Ternyata Ini! 10 Indikator Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat

Ternyata Ini!  10 Indikator Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat

Dalam dunia perguruan tinggi, dosen memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu aspek yang tak kalah penting adalah pengabdian kepada masyarakat.

Dalam rangka menjalankan program pengabdian mereka, dosen diharapkan mencapai sejumlah indikator kinerja yang telah ditetapkan.

Untuk mencapai tujuan ini, Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat telah memberikan pedoman yang jelas dalam edisi ke-XIII.

Dalam buku panduan ini, terdapat sejumlah indikator kinerja yang perlu dicapai oleh dosen dalam menjalankan program pengabdian kepada masyarakat.

Indikator kinerja ini bertujuan untuk memastikan bahwa program pengabdian tersebut menghasilkan luaran yang bermanfaat dan berkualitas. Mari kita jelajahi indikator-indikator tersebut dengan lebih mendalam:

1. Publikasi Jurnal Ilmiah

Indikator pertama dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat adalah publikasi jurnal ilmiah. Dosen diharapkan untuk mempublikasikan artikel laporan pengabdian mereka dalam jurnal ilmiah, baik jurnal internasional maupun jurnal nasional terakreditasi maupun tidak terakreditasi. Publikasi ini merupakan salah satu cara untuk menyebarkan pengetahuan dan hasil pengabdian kepada masyarakat secara luas.

2. Publikasi Prosiding

Selain publikasi jurnal ilmiah, dosen juga dapat mempublikasikan hasil pengabdian mereka dalam bentuk prosiding. Hasil pengabdian kepada masyarakat dapat dipresentasikan dalam seminar nasional maupun internasional.

Artikel ilmiah yang memuat hasil pengabdian dapat dipublikasikan dalam prosiding, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik. Hal ini memungkinkan penyebaran informasi yang lebih luas kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Apakah Pengalaman Kerja Sama Dengan Pengalaman Magang? Begini Penjelasannya

3. Publikasi di Media Massa

Laporan hasil pengabdian kepada masyarakat juga dapat dipublikasikan melalui media massa, baik cetak maupun elektronik. Melalui publikasi ini, hasil pengabdian dapat dijangkau oleh lebih banyak orang.

Dosen diharapkan untuk mempublikasikan hasil pengabdian mereka ke media massa tertentu, baik yang berskala nasional maupun lokal. Dengan demikian, manfaat dari program pengabdian dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

4. Dokumentasi Pelaksanaan

Salah satu indikator kinerja penting dalam pengabdian kepada masyarakat adalah dokumentasi pelaksanaan program tersebut dalam bentuk video. Dosen perlu mendokumentasikan aktivitas pengabdian mereka dan hasil yang dicapai.

Video ini dapat digunakan sebagai bukti pencapaian indikator kinerja dan juga sebagai sarana untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam melaksanakan program pengabdian.

5. Keynote Speaker/Invited dalam Temu Ilmiah

Sebagai dosen yang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, kesempatan menjadi keynote speaker atau diundang sebagai pembicara tamu dalam acara temu ilmiah merupakan indikator kinerja yang sangat berarti.

Dalam acara temu ilmiah tersebut, dosen dapat menyampaikan hasil pengabdian kepada masyarakat dan berbagi pengalaman dalam pelaksanaannya. Keberhasilan menjadi keynote speaker di ajang temu ilmiah bertaraf internasional, nasional, maupun lokal menunjukkan prestasi yang luar biasa.

6. Pembicara Tamu (Visiting Lecturer)

Sebagai indikator kinerja penting lainnya, dosen diharapkan menjadi pembicara tamu atau Visiting Lecturer dalam seminar atau pertemuan ilmiah yang berkelas internasional. Dalam kesempatan ini, dosen dapat berbagi hasil pengabdian kepada masyarakat yang sudah dilaksanakan.

Selain itu, menjadi pembicara tamujuga membuka peluang untuk membangun jaringan dan kolaborasi dengan para akademisi dan praktisi di bidang yang sama, baik di tingkat nasional maupun internasional.

