biaya balik nama motor

Biaya Balik Nama Motor Berapa? Jangan Lupa Perhatikan Hal Ini

Membeli kendaraan bekas seperti mobil atau motor saat ini cukup masif terjadi lantaran kondisi barang yang masih bagus. Akan tetapi saat membeli alat transportasi bekas ini, Anda perlu memahami perihal biaya balik nama motor dan beberapa hal penting hal lain.

Apa Itu Balik Nama Motor?

Mungkin beberapa orang masih belum memahami tentang hal ini. Sebenarnya balik nama motor adalah sebuah proses di mana kepemilikan atas nama sebuah kendaraan bermotor akan mengalami pengalihan dari satu orang ke orang yang lain.

Pengalihan nama ini akan mengubah status pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan juga Buku Petunjuk Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Dalam proses pengalihan ini Anda harus melakukan di kantor samsat tempat membayar pajak dan juga menyertakan beberapa berkas.

Untuk proses pengalihan nama pemilik motor ini, Anda akan membayar biaya administratif, akan tetapi biaya balik nama di setiap daerah umumnya berbeda. Terdapat beberapa jasa juga yang bisa pelaku gunakan dalam mengurus urusan ini sehingga biaya bisa menjadi ekstra.

Beberapa Syarat yang Perlu Diketahui Ketika Hendak Membalik Nama Kendaraan

Setiap berurusan tentu akan menghadapi sebuah syarat dan ketentuan, tidak terkecuali balik nama kendaraan. Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu Anda lengkapi agar urusan ini bisa berjalan dengan baik berikut syarat syaratnya :

BACA JUGA:  Negara Tanpa Laut di Amerika Selatan yang Jarang Orang Ketahui

1.      Membawa Semua Berkas yang Ada sangkut pautnya dengan Kendaraan

Hal pertama yang perlu Anda siapkan sebelum pergi ke kantor samsat adalah surat surat seperti STNK asli, KTP sli dan juga BPKB asli. Selain membawa yang asli, sangat bagus bisa memfotocopy berkas berkas 2 sampai 3 lembar.

Berkas ini akan menjadi faktor penting saat Anda mengurus pembalikan nama kendaraan. Karena pihak petugas samsat akan mengidentifikasi surat surat ini apakah asli dan jelas atau tidak. Jangan pernah meninggalkan satupun surat ini.

2.      Menyiapkan kwitansi Jual Beli dan Melakukan Cek Fisik Motor

Mungkin beberapa orang belum terlalu mengerti tentang hal ini, ketika melakukan pembalikan nama motor, kendaraan tersebut harus mengalami pengecekan mesin kendaraan. Tindakan ini dapat Anda lakukan di kantor samsat langsung atau melakukan di jasa pihak ketiga.

Selain itu bila balik nama kendaraan yang Anda lakukan hasil dari pembelian motor bekas maka wajib membawa bukti jual beli secara terperinci termasuk tanda tangan pemilik lama dan baru di atas kertas bermaterai. Selain itu sertakan juga kwitansi pembelian secara lengkap saat menyerahkan berkas.

Beberapa Prosedur yang Harus Anda Lalui Ketika Membalik Nama Motor

Setiap urusan tentu terdapat beberapa prosedur yang harus Anda lalui tidak terkecuali pembalikan nama motor. Agar tidak bingung dengan tahapan tahapan saat melakukan pembalikan nama berikut prosedur dalam proses membalik nama motor :

1.      Prosedur Pertama Pengecekan Mesin dan Pengisian Formulir

Prosedur pertama yang akan Anda lewati adalah pengecekan no mesin kendaraan yang akan petugas samsat lakukan. Petugas akan menggosok mesin di kendaraan tersebut kemudian memperhatikan kode seri mesin yang ada di sana.

BACA JUGA:  Berikut Rekomendasi Drama Korea tentang Kehidupan Konglomerat

Sementara petugas melakukan hal itu, karyawan lainnya akan memberikan sebuah formulir. Formulir tersebut berisikan data data yang berkaitan dengan pembelian motor serta data diri si pengaju permohonan pembalikan nama.

2.      Prosedur Kedua Mengambil Nomor Antrian Dan Melakukan Pembayaran

Setelah si pembalik nama mengajukan permohonan dan telah berhasil mendapatkan kode seri motor, serta mengisi formulir yang petugas serahkan. Maka akan mengambil nomor urut untuk mengantri melakukan pembayaraan administratif.

