Inilah 10 Cara Mencari Tempat Magang untuk Mahasiswa

Inilah 10 Cara Mencari Tempat Magang untuk Mahasiswa

Inilah 10 Cara Mencari Tempat Magang untuk Mahasiswa

Mencari tempat magang untuk mahasiswa yang baru lulus saat wabah Corona memang tidak mudah. Banyak perusahaan di dunia yang memberlakukan kebijakan layoff, pemotongan gaji, bahkan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Namun, jangan putus asa! Meskipun demikian, masih ada perusahaan-perusahaan yang membuka peluang magang. Di bawah ini, kami hadirkan beberapa cara yang dapat memudahkan kamu dalam mencari tempat magang di tengah wabah Corona.

1. Tanya ke Bagian Pengembangan Karier di Kampus

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah menanyakan kepada bagian pengembangan karier di kampusmu. Setiap kampus biasanya memiliki bagian pengembangan karier mahasiswa atau alumni yang dapat memberikan informasi tentang perusahaan-perusahaan yang sedang membuka peluang magang.

Mereka juga dapat memberikan rekomendasi dan nama-nama alumni yang dapat kamu hubungi. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi bagian tersebut dan menanyakan peluang magang yang tersedia.

2. Temukan Perusahaan yang Masih Merekrut

Jika langkah pertama tidak berhasil, cobalah mencari sendiri informasi tentang perusahaan yang masih membuka peluang magang. Kamu dapat mencarinya melalui lingkaran pertemanan, media sosial, atau website resmi perusahaan.

Meskipun banyak perusahaan yang mengurangi kegiatan rekrutmen, tetap fokus dan berusaha mencari perusahaan-perusahaan yang masih aktif merekrut. Jangan cepat menyerah dan luangkan waktu untuk mencari informasi mengenai perusahaan-perusahaan tersebut.

BACA JUGA:  Desa Binaan: Program Pemberdayaan Masyarakat Desa

3. Gunakan Website Pencarian Khusus

Langkah ketiga yang dapat kamu tempuh adalah menggunakan website pencarian khusus yang menyediakan informasi seputar magang.

Beberapa website yang dapat kamu kunjungi antara lain Kampus Update, Magang Update, StudentJob Indonesia, Ahensiexahensi (untuk yang tertarik bekerja di dunia agensi), dan Top Karir (portal khusus untuk karir anak muda Indonesia).

Melalui website ini, kamu dapat menemukan informasi tentang lowongan magang yang sesuai dengan minat dan keahlianmu. Jangan lupa untuk membuat CV yang menarik dan profesional saat mengirimkan lamaran.

4. Langsung Kirim Lamaran ke Perusahaan yang Diminati

Cara yang langsung dan efektif adalah dengan mengirimkan lamaran secara langsung ke perusahaan yang kamu minati. Cari tahu alamat email bagian rekrutmen atau langsung kirim email ke HRD perusahaan yang kamu inginkan.

Siapa tahu, kamu beruntung dan mendapatkan perhatian dari perusahaan tersebut. Pastikan untuk menyusun lamaran dengan baik dan menonjolkan keahlian dan motivasimu dalam magang.

5. Manfaatkan Jaringan (Networking)

Manfaatkan jaringan yang kamu miliki, termasuk bertanya kepada kakak kelas atau alumni dari kampusmu. Jika ada orang yang pernah magang di perusahaan yang kamu incar, minta mereka berbagi pengalaman dan tips mengenai magang di perusahaan tersebut.

Mereka dapat memberikan gambaran tentang perusahaan, alur kerja, dan harapan perusahaan di tengah wabah Corona. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui apakah perusahaan tersebut memberikan kompensasi atau tidak. Dengan memanfaatkan jaringanmu, kamu dapat memperluas peluang magang yang ada.

6. Pasang Notifikasi di Website Lowongan Kerja

Aktifkan notifikasi pada website lowongan kerja yang kamu ikuti. Dengan mengaktifkan notifikasi, kamu akan mendapatkan update informasi terbaru mengenai lowongan magang yang sesuai dengan kriteria yang kamu tentukan. Hal ini memudahkanmu untuk mengetahui peluang magang yang muncul dan segera mengirimkan lamaran.

BACA JUGA:  RANGKAIAN LISTRIK SERI DAN RANGKAIAN LISTRIK PARALEL

7. Fleksibel dengan Pilihan

Jika perusahaan yang kamu incar tidak sedang membuka lowongan magang, bersikaplah fleksibel dalam memilih posisi dan perusahaan. Terbuka dengan pilihan yang tersedia dan jangan menutup diri hanya pada posisi atau perusahaan yang kamu harapkan.

Cobalah untuk melihat peluang di posisi lain yang tidak jauhberbeda dengan minatmu. Magang di perusahaan dengan bidang yang berbeda dapat memberikanmu pengalaman baru dan keterampilan yang berharga.

8. Perbarui Keterampilan dan Belajar Mandiri

Selama mencari tempat magang, manfaatkan waktu luangmu untuk memperbarui keterampilan dan belajar mandiri. Ambil kursus online, ikuti webinar, atau baca buku yang relevan dengan bidang yang kamu minati.

Dengan meningkatkan keterampilanmu, kamu dapat meningkatkan daya saingmu di pasar kerja dan menarik perhatian perusahaan ketika mengajukan lamaran magang.

9. Pertimbangkan Magang Online atau Remote

Selama pandemi COVID-19, banyak perusahaan yang beralih ke kerja jarak jauh (remote work). Maka, pertimbangkan untuk mencari magang online atau magang yang bisa dilakukan secara remote.

Dengan magang online, kamu dapat bekerja dari rumah tanpa harus menghadiri kantor fisik perusahaan. Cari tahu perusahaan-perusahaan yang menawarkan magang online atau mencari proyek-proyek freelance yang relevan dengan minatmu.

10. Bersiaplah untuk Wawancara Online

Jika kamu berhasil mendapatkan panggilan wawancara, bersiaplah untuk menjalani wawancara secara online. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil, perangkat yang memadai, dan lingkungan yang tenang untuk menjalani wawancara dengan baik.

Persiapkan diri dengan menjelajahi pertanyaan-pertanyaan umum wawancara magang dan latihlah menjawabnya. Berikan kesan yang baik kepada pewawancara dengan menunjukkan keterampilan, motivasi, dan minatmu dalam magang.

Meskipun mencari tempat magang di tengah wabah Corona mungkin lebih sulit, jangan menyerah dan teruslah mencoba. Manfaatkan semua sumber daya yang ada, perbarui keterampilanmu, dan jadilah fleksibel dalam pilihanmu.

BACA JUGA:  Rekomendasi Buku-Buku Terkait Magang untuk Menambah Referensimu!

Dengan ketekunan dan dedikasi, kamu masih memiliki peluang untuk mendapatkan tempat magang yang sesuai dengan minat dan keahlianmu.

`