jelaskan pengertian tata surya

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “jelaskan pengertian tata surya”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “jelaskan pengertian tata surya”

Tata surya adalah sekumpulan benda langit yang terdiri dari bintang yang disebut matahari dan semua benda langit yang terikat oleh gravitasinya. Objek-objek ini termasuk 8 planet yang dikenal dengan orbit elips, 5 bintang kerdil/planet kerdil, 173 satelit alami yang teridentifikasi, dan jutaan benda langit lainnya (meteor, asteroid, komet).

Tata surya terbagi menjadi dua

Matahari,
empat planet dalam,
sabuk asteroid,
empat planet luar, e
Terluar adalah sabuk Kuiper dan piringan yang tersebar.

Awan Oort dianggap wilayah yang paling jauh, sekitar 1000 kali lebih jauh dari lapisan terluar.

Pengertian Tata Surya

Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri dari matahari dan semua benda yang berputar mengelilinginya, termasuk delapan planet yang dikenal dengan orbit elips, lima planet kerdil, 173 satelit alami yang dikonfirmasi, dan jutaan benda langit (meteor, asteroid). , Komet) dan lainnya.

Semua benda ini berputar mengelilingi matahari karena tarikan gravitasinya. Tata surya adalah sistem kosmik dengan matahari dan benda langit yang mengorbit mereka secara langsung atau tidak langsung, terikat bersama oleh gravitasi. Di antara sekian banyak benda langit yang mengorbit Matahari, terdapat benda langit terbesar yang disebut planet.

BACA JUGA:  berikut ini yang bukan ciri-ciri teks anekdot adalah

Bulan adalah benda langit yang secara tidak langsung mengorbit Matahari, dan Bulan adalah satelit alami dari planet yang mengorbit planet. Ada 8 planet besar yang mengorbit Matahari, lebih dari 160 bulan yang diketahui, lebih dari 5 planet kerdil, dan jutaan asteroid dan komet. Semua objek ini secara kolektif membentuk tata surya, yang menempati ruang berdiameter 15 triliun kilometer.

Bagian yang paling dekat dengan Matahari adalah bagian sistem berbentuk cakram tempat semua planet di bagian ini berada. Jauh dari Matahari adalah Awan Oort, wilayah berbentuk bola yang dihuni oleh komet.

Tahukah Anda bahwa jarak rata-rata Bumi ke Matahari adalah 149,6 juta km? Pada jarak tersebut saja, dibutuhkan sinar matahari selama 8,3 menit untuk mencapai permukaan Bumi.

anggota sistem tata surya
Sebagian besar astronom percaya bahwa seluruh tata surya, dari matahari hingga asteroid terkecil, terbentuk dari awan gas dan debu raksasa yang berputar yang disebut nebula surya. Proses ini dimulai sekitar 5 miliar tahun yang lalu ketika matahari baru terbentuk. Planet atau benda lain yang terbentuk dari materi yang tidak membentuk matahari.

Sekitar 500 juta tahun kemudian, ketika pembentukan tata surya hampir selesai, hanya tersisa 0,002% nebula matahari asli dan sisanya terlontar ke luar angkasa.

Tata surya memiliki banyak benda langit yang mengelilinginya, bagian-bagian langit yang bergerak menurut struktur teratur yang saling melengkapi satu sama lain agar tidak merugikan anggota planet lainnya.

Bumi merupakan salah satu anggota sistem alam semesta yang disebut tata suryaTata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri dari planet beserta satelitnya dengan Matahari sebagai pusat peredaran, Matahari, asteroid, komet, meteor, dan debu ruang angkasa.***

BACA JUGA:  Informasi tentang Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang Wajib Kamu Ketahui

 

`