pengertian broker summary

Pengertian Broker Summary, Trader Wajib Tahu!

Sebelum masuk ke dunia trading saham, sebaiknya trader mengetahui terlebih dahulu tentang istilah di dalamnya, termasuk pengertian broker summary. Dengan memahami lebih detail tentang broker summary, maka trader bisa menyusun strategi lebih matang.

Apa Pengertian Broker Summary?

Broker summary merupakan ringkasan nilai jual beli dalam jangka waktu tertentu dengan basis kode broker dan bukan basis harga saham. Di rangkuman broker akan tampil jam trading bursa saham yang akan membantu trader memantau pergerakan saham.

Pada trading saham, menerapkan broker summary trader lakukan dengan melihat langsung aliran dana beli dan jual serta sekuritas dengan banyaknya aktivitas transaksi saham. Maka dari itu trader bisa melihat harga saham yang cenderung berjangka pendek.

Biasanya trader harian menggunakan broker summary untuk aktivitas jual beli di rentang waktu yang sama, yaitu dalam satu hari maupun di bawah 1 minggu. Hal ini karena trader menganggap nilai jual dan beli sekuritas mencerminkan pergerakan harga dengan cepat.

Fungsi Broker Summary

Para trader saham menyukai penggunaan broker summary ketika melakukan transaksi. Hal ini karena trader bisa mendapatkan profit maksimal di aktivitas trading yang mereka lakukan. Berikut ini beberapa fungsi penerapan broker summary pada trading saham jangka pendek:

1.      Informasi

Broker summary akan memberi banyak informasi pada trader. Informasi tersebut mencakup aktivitas broker sekuritas dengan aktivitas transaksi paling banyak. Trader dapat mengurutkan dari pembelian terbanyak maupun penjualan terbanyak.

BACA JUGA:  Pengertian Withdraw dalam Dunia Saham dan Pembahasan Lainnya

Informasi dari broker summary dapat meliputi sekuritas asing maupun besar dan akan memberi dampak pada pergerakan harga saham yang berjangka pendek. Inilah mengapa banyak trader senang menggunakan broker summary.

2.      Analisa Kekuatan

Selain memberi informasi terkait transaksi terbanyak sekuritas, broker summary juga menunjukkan mana saja saham yang paling banyak mengalami transaksi. Data tersebut meliputi jumlah volume dan harga beli maupun jual rata-rata.

Apabila trader mengetahui aktivitas tersebut, maka mereka dapat menerapkan hukum permintaan maupun penawaran. Permintaan beli yang meningkat akan membuat harga saham naik, dan jika permintaan beli menurun akan menurunkan pula harga saham.

3.      Pelengkap

Pengertian broker summary dalam fungsi pelengkap adalah berperan sebagai pelengkap dari analisis teknikal. Apabila analisis teknikal memberi sinyal beli, maka trader dapat menganalisis terlebih dahulu menggunakan broker summary.

Analisis tersebut berfungsi untuk meyakinkan apakah analisis teknikal memiliki dukungan net buy broker sekuritas yang besar. Jika benar, maka trader dapat segera melakukan pembelian dari saham tersebut.

Risiko Broker Summary

Setelah membahas segala fungsinya yang tentu saja membantu trader dalam mendapat profit, namun ada juga risiko dari penggunaan broker summary. Hal ini karena analisisnya tidak 100 persen benar. Berikut ini beberapa risiko dari broker summary bagi trader:

1.      Fake Moving Price

Fake moving price berarti adanya prediksi baca mengenai pergerakan harga yang palsu oleh broker summary. Jika trader tidak cermat dan hati-hati dalam menggunakan broker summary, maka mereka dapat terjebak dalam pergerakan harga palsu dan justru tidak mendapat profit.

Apabila trader hanya mengandalkan informasi dari broker summary, ada kemungkinan trader akan terjebak dalam fake moving price. Hal ini karena informasi dari broker summary dasarnya masih belum lengkap. Maka dari itu broker summary bukan analisis utama dalam trading saham.

BACA JUGA:  Cara Mendapatkan Dividen Saham yang Mudah!

2.      Pergerakan Dinamis

Pada umumnya, setelah trader melakukan analisis dengan broker summary, mereka akan percaya diri untuk melakukan pembelian dalam jumlah besar. Sikap trader ini berdasarkan pada keyakinan bahwa harga saham meningkat.

