Program Kerja KKN Mahasiswa Manajemen
Program Kerja KKN Mahasiswa Manajemen

Berikut Ide Program Kerja KKN Mahasiswa Manajemen yang Menarik bagi Masyarakat

Rumahteknologi.com – Semua mahasiswa peserta program KKN harus berusaha mengembangkan rencana program yang menarik dan bermanfaat. Salah satunya adalah mahasiswa administrasi bisnis. Program pengelolaan KKN individu sangat beragam dan dapat membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Di bawah ini kami bahas 5 ide program KKN yang bisa dijalankan oleh mahasiswa manajemen.

1. Penyuluhan Manajemen Hasil Industri

Sebenarnya, program yang paling mudah dijalankan siswa adalah penyuluhan atau sosialisasi. Kegiatan ini juga sangat mungkin dilakukan secara individu. Mahasiswa Administrasi Bisnis dapat melakukan program penyuluhan atau sosialisasi pengelolaan produk industri. Program ini dapat dilakukan untuk orang-orang yang sudah beroperasi di industri tertentu.

Misalnya di lokasi KKN ada warga yang mengelola usaha kerajinan rajut. Kami memproduksi berbagai produk seperti tas, sepatu dan syal. Mahasiswa dapat berpartisipasi dalam konsultasi pengelolaan produk industri bagi warga yang menjalankan usaha tersebut. Jadi, kami akan memandu Anda tentang cara mengelola produk dan pendapatan Anda secara efektif melalui konsultasi.

2. Pelatihan Kewirausahaan

Mahasiswa Manajemen juga dapat menyelenggarakan program pelatihan kewirausahaan di lokasi KKN. Tentunya masyarakat sangat membutuhkan program pelatihan yang dapat memberikan arahan untuk membangun usaha tertentu. Berbekal ilmunya, mahasiswa dapat memberikan ilmu kewirausahaan yang dapat diterapkan oleh residensi.

Pelatihan ini bisa bersifat spesifik, apalagi jika program pengabdian masyarakat dilakukan di wilayah desa yang memiliki sumber daya alam tertentu. Misalnya, KKN dilakukan di desa-desa dengan sumber daya alam yang melimpah berupa buah kelapa. Mahasiswa dapat menyusun program pendidikan kewirausahaan yang menggunakan kelapa sebagai bahan utamanya untuk membuat berbagai produk.

BACA JUGA:  rumus fiil mudhari adalah

3. Pelatihan Pemasaran

Ide program KKN Personal Management selanjutnya adalah edukasi pemasaran. Bisnis apa pun yang dilakukan warga tidak akan bisa berjalan mulus jika tidak menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Mahasiswa bisnis tentu tahu banyak tentang strategi pemasaran yang efektif untuk membantu bisnis kecil berkembang dengan cepat. Ini akan menjadi topik yang bermanfaat bagi warga yang menjalankan usaha kecil di lokasi KKN.

4. Pelatihan Manajemen Modal

Mahasiswa bisnis juga memiliki pengetahuan yang memadai tentang manajemen modal saat memulai bisnis. Selama KKN, mahasiswa dapat menyelenggarakan program pelatihan pengelolaan modal bagi warga yang ingin memulai usaha. Program ini juga dapat diikuti oleh warga yang sudah memiliki usaha yang berjalan tetapi merasa sulit untuk berkembang.

5. Pemberdayaan Potensi Wilayah

Setiap daerah harus memiliki pesona dan potensi tersendiri untuk dioptimalkan. Setelah memulai KKN, cari tahu di mana Anda tinggal dan potensi apa yang bisa Anda kembangkan di sana. Mahasiswa KKN dapat bermanfaat bagi warga dengan menyelenggarakan program peningkatan potensi lokal.

Misalnya, mahasiswa dapat membuat program pengelolaan ekowisata untuk desa tempat KKN berada. Program dapat dimulai dengan membuat tempat yang menarik untuk menarik orang lain mengunjungi lokasi Anda. Dalam upaya untuk menarik perhatian publik, kami mungkin juga memperkenalkan Anda pada makanan khas daerah setempat.

 

Kata Kuncihttps://www rumahteknologi com/16180/berikut-ide-program-kerja-kkn-mahasiswa-manajemen-yang-menarik-bagi-masyarakat html-