fungsi ide pokok bacaan

Berikut ini Rumah Teknologi akan memberikan Jawaban Mengenai Pertanyaan di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat, dan digunakan sebagai referensi pengetahuan.

Artikel kali ini akan membahas “fungsi ide pokok bacaan”

Jawaban ini dapat dijadikan sebagai referensi dan membantu tugas kalian.

Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk memudahkan anda dalam menemuka jawaban yang telah ada.

Setiap jawaban yang akan dibahas ini tidak bersifat mutlak benar dan teman-teman bisa secara mandiri mencari jawabannya agar bisa lebih eksplor dengan jawabannya.

Dilansir berdasar berbagai sumber, Berikut penjelasan dari “fungsi ide pokok bacaan”

Pengertian Ide Pokok

Ide adalah proyek yang ditata di dalam, pemikiran, bisa juga disebut sebagai ide. Ide pokok adalah ide yang disampaikan oleh penulis dalam suatu topik dalam paragraf. Gagasan utama juga memiliki nama lain. Di antaranya gagasan pokok, gagasan pokok atau pokok pikiran.

Gagasan utama adalah hal terpenting dalam sebuah paragraf. Ide pokok akan memberikan informasi penting bagi pembaca. Selain itu, gagasan utama juga akan membantu penulis mengembangkan alur tulisan. Gagasan utama akan didukung oleh gagasan penjelas.

Dalam sebuah kalimat, biasanya hanya ada satu gagasan utama. Gagasan utama ada di awal kalimat. Namun ada yang perlu diingat pembaca, yaitu kalimat pertama tidak sama dengan kalimat utama. Kalimat pertama boleh berada di awal paragraf, hal ini disebut sebagai paragraf deduktif. Jika terletak di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Ketika itu di awal atau akhir paragraf, itu disebut paragraf campuran.

Ciri Ciri Ide Pokok

Karya Marchella Praserda Katika, dalam jurnal “Kemampuan Menentukan Gagasan Utama dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara” yang dibuat tahun 2018 menjelaskan bahwa gagasan pokok itu memiliki beberapa karakteristik. Berikut ciri-ciri gagasan utama:

BACA JUGA:  faktor terpenting berkembangnya islam di dunia

1. Keberadaan ide pokok tidak rumit
Keberadaan ide pokok dalam sebuah paragraf tidak boleh berbelit-belit. Artinya, makna gagasan utama tidak boleh sempit. Namun, tidak terlalu luas. Ini berfungsi agar pembaca dapat dengan mudah memahami apa ide utamanya. Selain itu, ini juga akan membantu pembaca untuk memahaminya dengan mudah.

2. Gagasan utama diungkapkan dengan jelas
Selain sederhana, ide pokok juga harus ditulis atau dideskripsikan dengan jelas oleh pengarang. Hal ini berkaitan dengan lokasi. Juga, apa yang akan disampaikan atau inti gagasan harus dinyatakan dengan jelas.

3. Bersifat umum
Gagasan pokok harus mengandung sesuatu yang bersifat umum. Ini nanti dikejar lagi. Ini berarti bahwa gagasan utama dapat dijelaskan dan dijabarkan lebih lanjut. Deskripsi akan lebih spesifik dalam kalimat berikut.

4. Memiliki kalimat yang mendukung
Gagasan utama tidak harus berdiri sendiri dalam sebuah paragraf. Gagasan utama harus memiliki kalimat pendukung, atau gagasan yang jelas. Kalimat pendukung ini berguna untuk memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai ide pokok sebelumnya. Agar paragraf tersebut padu dan mudah dipahami.

5. Fungsi gagasan utama
Ide pokok dalam sebuah paragraf juga memiliki fungsi. Saya suka memudahkan pembaca untuk mengetahui intisari atau topik dalam sebuah paragraf yang sedang dibaca. Hal ini berguna untuk menyampaikan inti dari apa yang disampaikan dalam paragraf. Dengan mengidentifikasi ide pokok, pembaca dapat menemukan ide pokok dari suatu paragraf yang dibaca.

Kesimpulan

Fungsi dari ide pokok adalah memberikan penjelasan dari inti suatu bacaan atau paragraf, sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami isi dari paragraf.***

`