Kemudian tugas Anda tinggal menunggu panggilan mungkin sekitar 5 sampai 7 hari kerja bila tidak ada halangan. Setelah petugas menghubungi langsung saja pergi ke kantor Samsat untuk mengambil STNK dan BPKB yang baru.

Inilah Informasi Terperinci Biaya Balik Nama Motor

Selain memperhatikan syarat dan ketentuan serta mempelajari prosedur pembalikan nama hal penting yang tidak boleh Anda abaikan adalah biaya balik nama motor. Sebagai gambaran berikut rincian biaya melakukan pembalikan nama ini :

  • Biaya Administratif sebesar Rp. 35.000
  • Biaya SWDKLLJ senilai Rp. 35.000
  • Biaya Penerbitan STNK senilai Rp.100.000
  • Biaya Pembuatan BPKB baru senilai Rp. 225.000
  • Biaya Pengesahan STNK sebesar Rp. 25.000
  • Surat kendaran Rp. 150.000 (untuk motor luar daerah)
  • Biaya Penerbitan TNKB sebesar Rp. 60.000

Langkah Langkah Dalam Melakukan Pembalikan Nama Motor

Saat sudah mempelajari syarat, prosedur serta biayanya, kini saatnya mengetahui langkah langkah apa saja yang harus Anda lalui ketika melakukan pembalikan nama. Penasaran? rumahteknologi.com menjelaskan langkah langkahnya berikut ini:

1.      Menyiapkan Dokumen dan Pergi ke Kantor Samsat

Apabila Anda sudah siap, lakukan pemeriksaan dokumen syarat syarat seperti KTP, STNK, BPKB, dan juga bukti pembelian motor jika motor berstatus bekas. Pastikan untuk memfotocopynya agar saat petugas minta ada cadangannya. Bila sudah siap langsung pergi ke kantor Samsat.

Setiba di kantor Samsat, langsung menuju ke loket pusat informasi sampaikan keinginan untuk membalik nama. Tidak lama akan ada petugas lainnya yang mulai melakukan pengecekan nomor mesin pada motor Anda. Tunggu saja sampai proses ini selesai.

BACA JUGA:  Negara yang Terkenal Akan Produksi Kejunya Super Lezat

biaya balik nama motor

2.      Mengambil SPOPD dan Mengisi Formulir

Ketika telah mendapatkan nomor mesin langsung saja menuju ke loket pusat layanan. Tanyakan tentang surat SPOPD dan mintalah kepadanya. Isikan formulir tersebut dengan baik dan benar. Jangan sampai terdapat kolom yang tidak terisikan jika bingung langsung tanyakan saja.

Bila sudah langsung kumpulkan ke petugas tadi. Langkah selanjutnya adalah menunggu panggilan dari petugas tempat Anda menyerahkan formulir tadi. Saat menunggu panggilan ini, bisa mengisinya dengan membaca beberapa informasi yang ada di kantor samsat untuk menambah wawasan.

3.      Melakukan Pembayaran Administratif

Setelah melalui tahapan pendaftaran dan menunggu antrian, tidak lama kemudian nama Anda akan petugas panggil kembali untuk menuju loket pembayaran pajak dan lain sebagainnya. Di loket tempat mengambil STNK tersebut, berikan surat pengantar tentang penerbitan BPKB.

Bila sudah menyerahkan kepada petugas langsung sajat lakukan pembayaran penerbitan BPKB di bank. Setelah itu kembali lagi ke kantor samsat dan lampirkan bukti telah melakukan transaksi pembayaran penerbitan tadi.

biaya balik nama motor

4.      Mengambil STNK, TNKB, dan BPKB yang Baru

Apabila telah melewati proses pembayaran secara benar maka langkah selanjutnya adalah mengambil STNK dan TNKB atau plat baru di loket pengambilan barang. Sedangkan untuk mengambil BPKB akan terjadi beberapa hari dari pengurusan tersebut karena petugas butuh proses.

Pembatalan BPKB sendiri biasanya akan petugas beritahukan kepada Anda. Dengan menyepakati tanggal tersebut, barulah nanti mengambilnya dan pergi ke kantor samsat lagi. Setelah itu maka proses pembalikan nama motor telah selesai.

biaya balik nama motor

Demikian informasi mengenai biaya balik nama motor. Akan ada sebuah kondisi di mana Anda harus melakukan pembalikan nama ini. Untuk itulah mempelajarinnya sedini mungkin menjadi langkan terbaik untuk menambah pengetahuan.