Materi Kimia Teknik, Sifat Amonium Nitrat dan Penjelasannya

Materi Kimia Teknik, Sifat Amonium Nitrat dan Penjelasannya

RumahTeknologi.com – Amonium Nitrat menjadi salah satu bahan kimia paling populer dalam Perang Dunia II sebagai bahan peledak. Amonium nitrat juga digunakan dalam skala besar dalam industri pertanian. Mengetahui sifat dan manfaat bahan kimia ini sangat penting mengingat pernah terjadi ledakan 2.750 ton amonium nitrat di Lebanon pada tahun 2020 saja.

Amonium Nitrat

Amonium nitrat adalah senyawa dalam bentuk nitrat. Amonium nitrat berasal dari kation amonium dan dalam kimia dapat ditulis sebagai NH4 NO3 atau sebagai N2 H4 O. Jenis garam ini memiliki banyak kegunaan, mulai dari pertanian dan bidang lainnya. Amonium nitrat dikenal sebagai komponen pupuk nitrogen tertinggi.

Selain digunakan sebagai pupuk, amonium nitrat telah lama digunakan sebagai bahan peledak untuk pertambangan. Senyawa dengan sifat unik, seperti garam skala laboratorium, menghasilkan amonium nitrat dalam skala besar. Karena permintaan industri terhadap bahan ini cukup tinggi.

Sifat Amonium Nitrat

Amonium Nitrat adalah salah satu bentuk kimia penting yang banyak digunakan di bidang pertanian dan industri, menawarkan manfaat dan kegunaan yang maksimal, dan bahan-bahannya memiliki sifat atau sifat tertentu. Sifatnya dapat diketahui dari sifat fisik, wewangian, bentuk dan sejenisnya.

Berikut ini adalah beberapa sifat dari senyawa amonium nitrat.

  1. Massa molekul amonium nitrat sebesar 80.043 gram/mol.
  2. Massa jenis dari amonium nitrat yaitu 1.725 gram/cm.
  3. Sifat termal dari amonium nitrat memiliki titik leleh pada suhu 442.8 Kelvin, dengan titik didih yaitu 483 Kelvin.
  4. Senyawa amonium nitrat bersifat reaktif terhadap hidroksida yang berasal dari logam alkali. Hasilnya yaitu nitrat alkali dan amonia.
  5. Pada suhu yang cukup tinggi, senyawa amonium nitrat akan terdekomposisi menjadi dinitrogen oksida dan juga air.
  6. Senyawa amonium nitrat dapat terpecah menjadi N2, O2, dan air.
  7. Pecahan dari senyawa ini mampu menghasilkan ledakan yang cukup kuat, jika dicampur dengan bahan eksplosif seperti azida.
  8. Secara umum amonium nitrat tidak bersifat peledak.
  9. Sifat fisik amonium nitrat bentuknya kristal berwarna putih atau abu-abu, bentuk strukturnya yaitu trigonal.
  10. Kelarutan kristal dari amonium nitrat cukup tinggi didalam air, dan akan semakin meningkat seiring kenaikannya suhu.
  11. Amonia memiliki bau khas yang serupa dengan unsur air kencing yang diproduksi manusia.
  12. Amonium nitrat bereaksi dengan amonium sebagai reduktor dan nitrat sebagai oksidator, keduanya melakukan reaksi redoks.
BACA JUGA:  yang tidak termasuk bentuk penyerangan beregu permainan bola basket adalah

Dari penjelasan yang disajikan dapat dikatakan bahwa sifat amonium nitrat memiliki bentuk kristal putih dengan kelarutan dalam air yang tinggi.

Struktur Kimia Amonium Nitrat

Selanjutnya, bahan kimia ini diproduksi melalui reaksi penetralan (netralisasi) asam nitrat dengan indikator asam-basa amonia. Di alam amonia nitrat diproduksi oleh hampir semua jenis tanaman melalui reaksi amonia dan asam nitrat yang dapat digambarkan dengan persamaan berikut;

NH3 + HNO3 → NH4NO3

Struktur amonium diwakili oleh ion NH4 + dengan muatan positif di dalamnya dan terikat pada ion nitrat NO3- dengan muatan negatif. Reaksi antara keduanya terjadi karena adanya ikatan ion.

Pada ion nitrat akan terjadi delokalisasi elektronik atau pergerakan elektron yang terjadi secara terus menerus akibat adanya resonansi elektronik. Pergerakan ini menyebabkan struktur karakteristik ion nitrat memiliki ikatan rangkap yang tidak terlokalisasi tetapi terus bergerak.

Kondisi ini menyebabkan struktur ion nitrat menjadi lebih stabil dan bermuatan -1 akibat kelebihan elektron yang terdelokalisasi. Adanya ion amonium berperan bagi ion nitrat untuk menetralkan dan membentuk ikatan ion antara kedua ion tersebut.

Nah, itulah artikel yang bisa kami uraikan kepada anda tentang sifat-sifat amonium nitrat. Semoga dapat memberikan referensi dan literasi bagi anda yang membutuhkan literasi terkait materi ini.