Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Biologi

Berikut Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Biologi, Lengkap Penjelasan dan Contohnya

Rumahteknologi.com – Mungkin, jika saat ini Anda baru mengenal kimia, Anda pasti memiliki pertanyaan tentang betapa pentingnya penerapan kimia dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bidang biologi. Tempat dimana kedua disiplin ilmu ini terhubung karena berada pada jalur ilmu yang sama (ilmu alam).

Di sisi lain, kimia itu sendiri berkaitan erat dengan sifat dan perubahan semua zat yang ada di alam. Bagaimana tubuh menangkap ikatan hidrogen di alam, proses pontositosis pada tumbuhan, dan lainnya.

Kimia dalam Biologi

Kimia sebenarnya sangat dekat dengan seperangkat instrumen laboratorium, eksperimen, dan banyak instrumen kimia. Namun di sisi lain, ternyata chemistry tidak selalu seperti itu. Kita sendiri cukup mudah melihat kimia tidak hanya di laboratorium, tetapi juga di sekitar kita. Reaksi kimia yang terjadi dan terjadi secara cepat di sekitar manusia memiliki banyak arti.

Reaksi-reaksi yang terjadi dalam kimia selalu dipelajari secara mendalam di bidang biologi, yang umumnya berkaitan dengan tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan.

Peran Kimia dalam Bidang Biologi

Mengenai beberapa Peran Ilmu Kimia dalam Bidang Biologi beserta contohnya. Sebagai berikut:

Mempelajari Tubuh Manusia

Tubuh manusia adalah contoh manfaat kimia dalam bidang biologi yang sangat mudah kita lihat. Karbon dan oksigen adalah dua atom yang paling melimpah dan penting dalam tubuh manusia.

Namun, di dalam tubuh manusia juga terdapat beberapa atom lain seperti hidrogen, nitrogen, fosfor, kalsium, kalium, belerang, magnesium, besi, dll. Setiap atom dalam tubuh memiliki peran yang unik, dan, tentu saja, masalah muncul ketika tubuh kekurangan zat ini.

BACA JUGA:  contoh seni musik

Misalnya, dalam hal ini, tubuh kita juga memiliki atom besi yang mengandung besi. Kita dapat menemukan zat besi dalam darah kita karena zat besi bertanggung jawab untuk membuat darah dalam tubuh kita. Tubuh juga menggunakan zat besi dari molekul hemoglobin dalam sel darah, yang berfungsi sebagai sistem pembawa oksigen dalam pernapasan manusia.

Emosi yang dikendalikan otak dalam tubuh manusia juga disebabkan oleh reaksi kimia. Seperti disebutkan sebelumnya, proses menangis, marah, tertawa, dan emosi lainnya diatur oleh proses kimia. Bahan kimia yang disebut neurotransmitter dilepaskan dari otak dan kita akan merasakan emosi ini.

Proses Fotositesis, Peran Kimia

Makhluk hidup lain, seperti tumbuhan, juga bergantung pada sifat reaksi kimia. Salah satu proses kimia pada tumbuhan yang telah kita pelajari sejak sekolah dasar adalah fotosintesis. Fotosintesis adalah proses yang dilakukan tumbuhan berdaun hijau ketika mereka menghasilkan makanan.

Dalam proses ini, fotosintesis terjadi dalam dua tahap: reaksi gelap dan fotoreaksi. Fotoreaksi sendiri merupakan langkah dalam fotosintesis yang menggunakan sinar matahari sebagai inisiator reaksi. Dalam sebuah fotoreaksi, terdapat energi dan sejumlah energi tertentu yang bereaksi dengan air melalui keberadaan sinar matahari untuk menghasilkan oksigen dan dilepaskan ke alam.

Energi ini digunakan untuk melakukan reaksi gelap, proses fotosintesis yang berlangsung tanpa menggunakan sinar matahari. Proses reaksi gelap ini melibatkan penangkapan CO2 dari udara yang akan diubah menjadi gula melalui proses siklik yang teratur.

Di sisi lain, kita tidak dapat melihat bagaimana proses fotosintesis terjadi, tetapi kita dapat merasakannya karena menghasilkan oksigen yang dilepaskan secara bebas ke alam.

Oleh karena itu, kita harus menjaga kelestarian tumbuhan karena perannya dapat berperan dalam mengurangi karbon dioksida di atmosfer dan menyediakan oksigen bagi planet ini. Tentu saja, fotosintesis bukan satu-satunya proses kimia yang terjadi dalam biologi. Proses lain, seperti bagaimana daun mengering dan bagaimana tanaman menyerap nutrisi dari tanah, juga merupakan proses kimia dalam bidang biologi.

BACA JUGA:  program kerja kkn bidang ekonomi pembangunan

Nah, itulah artikel yang dapat kami jelaskan kepada pembaca sekalian tentang manfaat kimia dalam biologi beserta contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.

`