Padahal, harga tersebut bisa jadi berlawanan baik jual maupun beli oleh sekuritas lain yang akan menyebabkan batalnya kenaikan harga. Tidak hanya itu, sekuritas biasanya tidak menyebar harga ataupun akumulasi dengan mudah diprediksi sehingga penggunaan trader summary bisa menjebak.

3.      Terlalu Mengandalkan

Menurut sebagian trader, mengandalkan informasi dari broker summary saja sudah cukup. Namun ternyata keputusan ini justru dapat membuat mereka terjebak pada informasi yang kurang tepat. Hal ini karena broker summary belum memiliki dasar lengkap.

Broker summary tidak dapat melakukan analisa mendalam tentang pola pergerakan saham, kecenderungan tren saham, hingga psikologis market. Maka seperti poin di atas, broker summary hanyalah sebagai pelengkap dari analisis teknikal.

4.      Bukan Analisa Wajib

Risiko menggunakan broker summary lainnya adalah alat ini tidak bisa menjadi analisa wajib trader saat trading saham. Tentu saja investasi saham jangka pendek menggunakan analisa utama berupa analisa teknikal yang harus trader kuasai untuk mendapat profit maksimal.

Analisis teknikal memberi semua informasi terkait saham. Maka bisa diibaratkan analisis teknikal sebagai kompas trading, sedangkan broker summary sebagai pelengkap atau pendukung aktivitas trading saham.

Aplikasi Broker Summary Saham

Setelah mengetahui tentang pengertian broker summary, fungsi, dan risikonya, trader tentu membutuhkan aplikasi sebagai praktiknya. Ada beberapa aplikasi broker summary saham dengan tampilan lengkap, antara lain:

1.      Indopremier Sekuritas

Indopremier Sekuritas memiliki software saham dengan nama IPOT. Di dalamnya, terdapat fitur broker summary dengan cukup lengkap dan menampilkan mulai dari informasi volume, frekuensi, value, buy and sell average dari top buyer maupun seller sekuritas.

BACA JUGA:  Saham Syariah, Investasi Tanpa Melanggar Aturan Agama

Biasanya IPOT digunakan oleh trader harian. Hal ini karena mereka mengincar analisa broker summary untuk dapat menganalisis lebih banyak potensi profit dari pergerakan saham dalam jangka pendek.

pengertian broker summary

2.      Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas hadir dengan software saham bernama MOST. Seperti Indopremier, Mandiri Sekuritas juga menyediakan broker summary lengkap yang akan membantu trader menganalisa lebih banyak mengenai informasi saham sehingga meningkatkan peluang untuk untung.

Selain itu, Mandiri Sekuritas merupakan salah satu perusahaan sekuritas ternama dengan track record dan reputasi yang bagus. Maka dari itu, perusahaan ini dapat menjadi salah satu pilihan unggulan untuk trader dalam melakukan aktivitas trading saham.

pengertian broker summary

3.      Sucor Sekuritas

Dengan software saham bernama SPOT, Sucor Sekuritas memberi tampilan menu broker summary yang lengkap. Contohnya seperti buy and sell dari setiap top buy sell sekuritas, value, volume, serta frekuensi transaksi jual dan beli oleh broker sekuritas.

Selain itu, Sucor Sekuritas juga membedakan tampilan warna setiap broker summary. Bagi sekuritas asing akan berupa warna kuning, sedangkan sekuritas lokal memiliki warna berbeda. Jadi trader dapat melihat akumulasi dan distribusi saham terbanyak ada di sekuritas mana.

https://www.indonesiasipf.co.id/uploads/media/partner/ppe-sucor-sekuritas.jpg

4.      Stockbit

Stockbit merupakan aplikasi gratis dengan fitur broker summary yang bebas trader akses. Setelah mengunduh aplikasi di Google Play Store, trader sudah bisa menemukan berbagai menu tampilan saham, termasuk broker summary.

Namanya sudah sering terdengar, trader dapat menggunakan aplikasi Stockbit dengan sangat mudah, terutama bagi trader pemula. Cara menggunakan aplikasi satu ini lebih mudah daripada software lainnya.

https://images.glints.com/unsafe/glints-dashboard.s3.amazonaws.com/company-logo/d1d54e81e498c955d8c60b4d979e3e12.jpg

Demikian sedikit penjelasan dari rumahteknologi.com mengenai pengertian broker summary beserta fungsi, risiko, dan aplikasinya. Dengan menggunakan bantuan analisis dari ringkasan broker, kemungkinan perolehan profit akan meningkat, meskipun harus hati-hati karena adanya risiko.