faktor terpenting berkembangnya islam di dunia
faktor terpenting berkembangnya islam di dunia

faktor terpenting berkembangnya islam di dunia

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “faktor terpenting berkembangnya islam di dunia”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “faktor terpenting berkembangnya islam di dunia”

Islam adalah salah satu agama besar dunia. Hal ini dapat dilihat dari penyebaran umat Islam di seluruh dunia, dari Asia ke Eropa hingga Amerika. Pertumbuhan Islam yang kuat juga diprediksi oleh penelitian lain.

Menurut informasi dari buku Inilah Islam karya Jauhar Ridloni Marzuq tahun 2015, seorang Muslim Barat bernama Keith Stam telah menyelesaikan penelitian untuk menjelaskan agama yang paling cepat menyebar di dunia ini.

Penelitian tersebut dilakukan antara tahun 1934 dan 1984, dan temuan menunjukkan bahwa Islam adalah agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Penyebaran agama-agama selain Islam berada di sekitar 138%, sedangkan Islam melebihi 235%.

Menurut buku Muhammad Rafi Ya Allah, Izinkan Aku Berhijrah Bagian 2 (2021), populasi dunia akan meningkat sekitar 32% pada tahun 2060, menurut Pew Research Center di Washington, D.C.

Disebutkan juga bahwa menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 persentase umat Islam dalam populasi tersebut diperkirakan sekitar 70%.

Penyebaran global Islam tidak terlepas dari faktor yang signifikan. Faktor seperti apa itu?
Islam di dunia sekarang adalah faktor yang sangat berbahaya.

BACA JUGA:  Contoh Judul Laporan KKN Simple yang Bisa diterapkan

Faktor terpenting yang berkontribusi terhadap penyebaran Islam secara global adalah bahwa itu adalah ideologi yang sejalan dengan manusia atau hukum Islam. Hal ini sejalan dengan penegasan yang dibuat oleh Tuhan sendiri yang benar:

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah), tetaplah atas fitrah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan dalam fitrah Allah (itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,” (Q.S. ar-Rum [30]:30).

Menurut Remiswal dan Arham Junaidi Firman (2018) dalam buku Konsep Fitrah dalam Pendidikan Islam: Paradigma Membangun Sekolah Ramah Anak, kata fitrah berasal dari bahasa Arab, yaitu fathrun yang berarti memegang erat, memecah, membelah, mengoyak-ngoyak atau meretakkan.

Fitrah dalam arti harfiah adalah penciptaan, yang merupakan hasil dari sesuatu yang terjadi pertama kali dan dari struktur umum masyarakat yang menyebabkan seorang anak dipengaruhi oleh ibunya. Sebaliknya, fitrah mengacu pada manusia alami yang memiliki potensi untuk menjadi baik atau buruk.

Unsur-Unsur Agama Islam

1. Penerimaan ghaib sebagai tempat berlindung dan memohon. Akibatnya, manusia harus menjalin hubungan positif dengan kekuatan gaib yang disebutkan di atas dengan memperhatikan perintah dan larangan mereka.

2. Keyakinan yang berkaitan dengan kekuatan gaib yang dimaksudkan, bahwa kesejahteraan manusia di dunia ini dan hidupnya di akhirat bergantung pada hubungan yang baik. Kesejahteraan dan kebahagiaan yang telah diramalkan juga akan berakhir akibat gagalnya hubungan tersebut.

3. Mungkin ada tanggapan emosional dari orang-orang terhadap kekuatan gaib. Balasan dalam hal ini termasuk bentuk doa dan pengabdian kepada-Mu.

4. Mendoakan segala sesuatu yang bajik dan suci, berupa kekuatan ghaib, berupa kitab yang memiliki ajaran agama bersangkutan, dan berupa lokasi saat ini.

BACA JUGA:  bagaimana suasana pembentukan bpupki

Demikian penjelasan mengenai faktor terpenting berkembangnya islam di dunia.***

`