Simak Contoh Judul Proker KKN Hukum, Cocok Dijadikan Referensi Kegiatan

Simak Contoh Judul Proker KKN Hukum, Cocok Dijadikan Referensi Kegiatan

RumahTeknologi.com – Ada yang mau kuliah hukum? Tahun ini Anda berada di semester terakhir dan Anda harus mengikuti program KKN, bukan? Jika benar, Anda mungkin bingung mencari judul proker kkn hukum yang cocok dan sesuai. Sebenarnya, mencari topik program kerja kkn untuk jurusan hukum tidak terlalu sulit.

Karena mereka sedang belajar hukum, program kerja pengabdian masyarakat setelahnya juga tidak boleh jauh dari pokok bahasan. Mengingat saat ini masih masa pandemi Covid 19, tidak ada salahnya memasukkan masalah ini. Masih bertanya-tanya apa saja contoh jabatan legal dan profesional yang bisa dijadikan referensi? Berikut ulasan lengkapnya:

 

1. Sosialisasi Pentingnya Dokumentasi Warga Seperti Akta Kelahiran, KTP, Surat Izin Usaha, Dan Lainnya

Judul program kerja hukum dapat dijadikan bahan referensi. Pada umumnya kegiatan KKN dilakukan di pedesaan. Rata-rata masyarakat desa masih belum terlalu mempermasalahkan dokumentasi penting yang berkaitan dengan dirinya. Sebut saja KTP, yang sebenarnya sangat diperlukan. Penduduk desa mungkin tidak terlalu peduli karena penggunaannya sendiri masih sangat jarang.

Selain KTP, dokumen seperti izin usaha sepertinya tidak banyak. Bahkan masyarakat desa yang sudah lama berbisnis dan tergolong sukses belum tentu mengerti apa itu izin usaha. Padahal, kepemilikan surat tersebut memiliki nilai hukum. Sosialisasi akan membantu para pengusaha desa memahami pentingnya dokumen tersebut.

BACA JUGA:  Penyedia Situs SSH Gratis dan Cara Membuatnya

 

2. Penyuluhan Tentang Macam-Macam Hukum Serta Tata Negara Yang Berlaku Di Indonesia

Ada dua jenis hukum, yaitu hukum pidana dan hukum perdata. Sayangnya, tidak semua orang memahami perbedaan antara keduanya. Nyatanya, masih banyak orang di kota yang meminta bantuan hukum untuk menjelaskan perbedaan di antara mereka. Oleh karena itu, nasihat tentang perbedaan hukum ini sangat penting bagi masyarakat desa.

Bukan sekedar nasihat tentang berbagai jenis informasi hukum. Masyarakat desa juga harus mendapat pendidikan tentang ketatanegaraan Republik Indonesia. Berikan gambaran jika Indonesia adalah negara demokrasi. Setiap orang bebas menyampaikan pendapat sesuai dengan aturan. Selain itu dapat disajikan penjelasan tentang hak dan kewajiban warga negara.

 

3. Sosialisasi Bahaya Narkoba Serta Hukum Bagi Pengedar Maupun Pengguna

Narkoba merupakan ancaman besar bagi suatu negara. Saat ini, penyebaran narkoba tidak hanya dalam kehidupan masyarakat perkotaan, tetapi juga di pedesaan. Oleh karena itu, masyarakat pedesaan perlu diedukasi tentang bahaya narkoba. Tidak hanya untuk anak muda, sosialisasi ini juga penting untuk orang dewasa.

Selain menjelaskan apa saja bahayanya, ia juga berbicara tentang regulasi narkoba yang legal di Indonesia. Hukuman apa yang akan diterima pengecer, serta untuk pengguna.

 

4. Kegiatan Bantuan Terhadap Masyarakat Tentang Persoalan Hukum Yang Tengah Dihadapi

Bukan hanya masyarakat kota yang bisa terjerat masalah hukum. Tidak terkecuali masyarakat desa. Rata-rata permasalahan hukum yang dihadapi warga desa terkait dengan kepemilikan tanah atau sawah.

Banyak yang tidak mengerti cara membaca sertifikat, apa jadinya jika ada perselisihan atau masalah lainnya. Bantuan mahasiswa hukum mutlak diperlukan.

 

5. Sosialisasi Tentang Peraturan Daerah Setempat Mengenai Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Covid 19

Setiap daerah terkadang memiliki aturan tersendiri terkait pedoman pencegahan dan pengendalian Covid 19. Meski pandemi ini dialami oleh semua daerah, pasti ada beberapa perbedaan. Mungkin ada daerah yang jumlah korbannya minimal, jadi regulasinya sedikit lebih fleksibel dan sebaliknya.

BACA JUGA:  Rekomendasi Drakor Tentang Pernikahan Kontrak Terbaik

Oleh karena itu, masyarakat desa perlu mendapat sosialisasi tentang pedoman pencegahan dan pengendalian Covid 19 sesuai peraturan daerah masing-masing. Pembahasannya mungkin tentang bahaya penyakit atau hukuman yang akan ditimbulkan jika Anda tidak mematuhi peraturan pemerintah.

Selama KKN, ada pepatah waktu untuk mencari jodoh, tetapi ada juga waktu yang tepat untuk mengembangkan ide untuk topik tugas akhir Anda. Beberapa mahasiswa yang target waktunya cepat lulus kuliah kemudian bekerja, sehingga pada saat KKN mereka menggunakan waktu luangnya untuk mempersiapkan materi awal skripsi. Terkadang memang sulit, tapi bisa dilakukan sambil melakukan yang terbaik untuk masa depan.

Ada 5 judul untuk program kerja hukum. Semuanya dapat dijadikan sebagai sumber referensi. Oleh karena itu anda tidak perlu lagi bingung ketika ingin mencari judul dari kkn proker tersebut. Apalagi bagi lulusan hukum yang sebenarnya cukup lugas.

 

Kata Kuncihttps://www rumahteknologi com/16287/simak-contoh-judul-proker-kkn-hukum-cocok-dijadikan-referensi-kegiatan html-