Berikut Penjelasan Perbedaan Antara Tugas Akhir Mahasiswa Dengan Skripsi

Berikut Penjelasan Perbedaan Antara Tugas Akhir Mahasiswa Dengan Skripsi

RumahTeknologi.com – Sebagai mahasiswa tingkat akhir, Anda akan disibukkan dengan kegiatan magang, penelitian, pendampingan, atau penulisan laporan magang. Pada putaran ke-3, mahasiswa yang memasuki semester akhir harus menulis tugas akhir atau skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan untuk mendapatkan gelar kelulusan.

Seperti yang terlihat, tugas akhir mahasiswa dan skripsi ternyata berbeda. Padahal, keduanya merupakan bagian dari persyaratan kelulusan, namun jika dilihat lebih dekat ternyata ada perbedaan. Kali ini saya ingin membahas perbedaan antara tugas ini dan skripsi. Selain itu, kami ingin memberi Anda beberapa kiat untuk membantu Anda mengatasi keduanya. Jadi mari kita lihat dulu!

Bedanya Tugas Akhir Mahasiswa Dengan Skripsi

Anda pasti bingung apa bedanya. Berikut beberapa perbedaan antara keduanya:

Tugas Akhir

Merupakan karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa di setiap program studi berdasarkan hasil penelitian dari suatu masalah yang dilakukan secara seksama dengan bimbingan dosen pembimbing. Biasanya tugas ini dilakukan oleh mahasiswa program Diploma.

Karakteristik

  1. Identifikasi masalah untuk tugas ini dapat diangkat dari hasil praktik (praktik kerja lapangan) yang boleh dilakukan oleh mahasiswa program diploma.
  2. Tugas tersebut diharapkan bisa menjelaskan keterkaitan antara penelitian yang dilakukan dengan penelitian bertopik sama lainnya dalam dunia kerja.
  3. Hasil penelitian yang dipaparkan dalam tugas ini harus didukung oleh data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan.

Tujuan Mengerjakan Tugas Akhir

  1. Mampu membentuk sikap mental ilmiah.
  2. Mampu mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian berdasarkan rasional tertentu, dinilai penting, dan bermanfaat.
  3. Mampu melaksanakan penelitian mulai dari penyusunan rancangan penelitian, pelaksanaan penelitian, sampai pelaporan hasil penelitian dalam bentuk naskah tugas akhir.
  4. Mampu melakukan kajian secara kuantitatif dan kualitatif, dapat menarik kesimpulan yang jelas, serta mampu merekomendasikan hasil penelitiannya kepada pihak yang berkepentingan.
  5. Mampu mempresentasikan dan mempertahankan hasil tugas ini dalam forum ujian lisan di hadapan tim dosen penguji.
BACA JUGA:  kelompok bilangan berikut yang merupakan ukuran segitiga tumpul adalah

Skripsi

Skripsi merupakan karya ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat lulus perguruan tinggi. Biasanya skripsi ditulis oleh mahasiswa berdasarkan konsentrasi keilmuan yang mereka pelajari untuk menuntaskan program sarjana stratanya.

Karakteristik Skripsi

  1. Skripsi dapat dibuat berdasarkan informasi dari koran, majalah, buku jurnal, laporan penelitian, seminar, atau keadaan lapangan.
  2. Skripsi menjelaskan keterkaitan antara penelitian yang dilakukan dengan penelitian bertopik relatif sama lainnya yang sesuai dengan bidang keilmuan.
  3. Hasil penelitian yang dipaparkan dalam Skripsi, selain didukung oleh data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan, juga harus dibandingkan dengan hasil penelitian lain yang sejenis.