pengertian benua yang sebenarnya adalah

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “pengertian benua yang sebenarnya adalah”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “pengertian benua yang sebenarnya adalah”

Perbedaaan Pulau dan Benua

Apa itu pulau?

Menurut Pasal 121 Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (1982), sebuah pulau didefinisikan sebagai sebidang tanah yang dikelilingi di semua sisi oleh air namun tetap berada di atas air bahkan pada saat air pasang.

Namun, pulau tidak sama dengan banyak pulau lepas pantai yang ditemukan di setiap negara. Sebuah pulau dianggap kecil jika ukurannya kurang dari 2.000 kilometer persegi (sekitar 200.000 hektar), sebagaimana didefinisikan oleh Undang-Undang 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

Agar suatu wilayah dapat dianggap sebagai “pulau” di bawah UNCLOS 1982, wilayah tersebut harus tercipta melalui proses alam. Ini mengesampingkan kemungkinan untuk memasukkan dalam definisi “pulau” setiap daratan yang dibuat secara artifisial atau melalui reklamasi tanah.

Apa itu Benua?

Wilayah tengah benua tidak terkena dampak langsung angin laut, karena benua merupakan daratan atau daratan yang cukup luas, seperti yang dijelaskan KBBI.

Negara dapat menyebut sebuah benua sebagai “rumah” jika benua tersebut memiliki jumlah tanah yang cukup atau massa tanah yang sangat besar.

Struktur Kepulauan Berbentuk Lautan dan Benua

Unsur Pulau

  • Sebuah daratan yang dikelilingi oleh air
  • menampung keluarga atau komunitas kecil orang
  • Terdapat di suatu negara
  • Luasnya Beragam

Unsur Benua
Sebagian besar benua terdiri dari:

  • Wilayah ini sangat besar dan dibatasi di tiga sisi oleh air.
  • Lokasi fisik yang terpisah mencirikan masing-masing.
  • Ditentukan secara geologis
  • Beberapa negara mulai menyebut daerah ini sebagai “rumah”.
  • Berbagai jenis pulau dan benua
  • Dibangun seperti sebuah pulau

Berbagai jenis pulau ada. Beberapa sudah ditempati, sementara yang lain berada di hutan belantara yang tidak dapat diakses dan tidak cocok untuk tempat tinggal manusia. Indonesia, sering disebut sebagai “negara kepulauan”, terdiri dari sekitar 17.000 pulau.

Di Indonesia, terdapat ribuan pulau yang masing-masing memiliki bentuk yang berbeda. Pulau Sulawesi yang berbentuk seperti huruf K hanyalah salah satu contohnya.

Pulau-pulau ini terbentuk melalui proses alami, tanpa campur tangan manusia. Namun ada juga pulau buatan manusia yang dibangun oleh manusia untuk alasan tertentu. Memproduksi pulau dari bahan baku termasuk tanah, pasir, batu, beton, dan bahan bangunan lainnya. Pulau Reklamasi di Jakarta adalah salah satu pulau buatan di Indonesia.

BACA JUGA:  bahan untuk melukis dapat dibedakan menjadi dua yaitu

Sebanyak 8.837 (53,01%) pulau terlalu kecil untuk investasi karena luas daratannya 0-1 Ha, seperti yang dilaporkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ada banyak kegunaan potensial dari pulau-pulau kecil ini, mulai dari konservasi dan pendidikan hingga penelitian dan bahkan pertahanan nasional.

Total ada 5.594 pulau di Indonesia, 3.862 di antaranya terbengkalai dan digunakan untuk keperluan lain (other use area, atau APL). 1.732 pulau yang tersisa layak huni tetapi tidak berpenghuni.

Bentuk benua

Ada tujuh jenis benua di Bumi, dan banyak negara yang berbeda mendiami masing-masing benua. Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, Eropa, dan Antartika membentuk tujuh benua.

Benua Asia

Asia, dengan luas sekitar 43.998.920 kilometer persegi, adalah benua terbesar di dunia. Selanjutnya, Asia sering diakui sebagai benua terpadat di dunia.

Saat melihat ke langit, Asia dapat ditemukan antara 26 dan 170 derajat Bujur Timur (BT) dan 11 dan 80 derajat Lintang Selatan (LS).

Namun, Asia adalah benua dengan batasan geografisnya sendiri,

Bagian Utara adalah Samudra Arktik,

Di sebelah timur adalah Pasifik, Laut Bering, dan Selat Bering.

Benua Australia dan Samudra Hindia membentuk belahan bumi selatan.

