampingan secara harmonis dengan bangsa lain dan ikut serta memulihkan ketertiban dunia.

Dalam kesatuan ekonomi, perwujudan dimulai dengan pengakuan bahwa kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan modal bersama dan juga kebutuhan hidup sehari-hari rakyat harus tersedia secara merata dari Sabang sampai Merauke. Tingkat pembangunan ekonomi harus seimbang di seluruh wilayah Indonesia, tanpa menghilangkan karakteristik yang dimiliki masing-masing daerah di Indonesia. Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah Indonesia merupakan satu kesatuan yang dilaksanakan secara bersama atas dasar asas kekeluargaan.

Perwujudan kesatuan sosial dan budaya yang meliputi masyarakat Indonesia yang majemuk adalah satu, hidup serasi, seimbang, dan serasi. Kedua, budaya Indonesia merupakan satu kesatuan, meskipun corak budaya yang ada sangat beragam. Keanekaragaman budaya ini merupakan kekayaan yang dimiliki bersama dan menjadi dasar pembangunan suatu bangsa yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Sikap yang harus dikembangkan dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman antara lain adalah adanya penerimaan, respek, dan toleransi terhadap perbedaan budaya lain. Persatuan dalam keragaman budaya dapat meningkatkan solidaritas, kesadaran, dan pemahaman antar budaya, serta mengurangi diskriminasi dan konflik.***

BACA JUGA:  di bawah ini khalifah yang memiliki kedermawanan adalah
`