Simak Contoh Benda yang Terbuat dari Batu dan Kegunaannya

Simak Contoh Benda yang Terbuat dari Batu dan Kegunaannya

RumahTeknologi.com – Batuan merupakan salah satu objek pengamatan di bidang geologi, sedikit mempelajari tentang berbagai unsur kimia. Dalam penelitiannya, batuan dikenal sebagai benda keras yang terbentuk secara alami dari mineral. Batu juga merupakan materi penyusun bumi bagian luar. Oleh karena itu, berbagai jenis batuan dibagi menjadi tiga jenis: batuan beku, batuan metamorf, dan batuan sedimen.

Namun yang pasti batu-batuan berbagai bentuk sering digunakan ketika manusia membuat benda untuk menunjang segala aktivitas.

Dalam penelitian, batu dikenal sebagai petrologi, biasa digunakan sebagai pondasi untuk bangunan yang tingginya kurang dari 10 m. Batuan juga terkadang digunakan sebagai objek untuk memperindah fasad bangunan dengan memberikan warna atau tekstur yang unik.

Jenis Benda yang Terbuat dari Batu

Beberapa Contoh Benda terbuat dari batu dapat dilihat pada objek-objek yang disebutkan di bawah ini.

Patung

Patung adalah benda yang terbuat dari batu, dan patung biasanya digunakan sebagai hiasan atau simbol di suatu daerah atau tempat. Patung yang terbuat dari batu dibentuk dengan menggunakan pahat dan beberapa teknik lainnya.

Patung dapat dibentuk sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Selain sebagai monumen, patung tersebut memiliki nilai seni yang cukup tinggi.

Kapak

Kapak adalah alat yang digunakan untuk memotong benda yang sangat keras, seperti kayu. Kapak batu telah ada sejak lama dan dibuat dengan tangan. Batu dapat dibuat tajam, sehingga berguna untuk memotong sesuatu.

Tugu

Helm juga merupakan benda yang terbuat dari batu. Tugu berfungsi sebagai ikon suatu tempat atau sebagai penanda batas wilayah antara satu tempat dengan tempat lainnya. Monumen dibuat dengan menyesuaikan bentuknya dengan karakteristik tempat dimana monumen tersebut berada.

BACA JUGA:  bahasa inggris pengagum rahasia

Meja Batu

Meja yang terbuat dari batu, juga dikenal sebagai dolmen atau dolmen, adalah peninggalan sejarah kuno. Saat ini meja yang terbuat dari batu sudah jarang ditemukan karena tidak terlalu fleksibel untuk dipindahkan. Namun, pada zaman dahulu meja-meja ini sangat berguna sebagai alat untuk menyimpan barang-barang di atasnya.

Batu Nisan

Batu nisan adalah batu yang biasa ditemukan di kuburan seseorang. Batu ini berfungsi sebagai pengingat lokasi dan informasi lain yang terkait dengan orang tersebut. Batu ini banyak digunakan karena keras dan tidak mudah lapuk.

Candi

Di Indonesia, ada banyak pura/candi di Jawa dan Bali. Candi merupakan simbol suatu daerah atau tempat peribadatan, dimana terdapat peninggalan kerajaan-kerajaan sebelumnya. Beberapa candi sekarang digunakan sebagai kawasan wisata dan masih dilindungi dan dilestarikan.

Salah satu candi yang terkenal di Indonesia adalah Candi Borobudur yang terletak di kota Magerlang. Candi Borobudur juga merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Candi biasanya terbuat dari batu.

Cobek

Cobek adalah benda yang biasa digunakan di dapur untuk keperluan kuliner. Di beberapa daerah, nama mortar mungkin berbeda, tetapi secara umum benda itu dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah alas, biasanya berbentuk lingkaran cekung, dan bagian lainnya adalah alat yang digunakan untuk menggiling, menggiling, atau menggiling bahan makanan.

Terbuat dari batu berkualitas baik, Kobek tidak mudah terkikis. Di sisi lain, batu berkualitas buruk membuat mortar lebih mudah dikikis sedikit demi sedikit. Perbedaan antara keduanya adalah tidak hanya kualitas tetapi juga harga yang ditawarkan lebih mahal dari batu yang bagus.

Batu Cincin

Batu cincin merupakan salah satu batu yang dapat dijadikan sebagai permata. Batu-batu ini sering diburu oleh para kolektor untuk dijadikan barang koleksi.

BACA JUGA:  sisa buah buahan sayur sayuran termasuk dalam pembagian sampah jenis

Nah, itulah artikel yang bisa kami sajikan untuk pembaca sekalian tentang Contoh Benda terbuat dari batu dan fungsinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.