Barat: Eropa, Pegunungan Ural, Laut Merah, Laut Kelapa, Bosphorus, dan Dardanella. (OL-1)

Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Utara adalah enam wilayah yang membentuk benua Asia.

Banyak hutan hujan tropis hidup berdampingan dengan padang pasir yang luas di seluruh Asia. India, Cina, dan petak besar di Timur Tengah adalah rumah bagi gurun yang luas di benua ini. Meskipun tersebar luas kepercayaan sebaliknya, hutan hujan tropis tidak terjadi hanya di Filipina, Indonesia, dan Malaysia.

Banyak sabana dan stepa juga dapat ditemukan di benua Asia. Sabana adalah padang rumput terbuka yang luas dan dikelilingi oleh hutan. Sebaliknya, stepa adalah dataran luas dan gersang tempat banyak tanaman tumbuh subur. Asia Tengah didominasi oleh sabana dan stepa karena curah hujan tahunan yang rendah di kawasan itu.

2. Benua Afrika

Dengan ukuran total lebih dari 30.290.000 km2, Afrika adalah benua terbesar ketiga di Bumi. Afrika terkenal dengan orang-orangnya keturunan Afrika, terkadang dikenal sebagai negro atau ras kulit hitam.

Menggunakan koordinat langit, Afrika dapat ditemukan antara 37 derajat utara dan 34 derajat lintang selatan, dan 17 derajat barat dan 51 derajat bujur timur. Sebagian besar daratan Afrika terletak di belahan bumi utara, dan garis khatulistiwa melintasi benua dari utara ke selatan.

Dengan cara yang sama seperti benua lain memiliki perbatasannya sendiri, Afrika juga memilikinya.

Di sebelah utara, Laut Mediterania (Laut Mediterania)

Di sebelah timur adalah Samudra Hindia dan Samudra Merah.

BACA JUGA:  salah satu unsur musik tradisional nusantara adalah

Samudra Atlantik terletak di selatan.

Barat, Samudra Atlantik.

Beberapa sungai terbesar di dunia berasal dari benua ini. Sungai Nil, dengan panjang lebih dari 6.400 kilometer, adalah sungai terpanjang di Bumi. Sungai Nil sangat panjang sehingga airnya membawanya ke Sudan dan Mesir.

Beberapa makhluk yang paling dikenal di dunia dapat ditemukan di benua ini, termasuk singa, jerapah, zebra, hyena, dan lainnya dengan tubuh yang sangat besar dan kuat.

3. Benua Amerika Utara

Christopher Columbus, seorang petualang Eropa, menemukan Amerika pada tahun 1492. Dari segi budaya, Amerika dapat dipecah menjadi dua wilayah berbeda: Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Sekitar 19.348.760 kilometer persegi daratan membentuk benua ini. Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko hanyalah beberapa dari negara-negara yang membuat rumah mereka di benua Amerika Utara. Dari perspektif astronomi, Amerika Utara dapat ditemukan antara 26 dan 80 derajat LU dan 68 dan 162 derajat Barat.

Benua Amerika Utara ditentukan oleh batas geografis berikut:

Samudra Arktik, Utara

Timur adalah Samudera Atlantik.

Selatan: Meksiko dan Amerika Tengah

Barat: Samudra Pasifik, Laut Bering, dan Selat Bering.

4. Benua Amerika Selatan

Budaya Amerika Latin sangat dipengaruhi oleh budaya Spanyol dan Portugal, sehingga sering disebut “Amerika Latin”.

Sekitar 17.867.308 kilometer persegi daratan membentuk benua ini. Menurut koordinat langit, benua Amerika Selatan dapat ditemukan antara 16 dan 56 derajat LU dan 34 dan 118 derajat Barat.

Amerika Selatan dibatasi oleh negara dan lautan berikut:

utara: Laut Karibia dan Samudra Atlantik

timur: Samudra Atlantik

Selatan: Selat Drake dan Samudera Atlantik

Barat: Samudera Pasifik.

Iklim kutub, iklim subtropis, iklim tropis, dan iklim gurun adalah empat zona iklim yang dapat ditemukan di benua ini.

Cuaca kutub: Ketika pergeseran iklim ini akhirnya tiba, siang hari akan menjadi lebih pendek dan malam akan menjadi lebih panjang. Pola cuaca semacam ini lebih umum di Arktik dan Utara.

Tipe Iklim:  Subtropis Kedatangan iklim ini akan membawa musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur ke benua ini. Wilayah utara sering terpukul paling parah oleh lingkungan ini.

