unsur yang sering disebut keindahan disebut

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “unsur yang sering disebut keindahan disebut”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “unsur yang sering disebut keindahan disebut”

Kerajinan adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh seseorang. Kerajinan juga akan membuahkan sebuah hasil atau benda. Benda-benda tersebut tentu memiliki nilai-nilai tertentu.

Pengertian Kerajinan

Apa yang dimaksud dengan craftmanship? Crafting pada umumnya merupakan kegiatan yang melibatkan keterampilan yang dimiliki seseorang. Juga, sebuah keterampilan pasti akan melibatkan seni di dalamnya.

Keahlian adalah salah satu cabang seni. Kerajinan menekankan keterampilan manual yang unggul selama proses tersebut. Kerajinan tangan juga sering dikenal dengan nama seni kriya.

Jika dilihat dari artinya, kata “Kr” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti melakukan. Dari situlah kata kerja berasal. Kata craftmanship juga bisa dikatakan sebagai karya. Handicraft atau kerajinan tangan juga dianggap seni yang berkualitas tinggi dan unik.

Kerajinan akan menghasilkan item. Elemen tersebut memiliki nilai fungsi. Selain nilai fungsional, produk kerajinan tangan juga memiliki nilai estetika yang tinggi. Ini adalah salah satu alasan keahlian dipamerkan.

Arti lainnya dari handycraft adalah barang yang mengandung unsur seni. Pembuatan barang-barang tersebut dilakukan dengan menggunakan keterampilan tangan manusia.

BACA JUGA:  setiap khotbah yang tidak dibacakan syahadat laksana

Tujuan Kerajinan
Tidak hanya memiliki manfaat, sebuah kerajinan juga dibuat untuk tujuan tertentu. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari pembuatan kerajinan:

  • Menumbuh kembangkan jiwa dalam membuat karya.
  • Menghasilkan sebuah karya yang dapat diapresiasi karena nilai ciptanya.
  • Memfasilitasi setiap orang agar dapat berekspresi dengan kreatif. Melalui pembuatan sebuah kerajinan dan teknik dalam pembuatan karya secara ekonomis, ergonomis dan teknologi.
  • Menciptakan sebuah pelatihan keterampilan dalam menciptakan benda atau karya, yang berbasis estetis, artistik, ekosistem dan teknologis.
  • Menumbuhkan rasa semangat untuk kewirausahaan dalam menghasilkan karya.
  • Dapat memanfaatkan media atau bahan yang bahkan sudah tidak terpakai. Pemanfaatan tersebut dilakukan sebaik mungkin, sehingga dapat tercipta sebuah karya yang memiliki nilai.
  • Menambahkan rasa kepuasan karena sesuatu yang diciptakan.
  • Meningkatkan rasa semangat untuk berkreatifitas pada setiap orang
  • Menciptakan karya yang bisa dimanfaatkan dan digunakan oleh banyak orang.
  • Meningkatkan semangat daya cipta setiap orang dalam membuat sebuah karya.

Unsur Unsur Kerajinan

1. Unsur estetika

Unsur estetika sering kita kenal dengan istilah keindahan. Keindahan adalah nilai-nilai estetika yang menyertai sebuah karya seni. Keindahan juga diartikan sebagai pengalaman estetik yang diperoleh ketika mempersepsikan suatu benda seni atau dapat juga dipahami sebagai benda yang memiliki unsur keindahan.

2. Unsur ergonomis

Unsur pengerjaan yang ergonomis selalu dikaitkan dengan aspek fungsi atau kegunaan. Unsur-unsur ergonomis karya kerajinan tangan adalah sebagai berikut:

1. Security, atau jaminan keselamatan orang yang menggunakan produk handmade tersebut.

2. Convenience (nyaman) yaitu kenyamanan saat menggunakan produk handmade.

3. Fleksibilitas, yaitu keluwesan penggunaan.

Kesimpulan 

Unsur Estetika adalah usnsur keindahan Bentuk selalu bergantung pada sentuhan keindahan, karena itu dalam penciptaannya, seorang pengrajin harus menguasai unsur-unsur seni seperti garis, bentuk, warna, komposisi dan lain-lain.***

BACA JUGA:  manusia dapat berusaha mencapai surga pada waktu
`