biaya kuliah di oxford university

Biaya Kuliah di Oxford University Berapa Sebenarnya?

Universitas Oxford merupakan universitas terkemuka dan berhasil menjadi universitas terbaik di dunia selama dua tahun berturut-turut. Maka dari itu, tak heran banyak orang bermimpi untuk dapat mengenyam pendidikan di tempat ini. Namun, berapa biaya kuliah di Oxford University?

Tentang Universitas Oxford

Karena menjadi universitas terbaik di dunia, tentu saja seleksi masuk ke universitas Oxford tidak mudah. Ada berbagai tahapan yang harus calon mahasiswa lewati sebelum dapat bergabung. Inilah alasan mengapa para mahasiswa di dalamnya tidak menyia-nyiakan proses pendidikan mereka.

Ada banyak jurusan di universitas ini yang dapat mahasiswa pilih. Mulai dari Department of Statistics, English Language and Literature, hingga Theology and Religion. Setiap jurusannya tentu memiliki proses pembelajaran dan goals yang berbeda.

Kampus dengan kualitas pendidikan tak main-main ini mematok biaya kuliah tidak lebih mahal daripada universitas terbaik lainnya seperti Universitas Harvard. Namun sebelum mengetahui rincian biaya tersebut, ada baiknya calon mahasiswa mengenal terlebih dahulu mengenai Universitas Oxford

biaya kuliah di Oxford University

Sejarah Universitas Oxford

Berdiri pada tahun 1096, universitas tertua di Inggris ini mengalami perkembangan sangat cepat dari tahun 1167 ketika pemerintahan Henry II memerintah seluruh siswa Inggris belajar di negaranya sendiri.

Universitas Oxford mempunyai 39 perguruan tinggi konstituen dengan beberapa macam departemen akademik dalam empat perguruan tinggi dimana seluruhnya merupakan lembaga milik pemerintah. Selain itu, universitas ini memiliki kampus utama dengan bangunan dan fasilitas terbesar.

BACA JUGA:  Simak Contoh Benda yang Terbuat dari Batu dan Kegunaannya

Ada berbagai jenjang dalam perguruan tinggi ini. Mulai dari Strata 1 (S1) hingga jurusan pasca sarjana. Proses pengajaran di dalamnya sangat ketat dan terintegrasi dengan aktivitas kampus. Universitas Oxford juga mengelola museum universitas tertua di dunia.

Fasilitas Universitas Oxford

Merupakan perguruan tinggi terbaik di dunia menjadikan Oxford memiliki berbagai keunggulan dalam proses pembelajaran, penelitian, maupun pengajaran. Dengan biaya kuliah di Oxford University yang memadai, berikut ini beberapa fasilitas dalam perguruan tinggi:

biaya kuliah di Oxford University

1.      Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang paling sering kampus British gunakan adalah melalui penyampaian dosen dan seminar. Namun berbeda dengan Oxford, universitas ini menggunakan sistem tutorial dalam proses perkuliahannya dimana fokus pada kelompok kecil berjumlah 2 sampai 4 orang.

Sesi tutorial ini biasa dilaksanakan seminggu dua kali, dengan durasi satu jam bersama seorang tutor ahli di bidangnya. Metode ini menyediakan lingkungan belajar yang mendukung dengan siswa dan staf dengan latar belakang maupun minat beragam.

2.      Perpustakaan

Mahasiswa universitas Oxford bisa bebas menimba ilmu melalui layanan perpustakaan dan informasi kampus. Universitas tertua di Inggris ini memiliki lebih dari 100 perpustakaan yang membuatnya memiliki sistem perpustakaan terbesar di Inggris.

Maka dari itu mahasiswa tidak perlu membeli satu buku pun untuk dapat lulus dari Universitas Oxford. Selain itu, selama mengenyam pendidikan di perguruan tinggi ini, biasanya mahasiswa tidak memiliki izin untuk bekerja kecuali mendapatkan persetujuan tutor mereka.

3.      Layanan Kesehatan

Salah satu kelebihan dari universitas adalah menyediakan dokter umum maupun perawat untuk mahasiswa mereka. Begitu pula dengan Universitas Oxford. Mereka juga menerima mahasiswa penyandang cacat dan telah memiliki lebih dari 3.500 siswa dengan kebutuhan khusus.

Dengan adanya layanan ini, maka mahasiswa yang jauh dari rumah tidak perlu khawatir apabila mereka mengalami sakit. Di layanan kesehatan terdekat milik Universitas Oxford mereka bisa mendapat layanan terbaik tanpa perlu mengeluarkan sepeser biayapun.

