5 Benefit yang Bisa Kamu Dapatkan Jika Mengikuti Pengabdian Masyarakat

5 Benefit yang Bisa Kamu Dapatkan Jika Mengikuti Pengabdian Masyarakat

Dedikasi masyarakat adalah suatu kegiatan yang sangat penting bagi mahasiswa. Melalui berbagai bentuk dedikasi seperti memberi penyuluhan, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, mengajar anak-anak yang membutuhkan, atau membentuk kegiatan amal untuk membantu rakyat, mahasiswa dapat merasakan berbagai manfaat yang berharga. Berikut ini adalah alasan mengapa dedikasi masyarakat menjadi tugas penting bagi setiap mahasiswa:

1. Memberikan Dampak Positif bagi Masyarakat

Setiap dedikasi masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa, apapun bentuknya, akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dampak tersebut bisa bersifat eksklusif atau tidak, besar atau kecil, namun pengabdian tersebut memiliki nilai yang berharga bagi masyarakat yang menerimanya.

Sebagai mahasiswa, kita memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan hal-hal positif kepada masyarakat. Siapa tahu setelah melakukan dedikasi, karakteristik dan norma-norma masyarakat di wilayah tersebut dapat berubah menjadi lebih baik.

2. Memperluas Jaringan Relasi

Melalui dedikasi masyarakat, mahasiswa akan terlibat dalam interaksi dengan banyak orang, tidak hanya dalam timnya sendiri, tetapi juga dengan tokoh-tokoh masyarakat, pengusaha, dan pemerintah setempat.

Kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk memperluas jaringan relasi yang luas. Setelah lulus, mahasiswa dapat kembali ke wilayah tempat mereka melakukan dedikasi masyarakat dan membantu dalam memajukan daerah tersebut.

Dengan demikian, hubungan yang telah terjalin dapat menjadi sumber kebaikan dan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

3. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Melakukan dedikasi masyarakat berarti mahasiswa harus berinteraksi secara langsung dengan masyarakat setempat. Jika dedikasi dilakukan di luar kota, mahasiswa perlu belajar berkomunikasi dalam bahasa setempat, meskipun mereka juga dapat menggunakan bahasa Indonesia.

BACA JUGA:  10 Ide Program Kerja KKN di Desa Terpencil, Inovatif dan Berdampak Positif

Behasa daerah akan membuat mahasiswa lebih dekat dengan masyarakat setempat. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar berkomunikasi dengan berbagai kelompok usia dan latar belakang yang berbeda. Hal ini akan meningkatkan keterampilan komunikasi mereka secara signifikan.

4. Mempelajari Hal Baru

Melalui dedikasi masyarakat, mahasiswa akan secara tidak langsung belajar tentang adat istiadat, karakteristik, dan norma-norma masyarakat di wilayah tersebut. Hal ini akan memperkaya pengalaman dan pengetahuan yang tidak dapat diperoleh oleh orang lain.

Misalnya, mahasiswa bisa belajar bernegosiasi dengan orang yang lebih tua, belajar menghargai pendapat orang lain, dan belajar menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Ada banyak hal yang dapat dipelajari melalui dedikasi masyarakat ini.

5. Mengembangkan Sifat Simpati dan Kesabaran

Melakukan kegiatan dedikasi masyarakat akan membantu mahasiswa untuk mengembangkan rasa simpati dan kesabaran. Melalui dedikasi, mereka akan melihat keadaan sesungguhnya yang dialami oleh masyarakat, dan hal ini akan membuat mereka lebih peka dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Selain itu, melalui dedikasi masyarakat, mahasiswa juga akan belajar untuk bersabar ketika ide atau pendapat mereka ditolak, dan menerima kenyataan ketika rencana mereka tidak berjalan sesuai harapan.

Sifat-sifat ini sangat berharga dalam menghadapi tantangan hidup di masa depan dan membantu mahasiswa untuk membuat keputusan yang lebih bijaksana.

`