berikut ini salah satu tujuan asean

RUMAHTEKNOLOGI.COM – Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan

Artikel kali ini akan memberi contoh “berikut ini salah satu tujuan asean”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemukan jawaban yang telah ada

setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut adalah contoh “berikut ini salah satu tujuan asean”

ASEAN atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara adalah organisasi kerja sama antara negara-negara Asia Tenggara. ASEAN sering disebut sebagai Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (PERBARA).
ASEAN didirikan di Bangkok pada 8 Agustus 1967. Pembentukannya diprakarsai oleh lima negara, yaitu Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, dan Indonesia. Penandatanganan Deklarasi Bangkok menjadi dasar berdirinya ASEAN.

Hingga saat ini, terdapat sepuluh negara yang tergabung dalam ASEAN. Sebelum membahas daftar negara, ada baiknya kita mengetahui asal mula terbentuknya ASEAN.

sejarah ASEAN
Merangkum berita detikEdu, latar belakang berdirinya ASEAN adalah keinginan kuat para pendiri untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil, dan sejahtera.

Hal ini muncul akibat situasi perang dingin antara Amerika Serikat dan Rusia yang secara tidak langsung berdampak pada stabilitas keamanan di negara-negara Asia Tenggara.

Kemudian, pada tahun 1960-an kawasan Asia Tenggara juga dihadapkan pada situasi rawan konflik, yaitu perebutan pengaruh ideologi negara-negara besar dan konflik antar negara di kawasan tersebut. Jika dibiarkan dapat mengganggu stabilitas kawasan sehingga menghambat pembangunan.

BACA JUGA:  apakah dampak negatif dari pergaulan bebas

Setelah menemukan persamaan, akhirnya negara pendiri memutuskan untuk bertemu di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 untuk membahas berbagai permasalahan dan solusi atas permasalahan yang muncul di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN terbentuk karena adanya kesamaan latar belakang antar negara anggota. Mengutip dari buku Mengenal ASEAN dan Negara-Negaranya yang disusun oleh Tri Prasetyono, berikut beberapa kesamaan yang dimiliki negara-negara anggota ASEAN.

Keduanya berada di kawasan Asia Tenggara.
Negara-negara di kawasan Asia Tenggara sama-sama dijajah oleh bangsa barat.
Memiliki kepentingan dalam mencegah pengaruh antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.
Memiliki dasar budaya Melayu Austronesia.
Memiliki minat dalam menangani berbagai masalah di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.
Tujuan ASEAN
Deklarasi Bangkok berisi tujuan pendirian ASEAN dan ditandatangani oleh lima menteri luar negeri pendiri ASEAN, yaitu Adam Malik dari Indonesia, Narciso R. Ramos dari Filipina, Tun Abdul Razak dari Malaysia, S. Rajaratnam dari Singapura, dan Thanat Khoman dari Thailand.

Tujuan dibentuknya ASEAN adalah:

Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan budaya di negara-negara Asia Tenggara.
Menjaga perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antar negara di Asia Tenggara.
Meningkatkan kerja sama aktif dan gotong royong di bidang ekonomi, sosial, budaya, teknologi, dan administrasi.
Saling membantu dalam bidang fasilitas pelatihan dan penelitian di bidang pendidikan, kejuruan, teknis dan administrasi.
Bekerja sama lebih efektif untuk mencapai efisiensi yang lebih besar di bidang pertanian, industri dan pengembangan perdagangan termasuk studi tentang perdagangan komoditas internasional, peningkatan fasilitas transportasi dan komunikasi dan peningkatan taraf hidup masyarakat.
Meningkatkan kajian isu-isu di Asia Tenggara.
Menjaga kerjasama yang erat dan bermanfaat dengan berbagai organisasi internasional dan regional lainnya yang memiliki tujuan yang sama dan mencari peluang untuk mempromosikan kerjasama dengan mereka.

BACA JUGA:  Pengabdian Masyarakat Profesi Hukum: Advokasi untuk Keadilan Sosial

Daftar Negara Anggota ASEAN

ASEAN adalah organisasi terbuka tanpa membeda-bedakan sistem politik dan ideologi. Karena itu, jumlah anggota terus bertambah dari waktu ke waktu. Hingga saat ini, terdapat sepuluh negara anggota ASEAN, yaitu:

Indonesia masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
Malaysia masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
Thailand masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
Filipina masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
Singapura masuk pada tanggal 8 Agustus 1967
Brunei Darussalam masuk pada tanggal 7 Januari 1984
Vietnam masuk pada tanggal 28 Juli 1995
Myanmar masuk pada tanggal 23 Juli 1997
Laos masuk pada tanggal 23 Juli 1997
Kamboja masuk pada tanggal 30 April 1999

`