apakah yang dimaksud penyerbukan

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “apakah yang dimaksud penyerbukan”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “apakah yang dimaksud penyerbukan”

A. Definisi penyerbukan

Penyerbukan adalah proses jatuhnya serbuk sari ke kepala putik yang berisi sel kelamin betina. Penyerbukan dapat terjadi melalui perantara atau faktor luar yang membantu berlangsungnya proses penyerbukan, seperti angin, air, hewan dan manusia.

B. Jenis Penyerbukan
Penyerbukan dibagi menjadi empat jenis berdasarkan faktor bantuan penyerbukan, antara lain sebagai berikut:

1. Penyerbukan dengan Bantuan Angin (Anemogami)

Penyerbukan anemogami adalah penyerbukan yang terjadi dengan bantuan angin. Biasanya terjadi pada tanaman yang tidak memiliki hiasan bunga dan memiliki banyak serbuk sari dan cahaya. Misalnya tanaman padi dan jagung.

2. Penyerbukan dengan Bantuan Air (Hidrogami)

Penyerbukan hidrogami adalah penyerbukan yang terjadi karena bantuan air. Jenis penyerbukan ini terjadi pada beberapa tanaman air seperti Hydrilla.

3. Penyerbukan dengan Bantuan Hewan (Zoidiogami)

Penyerbukan zoidiogami adalah penyerbukan yang terjadi karena bantuan hewan. Penyerbukan jenis ini ada empat macam, antara lain penyerbukan dibantu serangga (entomogami), dibantu burung (ornitogami), dibantu kelelawar (chiropterogami), dan dibantu siput (malacogami).

4. Penyerbukan bantuan Manusia (Antropogami)

Penyerbukan juga dapat terjadi dengan bantuan manusia. Biasanya penyerbukan jenis ini dilakukan karena tidak ada faktor lain yang membantu proses penyerbukan tanaman. Contohnya adalah vanilla dan anggrek.

BACA JUGA:  berikut ini merupakan wujud berbaik sangka kepada allah swt

Sedangkan berdasarkan tempat terjadinya penyerbukan, ada empat jenis penyerbukan yang terjadi pada tumbuhan. Sebagai berikut:

1. Penyerbukan sendiri, yang terjadi pada satu bunga.

2. Penyerbukan silang, yaitu terjadi pada bunga yang sejenis tetapi tidak pada satu tanaman.

3. Penyerbukan hibrida, yang terjadi pada bunga dan tanaman yang berbeda.

4. Penyerbukan tetangga, yaitu terjadi pada bunga yang berbeda tetapi masih dalam satu tanaman.

C. Proses Penyerbukan
Proses penyerbukan diawali dengan jatuhnya serbuk sari pada kepala putik. Di dalam setiap butir serbuk sari ini terdapat sel kelamin jantan atau spermatozoid yang akan bersatu dengan sel telur.

Setelah itu, sel kelamin jantan akan bersatu dengan sel telur di ruang ovarium. Proses ini disebut pembuahan. Akhir dari proses penyerbukan ini akan menghasilkan biji yang menjadi calon tanaman baru.

Berikut adalah pengertian penyerbukan sendiri, tetangga, silang, dan bastar beserta contohnya
1. Penyerbukan Sendiri
Penyerbukan sendiri merupakan penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh ke kepala bunga putih sendiri. Biasanya proses penyerbukan ini hanya menghasilkan satu keturunan yang sama. Contoh tanaman dengan penyerbukan sendiri adalah bunga turi dan bunga sepatu.
2. Penyerbukan Tetangga
Penyerbukan tetangga merupakan penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh di kepala putik bunga lain dalam satu tumbuhan. Adapun contoh tanaman dengan penyerbukan tetangga adalah jagung, kelapa sawit, dan kelapa.
3. Penyerbukan Silang
Penyerbukan silang merupakan penyerbukan yang terjadi jika serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tanaman lain yang jenisnya sama sehingga menghasilkan variasi keturunan. Tidak ada tanaman spesifik yang melakukan proses penyerbukan silang karena semua tanaman bisa melakukan penyerbukan silang melalui bantuan manusia.
4. Penyerbukan Bastar
Penyerbukan bastar merupakan penyerbukan yang terjadi jika serbuk sari jatuh di kepala putik tanaman yang berbeda dengan jenis tumbuhan yang berbeda pula, tetapi masih dalam satu varietas yang sama. Contoh tanaman dengan penyerbukan bastar adalah sebuk sari jambu batu merah yang jatuh di kepala putik jambu batu putih.***
`