fungsi budaya yang dapat mempersatukan masyarakat dapat ditemukan dalam

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “fungsi budaya yang dapat mempersatukan masyarakat dapat ditemukan dalam”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “fungsi budaya yang dapat mempersatukan masyarakat dapat ditemukan dalam”

Definisi Budaya
Secara bahasa, kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu budhi atau buddhayah yang berarti budi atau akal. Pendapat lain mengatakan bahwa pengertian budaya berasal dari pengembangan kata budidaya yaitu berupa cipta, karsa, dan rasa.

Menurut Soekanto Soerjono dalam buku Sosiologi dan Pengantar, kebudayaan adalah suatu kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kebiasaan yang dilakukan oleh sekelompok anggota masyarakat.

Karakteristik Budaya

Ada beberapa ciri budaya, diantaranya seperti yang ditulis dalam buku Komunikasi Efektif: Pendekatan Lintas Budaya karya Deddy Mulyana sebagai berikut:

Budaya bukanlah sesuatu yang dibawa, tetapi dipelajari.
Budaya dapat diwariskan dari individu ke individu, kelompok ke kelompok dan generasi ke generasi.
Budaya berdasarkan simbol.
Budaya itu dinamis. Ini berarti bahwa itu dapat terus berubah sepanjang waktu.
Budaya itu selektif. Dengan kata lain, budaya mewakili sejumlah pola perilaku pengalaman manusia.
Unsur-unsur penyusun kebudayaan itu saling berkaitan satu sama lain.
Etnosentris (menganggap budaya sendiri sebagai yang terbaik atau standar untuk menilai budaya lain).

BACA JUGA:  setiap khotbah yang tidak dibacakan syahadat laksana

Elemen Budaya
Mengutip kembali buku Sosiologi dan Pengantar karya Soekanto Soerjono, unsur kebudayaan yang dianggap sebagai kebudayaan universal, yaitu:

Alat dan perlengkapan untuk kehidupan manusia. Misalnya sandang, perumahan, peralatan rumah tangga, senjata, alat produksi, transportasi dan sebagainya.
Mata pencaharian dan sistem ekonomi, seperti pertanian, peternakan, sistem produksi, sistem distribusi dan sebagainya.
Sistem masyarakat. Diantaranya sistem kekerabatan, organisasi politik, sistem hukum, sistem perkawinan.
Bahasa, baik lisan maupun tulisan.
Seni rupa, seperti seni rupa, seni suara, seni gerak, dan sebagainya.
Pengetahuan.
Agama atau kepercayaan.

Fungsi Budaya
Merujuk pada buku Ilmu Sosial dan Budaya Dasar karya Elly M. Setiadi, fungsi kebudayaan dalam kehidupan setiap kelompok masyarakat atau negara adalah:

1. Sebagai identitas

Budaya merupakan identitas yang menunjukkan peradaban suatu masyarakat atau negara. Identitas ini dapat dijadikan sebagai pembeda antara kelompok masyarakat atau negara yang satu dengan lainnya. Dengan budaya, suatu negara atau kelompok masyarakat menjadi unik atau khas.

2. Membentuk sikap dan perilaku

Berdasarkan pemahamannya, fungsi budaya dalam hal ini adalah sebagai mekanisme yang mengontrol, memberi makna, dan membimbing serta membentuk sikap dan perilaku sekelompok orang.

3. Sebagai komitmen

Budaya dapat menjadi komitmen dalam sekelompok orang. Artinya, setiap individu saling bertanggung jawab untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di dalam kelompok masyarakat tersebut.

4. Sebagai Media Komunikasi

Dalam kebudayaan terdapat unsur bahasa, baik berupa bahasa lisan maupun tulisan, yang merupakan sarana komunikasi bagi manusia. Itulah alasan mengapa fungsi budaya adalah sebagai media komunikasi.

Kebudayaan yang terdiri dari berbagai bentuk juga dapat menjadi media komunikasi untuk menyampaikan pesan atau makna, misalnya melalui kebudayaan tari, musik dan sebagainya.

BACA JUGA:  ciri khas batik betawi dapat dilihat dari motifnya yang menggambarkan

Contoh Budaya
Berikut beberapa contoh kebudayaan di Indonesia, seperti dikutip dari buku Socio Anthropology of Education: A Multicultural Study karya Ruminiati:

1.Batik

Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi identitas budaya Indonesia (khususnya Jawa). Batik ini merupakan warisan yang diwariskan secara turun-temurun dan sudah ada sejak dahulu kala.

2. Upacara Tabuik

Upacara Tabuik atau tabut merupakan tradisi masyarakat di Pesisir Barat, Sumatera Barat yang telah dilaksanakan secara turun temurun. Upacara ini selalu dilaksanakan pada hari Asura, tepatnya pada tanggal 10 Muharram dalam penanggalan Islam.

3. Atraksi debus

Debus adalah seni bela diri berupa atraksi yang berbahaya. Inti dari pertunjukan pencak silat ini sangat kental dengan gerakan silat dan penggunaan senjata. Karena itu, penggunaan debus lebih banyak dan menitikberatkan pada kekebalan pemain terhadap serangan benda tajam.***