BACA JUGA:  Simak Penjelasan Hukum Bacaan Mim Sukun yang Bertemu dengan Huruf Hijaiyah

Jurusan Favorit di Universitas Oxford

Dari banyaknya jurusan di Universitas Oxford, ada berbagai jurusan favorit yang kerap menjadi pilihan para mahasiswa baru. Berikut ini beberapa jurusan dengan banyak peminat di universitas tertua di Inggris tersebut:

biaya kuliah di Oxford University

1.      Department of Economics

Salah satu jurusan favorit di Universitas Oxford adalah jurusan ekonomi. Di dalam kelas ini mahasiswa akan belajar mengenai perilaku manusia dalam menggapai kesejahteraan hidup mereka. Dengan mata kuliah menarik, maka tak heran jika banyak mahasiswa menaruh minat di jurusan ini.

Lulusan dari jurusan ekonomi Oxford dapat menjadi ekonom, riset pasar, analis keuangan, risk analyst, credit analyst, ahli perpajakan, aktuaris, konsultan manajemen, hingga penasihat keuangan yang tidak bisa diragukan kualitasnya.

2.      Faculty of Classic

Ilmu yang mempelajari seputar bahasa, budaya, hingga sastra dari peradaban kuno ini secara umum mengkaji khusus tentang hasil karya Romawi kuno seperti kode legal, arsitektur, pemerintahan, sampai pencapaian pembentukan peradaban barat.

Setelah menyelesaikan pembelajaran di jurusan ini mahasiswa dapat bergabung di berbagai sektor karir seperti pemerintahan, museum guide, komputer, kementerian, hingga jurnalisme. Bagi calon mahasiswa yang merasa ingin berkecimpung di bidang tersebut bisa mengambil jurusan klasik ini.

3.      Faculty of Music

Jurusan satu ini sangat cocok bagi calon mahasiswa yang sangat memiliki minat di dunia musik. Di dalamnya mahasiswa akan mendalami ilmu dan pengetahuan mengenai musik, mulai dari teori musik hingga keterampilan vocal, instrumen, komposisi, dan lainnya.

Mahasiswa juga akan belajar mengenai genre musik mulai dari pop, rock, jazz, dan juga musik tradisional. Lulusan dari jurusan ini tentu siap untuk bergabung ke industri seni dalam bidang permusikan.

Rincian Biaya Kuliah di Oxford University

Terdapat beberapa daftar biaya kuliah di Oxford University yang dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu tingkat strata 1, pasca sarjana, serta sekilas mengenai biaya hidup mahasiswa Universitas Oxford. Berikut ini mengenai rinciannya:

BACA JUGA:  apa itu desa kkn

1.      Strata 1

Biaya bagi mahasiswa S1 terbagi menjadi dua, yaitu bagi pelajar asal UK dan dari luar UK. Bagi pelajar asli Inggris mereka mendapat biaya berkisar 9.000 poundsterling atau sekitar 153,11 juta rupiah. Sedangkan bagi mahasiswa internasional membayar antara 15.295 sampai 22.515 pound.

Kisaran harga tersebut merupakan biaya pendidikan dalam jangka waktu satu tahun. Biaya tersebut lebih murah daripada biaya pendidikan pada universitas ternama lainnya seperti Stanford, California Institute of Technology, dan Harvard.

2.      Pasca Sarjana

Perguruan tinggi Oxford juga menyediakan jurusan bagi mahasiswa master. Ongkos pendidikannya tergantung pada subjek dan beberapa biaya lebih tinggi pada opsi tertentu. Bagi mahasiswa dengan kebangsaan Inggris juga memiliki kisaran harga berbeda dengan mahasiswa internasional.

Contohnya adalah pada kelas Ilmu Sosial biaya untuk mahasiswa Inggris sekitar £ 7,946 dan mahasiswa internasional £ 15.097. kemudian untuk Laboratorium MSc mahasiswa Inggris dikenakan biaya sebesar £ 8,860 dan mahasiswa internasional £ 17,493.

3.      Biaya Hidup

Sebelum memutuskan untuk belajar di Universitas Oxford, sebaiknya calon mahasiswa juga menyiapkan biaya hidup selama di Inggris. Selain itu, lokasi strategis yang dekat dengan sekolah ternama, universitas, dan pusat kota tentu menambah biaya hidup di Oxford.

Maka dari itu bukan hanya biaya kuliah saja yang harus calon mahasiswa siapkan, melainkan biaya hidup mulai dari tempat tinggal, uang makan, uang transport, kebutuhan peralatan, hingga biaya refreshing.

Itu dia beberapa informasi dari rumahteknologi.com mengenai kampus dan biaya kuliah di Oxford University. Dapat mengenyam pendidikan di universitas ternama tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Selamat berjuang, semoga bermanfaat.