cara penyerbukan bunga melati

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “cara penyerbukan bunga melati”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “cara penyerbukan bunga melati”

Pengertian Penyerbukan

Penyerbukan atau bisa juga disebut dengan inoculation, istilah yang berasal dari bahasa Inggris, cf pollination. Serbuk sari yang berarti “serbuk sari”. Proses ini adalah proses jatuhnya serbuk sari ke permukaan putik. Pada banyak jenis bunga, proses ini seringkali “terletak pada kepala putik”. Penyerbukan merupakan bagian penting dari proses reproduksi tanaman berbiji.

Penyerbukan yang berhasil akan disertai dengan pertumbuhan tongkat berbentuk tepung, yang memasuki putik dan mengarah ke bakal biji. Proses penting akan berlangsung di dalam sel telur, yaitu pembuahan.
Pengertian penyerbukan adalah proses penyerbukan suatu kepala putik oleh serbuk sari dari bunga lain atau bunga yang sama pada tumbuhan yang sama.

Istilah penyerbukan silang adalah proses pemindahan serbuk sari dari antera ke kepala putik bunga pada tanaman lain dari spesies atau kerabat yang sama. Angin, siput, serangga, serta hewan kecil lainnya dapat membantu dalam proses penyerbukan.

Contoh tanaman yang bisa menyerbuk sendiri adalah padi, kedelai, gandum, jewawut, dan masih banyak lagi lainnya. Secara umum, penyerbukan silang lebih umum daripada penyerbukan sendiri. Melalui proses penyerbukan silang, mereka akan menghasilkan campuran keturunan yang lebih beragam daripada kedua tanaman tersebut. Sementara itu, efek langsung dari penyerbukan silang itu sendiri adalah semakin banyak spesies yang berasal dari produksi benih dan memiliki sifat yang lebih kuat daripada turunannya.

BACA JUGA:  apa itu kkn korupsi kolusi dan nepotisme

Jenis penyerbukan
Pembuahan bakal biji atau penyerbukan dan perkembangannya hanya akan terjadi bila serbuk sari jatuh pada kepala putik. Seperti dijelaskan di atas, penyerbukan ini adalah proses pemindahan serbuk sari dari kepala sari ke kepala putik. Perlu dipahami bahwa penyerbukan berbeda dengan pembuahan. Penyerbukan adalah proses fusi gamet betina dan jantan.

Serbuk sari dapat mencapai stigma secara alami atau dengan bantuan manusia. Jika metodenya alami, serbuk sari dapat mencapai kepala putik melalui angin, hewan, dan juga air. Mediator yang menyebabkan penyerbukan terjadi disebut penyerbuk.

Berdasarkan mediator penyerbukan

1. Penyerbukan oleh angin
Ada beberapa ciri bunga yang diserbuki oleh angin, yaitu:

sebuah. Bunganya tidak memiliki kelenjar madu dan tidak berwarna
B. Jumlah serbuk sari sangat banyak dan ringan. Jadi lebih mudah terbang bersama angin
c. Kepalanya besar, benang sarinya panjang, dan mudah berayun saat angin bertiup
Dr.. Putiknya memanjang, berbulu, dan panjang

Contoh tanaman penyerbuk angin adalah rumput, bunga kelapa, dan tanaman jagung.

2. Penyerbukan oleh hewan
Biasanya hewan yang berperan sebagai penyerbuk adalah serangga seperti lebah atau kupu-kupu. Namun, ada juga hewan selain serangga yang juga bisa menjadi perantara penyerbukan, seperti burung, kelelawar, dan siput.

Salah satu ciri bunga yang telah diserbuki oleh hewan adalah bunganya memiliki mahkota dengan warna menarik, berbau harum, dan memiliki kelenjar madu. Serbuk sari yang lengket dapat menempel pada tubuh hewan yang duduk di atas bunga.

Selain itu, bunga yang mengalami penyerbukan jenis ini juga biasanya memiliki putik yang lengket dan tersembunyi. Lebah, kupu-kupu, dan kumbang akan datang untuk menghisap madu, kemudian serbuk sarinya akan menempel di tubuh hewan tersebut. Ketika serangga mendarat di bunga lain yang serupa, penyerbukan terjadi.

BACA JUGA:  setiap khotbah yang tidak dibacakan syahadat laksana

3. Penyerbukan oleh air
Jenis penyerbukan ini terjadi pada tanaman yang merendam bunganya di dalam air. Misalnya tanaman Hydrilla. Penyerbukan terjadi ketika serbuk sari dibawa oleh aliran air dan masuk ke kepala putik.

4. Penyerbukan oleh manusia
Selain penyerbukan alami, ternyata ada juga yang dilakukan secara manual oleh manusia. Misalnya pada tanaman Salik dan Vanili. Bunga vanilla dan chard memiliki satu jenis kelamin. Jadi mereka memiliki bunga jantan dan juga bunga betina. Untuk mempermudah proses penyerbukan, bunga jantan yang sarat serbuk sari dipetik, kemudian ditempelkan pada bunga betina yang sudah dewasa.

Bunga melati tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri, karena putik dan benang sari berkembang pada saat yang berbeda. Agar proses penyerbukan dapat terjadi, bunga melati membutuhkan bantuan dari kupu-kupu atau lebah, serta serangga lainnya.***

 

`