Kategori Iklim : Tropis. Ada kemungkinan besar hujan dan kelembapan di lingkungan ini, dan panas sepanjang tahun. Amerika Tengah dan Amerika Selatan terbiasa dengan cuaca seperti ini.

Jenis Iklim: Gurun Jenis lingkungan ini dicirikan oleh perubahan suhu yang ekstrim dan curah hujan yang sedikit. Cuaca seperti ini adalah tipikal tempat-tempat yang tersembunyi dari pandangan pegunungan.

5. Benua Australia

Australia adalah daratan benua terkecil di dunia. Karena merupakan rumah bagi satu negara saja, Australia terkadang disebut sebagai “negara benua”. Namun, ternyata ada enam negara terpisah di benua ini. Benua ini berfungsi sebagai batas selatan Indonesia dan dengan demikian sangat dekat dengan negara itu.

Sekitar 7.686.850 kilometer persegi mencirikan luas benua Australia. Menurut koordinat langit, benua ini dapat ditemukan di antara garis bujur (113°) 155° timur dan garis lintang (10°) 43° selatan.

BACA JUGA:  tuliskan 3 keberagaman sikap individu terhadap perkembangan teknologi

Batas Daratan di Australia:

Barat: Samudra Hindia (Samudra Indonesia)

Oseania Pasifik est

Baik Arafuru dan Laut Timur terletak di belahan bumi utara.

Di Selatan, ada Samudra Hindia.

Makhluk ini unik di Australia dan hanya ditemukan di seluruh benua. Dalam hal hewan, kanguru dan koala paling banyak mendapat perhatian media. Selain itu, Australia adalah rumah bagi makhluk langka seperti platipus dan trenggiling.

Sumber daya manusia di benua ini termasuk yang terbaik di dunia. Penduduk secara keseluruhan sehat dan sejahtera, terbukti dengan harapan hidup yang panjang.

6. Benua Eropa

Beberapa semenanjung, termasuk daratan Eropa dan Skandinavia, bergabung dengan Laut Baltik untuk membentuk benua Eropa.

Secara astronomis, benua ini dapat ditemukan antara 35 derajat dan 71 derajat 06 menit lintang utara dan 9 derajat dan 27 menit bujur barat dan 66 derajat dan 20 menit bujur timur.

Margin Barat Eropa

Samudra Arktik, Utara

Asia adalah benua di belahan timur jauh.

Di selatan, kita memiliki Mediterania dan Laut Hitam.

Barat, Samudra Atlantik.

Eropa terbagi menjadi utara, timur, barat, selatan, dan tengah.

Apa yang berkembang di Eropa adalah flora dan fauna yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang hangat dan dingin. Pohon maple, lily, zaitun, oak, dan konifer adalah beberapa spesies tanaman yang paling terkenal. Saat musim gugur mendekat, semak konifer ini, dengan daunnya yang berbentuk jarum, akan merontokkan dedaunannya.

7. Benua Antartika

Karena kondisi cuaca yang ekstrim (seluruh benua tertutup salju), Antartika tidak dihuni oleh manusia. Terletak di Kutub Selatan planet, benua ini adalah salah satu daerah terdingin di Bumi.

Sekitar 15.540.000 kilometer persegi daratan membentuk total luas benua. Lokasi di langit: 66,5 – 90 LS.

Benua Kutub Selatan Belahan bumi selatan, antara koordinat 66,5 dan 90 derajat Lintang Selatan

Antartika terletak pada perkiraan lintang dan bujur 15°54′S dan 66°00′W serta lebar dan

Benua Antartika dikelilingi oleh samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik.

Antartika adalah benua yang medannya secara permanen tertutup es hingga kedalaman tiga kilometer. Pegunungan Transantartika adalah rangkaian gunung es yang sangat besar yang membentang melintasi benua ini hampir lima ribu kilometer. Benua Antartika terbelah dua oleh Pegunungan Transantartika.

Tampaknya beralasan bahwa daerah terdingin di Bumi juga akan memiliki suhu terdingin, demikian pula benua ini, dengan rekor terendah -89 derajat Celcius dan rata-rata sekitar -37 derajat Celcius. Hal ini disebabkan fakta bahwa Antartika sebagian besar terdiri dari pegunungan yang tertutup salju di ketinggian. Hanya lumut, anjing laut, pinguin, dan burung albratas yang mampu bertahan hidup di benua ini.

Itulah artikel tentang benua. semoga bermanfaat***

 

`