Berikut Manfaat Merkuri dalam Kehidupan Sehari Hari

Berikut Manfaat Merkuri dalam Kehidupan Sehari Hari

Rumahteknologi.comMerkuri adalah salah satu jenis unsur kimia dalam tabel Sistem Periodik Unsur (SPU). Simbol kimia untuk merkuri adalah Hg atau Hydrargyrum. Nama merkuri dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan air raksa.

Padahal, merkuri memiliki banyak manfaat, mulai dari pemanfaatannya di bidang kesehatan, pertambangan dan lingkungan. Dalam kesehatan manusia, misalnya, digunakan sebagai alat kosmetik untuk kulit dan wajah.

Merkuri, juga dikenal sebagai merkuri (Hg), adalah jenis ikatan logam yang biasa ditemukan di alam dan juga ditemukan di batuan, bijih, tanah, air dan udara. Posisi merkuri sebagai senyawa organik dan anorganik.

Merkuri adalah satu-satunya logam yang berwujud cair pada suhu kamar. Merkuri unsur kadang-kadang disebut sebagai merkuri. Di alam, merkuri didefinisikan sebagai salah satu unsur paling melimpah di Bumi. Dalam bentuk bebasnya yang benar-benar murni, Hg cukup sulit ditemukan di alam.

Merkuri biasanya ditemukan dalam bentuk bijih HgS atau cinnabar. Biji ini juga akhirnya diproses untuk menghasilkan logam merkuri murni atau Hg. Pengolahan bijih cinnabar dilakukan dengan pemanasan yang bersentuhan dengan oksigen pada suhu tinggi.

Sintesis juga dapat dilakukan dengan memanaskan batu kapur dan belerang untuk membentuk merkuri murni.

Manfaat Merkuri

Fungsi yang digunakan dalam merkuri ini adalah:

Bidang Industri Klor-Alkali

Merkuri berguna dalam industri klor-alkali. Dalam hal ini, merkuri memiliki fungsi menangkap suatu logam, artinya natrium (Na), dan logam ini dapat ditangkap melalui proses elektrolisis larutan garam natrium klorida (NaCl).

Industri Pulp

Sedangkan pada industri pulp dan kertas, merkuri umumnya digunakan dalam bentuk senyawa AMF (Phenyl Mercury Acetate). Senyawa ini berfungsi untuk mencegah pembentukan kapur pada pulp dan kertas basah selama penyimpanan.

BACA JUGA:  Rumus Kimia Sabun, Lengkap dengan Proses Pembuatannya

Industri Cat

Industri cat yang kita gunakan sehari-hari setidaknya memiliki kandungan merkuri yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya jamur. Juga dalam aplikasi ini, merkuri meningkatkan komponen warna cat.

Pertaian

Dalam pertanian yang berhubungan dengan tanaman, merkuri umumnya digunakan sebagai fungisida. Jika Anda memberi tanaman merkuri, jamur akan berkembang biak. Beberapa senyawa yang biasa digunakan dalam pertanian termasuk logam merkuri siano, metilmerkuri asetat, dan metilmerkuri disianodiamida, senyawa terakhir adalah etilmerkuri klorida.

Petambangan

Di pertambangan, sifat pengikatan logam merkuri digunakan untuk membentuk amalgam. Salah satu contohnya adalah dalam penambangan emas, logam merkuri dapat menggabungkan dan memurnikan emas yang diperoleh dari penambangan.

Kedokteran

Bidang kedokteran juga berkaitan dengan kesehatan. Logam merkuri memiliki beberapa kegunaan, terutama dalam kedokteran gigi. Ketika tingkat tertentu merkuri logam digunakan sebagai campuran dalam tambalan gigi.

Fisika

Dalam praktiknya, peralatan fisika menggunakan banyak logam merkuri untuk aplikasinya. Diantaranya termometer, barometer, pengatur tekanan gas dan alat-alat listrik lainnya yang mengukur suhu yang sering kita gunakan.

Setidaknya dalam uraian yang diberikan perlu dipahami bahwa ada beberapa sifat yang berbeda dari merkuri, yaitu jenis merkuri. Ada tiga jenis logam ini.

  1. Merkuri elemental
  2. Merkuri anorganik
  3. Merkuri organik

Perbedaan jenis ini mempengaruhi perbedaan efeknya pada tubuh manusia. Hal ini didasarkan pada kandungan merkuri yang relatif rendah dari tanah, air dan udara. Namun, berbagai aktivitas manusia dapat meningkatkan kadar merkuri, menjadikannya lebih tinggi. Misalnya, dari aktivitas tambahan apa pun yang mampu menghasilkan hingga 10.000 ton merkuri per tahun.

Nah, itulah minimal artikel yang bisa menjelaskan manfaat merkuri dalam berbagai bidang yang mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Kami berharap dapat memberikan pendidikan kepada semua orang yang membutuhkan.

BACA JUGA:  Berikut Contoh Daftar Program Kerja KKN Terbaru Dan Lengkap

 

`