7. Kekayaan Intelektual (KI)

Indikator kinerja terakhir adalah dalam bentuk kepemilikan atau pendaftaran Kekayaan Intelektual (KI) di Ditjen Kekayaan Intelektual Indonesia. Dosen diharapkan untuk mendaftarkan produk, teknologi, atau temuan apa pun dari program pengabdian mereka sebagai KI.

BACA JUGA:  3 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan di Hari Terakhirmu Magang

Bentuk KI yang dapat didaftarkan mencakup paten, paten sederhana, perlindungan varietas tanaman, hak cipta, merk dagang, desain produk industri, dan indikasi geografis.

Mendaftarkan KI ini penting untuk melindungi hasil pengabdian dan juga memungkinkan pemanfaatan yang lebih luas dalam rangka meningkatkan manfaatnya bagi masyarakat.

8. Buku dengan ISBN dan Book Chapter

Salah satu bentuk luaran yang sangat penting dalam pengabdian kepada masyarakat adalah penulisan dan penerbitan buku. Buku ini mencakup kegiatan pengabdian yang dilakukan serta hasil yang dicapai dalam program tersebut.

Penting untuk dicatat bahwa buku tersebut perlu diterbitkan secara resmi dengan ISBN (International Standard Book Number).

Hal ini memastikan buku tersebut dapat diakses oleh masyarakat luas dan tercatat secara resmi di Perpustakaan Nasional Indonesia. Selain itu, penulisan book chapter yang dipublikasikan juga dapat menjadi indikator kinerja yang penting dalam penerbitan buku.

9. Mitra Non Produktif Ekonomi

Jenis luaran lainnya adalah kerjasama dengan mitra non produktif ekonomi. Dalam hal ini, dosen perlu mencapai sejumlah indikator kinerja yang meliputi peningkatan pengetahuan, keterampilan, kesehatan, pendapatan, dan pelayanan.

Setelah program pengabdian dilaksanakan, pendataan merupakan langkah penting untuk mengetahui apakah pengetahuan masyarakat yang menjadi target pengabdian telah meningkat. Jika terbukti ada peningkatan, hal ini menunjukkan keberhasilan program pengabdian dan pencapaian indikator kinerja yang diharapkan.

10. Mitra Produktif Ekonomi/Perguruan Tinggi

Jenis luaran ini melibatkan kerjasama dengan mitra produktif, baik perusahaan maupun perguruan tinggi. Dalam mencapai indikator kinerja, dosen perlu membuktikan peningkatan pengetahuan, keterampilan, kualitas produk, jumlah produk, jenis produk, kapasitas produksi, keberhasilan ekspor, pemasaran antar pulau, jumlah aset, omset, tenaga kerja, kemampuan manajemen, keuntungan, pendapatan dari perguruan tinggi, produk bersertifikasi, produk terstandarisasi, dan badan usaha yang terdaftar secara hukum. Dalam hal ini, peningkatan kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan atau masyarakat menjadi indikator penting dalam menilai keberhasilan program pengabdian.

BACA JUGA:  Link download Peraturan Menpan RB atau Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2022 Tentang Pengadaan PPPK Guru Pada Instansi Daerah Tahun 2022 

Dalam melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat, selain mencapai indikator-indikator kinerja tersebut, dosen juga diharapkan untuk menjalankan program dengan profesional dan bersifat nasional.

Hal ini sesuai dengan diterapkannya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dimulai pada tahun 2022. Dengan pengelolaan yang profesional dan cakupan nasional, pengabdian kepada masyarakat dapat memberikan dampak yang lebih luas dan signifikan.

Dalam kesimpulan, pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang penting. Melalui program pengabdian, dosen diharapkan mencapai sejumlah indikator kinerja yang telah ditetapkan.

Indikator-indikator tersebut meliputi publikasi jurnal ilmiah, publikasi prosiding, publikasi di media massa, dokumentasi pelaksanaan, menjadi keynote speaker atau pembicara tamu, serta pendaftaran Kekayaan Intelektual.

Dengan mencapai indikator-indikator ini, pengabdian kepada masyarakat dapat menghasilkan dampak positif yang nyata dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

`